Erwin Prasetya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Erwin Prasetya
Erwin Prasetya
Latar belakang
Nama lahir Erwin Prasetya
Nama lain Erwin Prast
Lahir 29 Januari 1972 (umur 42)
Bendera Indonesia Surabaya, Indonesia
Pekerjaan musisi
Tahun aktif 1992 - sekarang
Mempengaruhi Dewa 19, KLa Project, EVO Band, Matadewa
Pasangan Miranda Prasetya
Anak Jaco Ahmad Prasetya, Salsabila Balqis Prasetya, Amalia Prasetya, Kaiser Prasetya
Anggota
Matadewa
EVO Band
Zoom
Mantan anggota
Dewa 19
KLa Project

Erwin Prasetya (lahir di Surabaya, 29 Januari 1972; umur 42 tahun) adalah musisi dan penulis lagu Indonesia. Ia pernah bergabung dengan grup band Dewa 19 dari mulai terbentuk hingga tahun 2002. Setelah meninggalkan Dewa 19 Erwin pernah bergabung dengan NuKla yang merupakan kelanjutan dari KLa Project yang dipimpin oleh Katon Bagaskara. Erwin tidak lama bergabung dengan NuKLa dan pada tahun 2006 Erwin membentuk EVO Band. Pada tahun 2009 juga mendirikan grup musik Matadewa. Pada tahun 2010 juga bergabung dengan Zoom.

Di Dewa 19 Erwin mempunyai andil mencipta lagu-lahu hit seperti Kirana, Restoe Boemi, Kamulah Satu-satunya. Ari Lasso ex vokalis Dewa 19 pernah menyanyikan lagu hit Misteri Ilahi yang diciptakan oleh Erwin di album Sendiri Dulu.

Masa kecil dan remaja[sunting | sunting sumber]

Erwin Prasetya lahir di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia sebagai anak bungsu dari lima bersaudara dari pasangan Miroen Koeswandono dan Tjoet Mia Agustina. Ayahnya yang mengenalkan musik kepadanya. Ratusan kaset dari berbagai genre musik memengaruhi hari-hari masa kecil hingga remajanya. Alat musik pertama yang dikenalnya adalah triple drum ketika menjadi anggota drum band di SDN Ketabang Surabaya. Gitar mulai dicobanya ketika pacar kakak perempuannya yang kedua yang juga aktif di grup musik mengajarkan kepadanya. Koleksi musik fusion seperti Chick Corea, Casiopea, John Petruci menjadi referensi awalnya.

Karier musik[sunting | sunting sumber]

Dewa 19[sunting | sunting sumber]

Bersama teman-teman akrabnya di SMPN 6 Surabaya, yaitu Ahmad Dhani, Andra Junaidi, dan Wawan Juniarso Erwin membentuk grup musik Down Beat yang mengusung musik fusion. Mereka sering mengikuti lomba-lomba band dan memenangkannya. Pada tahun 1992 Down Beat berganti nama menjadi Dewa dan mengeluarkan album pertamanya yang berjudul 19. Alasan pengambilan judul ini adalah karena sebagian besar anggota grup berumur 19 pada saat itu. Erwin banyak berandil menciptakan hit saat bergabung di Dewa 19. Antara lain Kirana yang menceritakan kisah hidup dan keluhannya saat terjerat narkoba. Kamulah satu-satunya adalah ungkapan cintanya kepada kekasih hatinya yang dicintainya hingga kini. Kedua lagu tersebut ada dalam album Pandawa Lima. Restoe Boemi adalah hit di dalam album Terbaik Terbaik. Tahun 2002 Erwin mengundurkan diri dari Dewa 19 dikarenakan ketidak cocokan dengan manajemen Dewa 19.

KLa Project[sunting | sunting sumber]

Ketika masa vakum setelah hengkang dari Dewa 19, Erwin bergabung dengan KLa Project yang dimotori oleh Katon Bagaskara. Album yang dikeluarkan adalah New Chapter.

EVO Band[sunting | sunting sumber]

Pada 2006 Erwin memproduserkan grup musik yang dinamai EVO Band. Nama ini diartikan evolusi. Evolusi musik rock Indonesia. Band ini yang terdiri dari Helda (Vocal), Adnil Faisal (gitaris)/ Eks Base Jam, Didit Saad (gitaris) / Eks Pelastik, Angga Tarmizi (keyboard & syntetizer) / Eks Bullet, Ronald Fristianto (drummer) / Eks GIGI Band. Grup ini merekrut vokalis dengan cara audisi yang ditayangkan di siaran televisi. Album eVo dimulai dengan instrumentalia dalam Prelude yang merupakan opening song album ini, kemudian Agresif merupakan theme song Reinkarnasi,Dia dan Aku, Telah Berlalu, Amalia, Evolution, Space Bound, Takkan Lagi, Stop, Kepala Batu.

Matadewa[sunting | sunting sumber]

Bergabung dengan kawan lamanya sebagai drummer dari masa awal Dewa 19, yaitu Wawan Juniarso terbentuklah grup Matadewa pada tahun 2009. Di grup ini bergabung Erwin Prastya (bassist), Wawan Juniarso (drummer),Yuda (gitaris),Roby Zoelky(vokalis). Grup ini mengusung lagu Aku dan Laguku, Jamilah, Kirana,Cintamu Cintaku, Avril, Sehidup Semati, Kuingin, Kembali seperti Dulu, Nikmatilah Diriku, Tuhan Tolonglah....

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Bersama Dewa 19[sunting | sunting sumber]

Bersama Ari Lasso[sunting | sunting sumber]

KLa Project[sunting | sunting sumber]

EVO Band[sunting | sunting sumber]

Matadewa[sunting | sunting sumber]

Lain-lain[sunting | sunting sumber]

  • Nominator FFI 2005 untuk Kategori “Penata Musik Terbaik" film “Virgin" produksi Starvision.
  • Pencipta lagu terbaik AMI Awards 1996 – 1997 untuk lagu “Kirana & Kamulah Satu – Satunya“.
  • Bassist terpopuler versi majalah “News Music" tahun 2000.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Lihat pula[sunting | sunting sumber]