Katon Bagaskara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Katon Bagaskara
Katon Bagaskara
Latar belakang
Nama lahir Ignatius Bagaskoro Katon
Lahir 14 Juni 1966 (umur 48)
Magelang, Jawa Tengah , Bendera Indonesia Indonesia
Pekerjaan musisi, komposer, penyanyi, aktor
Instrumen gitar
Tahun aktif 1989 - sekarang
Pasangan Ira Wibowo (1996 - 2012)
Anak Chika Putri Bagaskara
Andhika Radya Bagaskara
Mario Arya Bagaskara
Situs resmi www.katonbagaskara.com
Akun twitter Katonbagaskara
Anggota
KLa Project

Katon Bagaskara (lahir di Magelang, Jawa Tengah, 14 Juni 1966; umur 48 tahun) selain menjadi vokalis grup band KLa Project, Katon juga mengeluarkan album solo dan album trio bersama kedua saudaranya, Andre Manika dan Nugie. Tak hanya menyanyi, Katon pun menciptakan lagu. Katon adalah suami dari presenter dan aktris film Indonesia, Ira Wibowo.

Masa Kecil[sunting | sunting sumber]

Katon terlahir dengan nama Ignatius Bagaskoro Katon. Sejak kecil, Katon telah menunjukkan bakat seni dan sangat menyukai puisi. Dukungan sang ibulah yang terus mendorongnya untuk mengembangkan bakatnya tersebut. Lagu pertama diciptakan Katon saat masih kelas IV SD. Lagu tersebut diciptakan untuk mengenang kebersamaan dengan sang kakek yang telah tiada. Katon menciptakan lagu tersebut dengan piano kayu kecil.

Katon belajar gitar dari kakaknya, Andre Manika. Sejak itu, Katon berlatih dan mulai menciptakan lagu dengan gitarnya, secara otodidak. Lagu-lagu ciptaan Katon, pada awalnya, banyak dipengaruhi oleh musisi senior seperti, Ebiet G. Ade untuk penulisan lirik, Fariz RM untuk trend musik, Koes Plus dan The Beatles. Merekalah yang membentuk karakteristik musikal Katon. Lambat laun, semasa SMA, Katon telah berhasil menemukan gayanya sendiri, antara lain liriknya yang filosofis, estetis, dan romantis. Kedekatannya pada puisi memberi andil besar dalam memengaruhi gaya lirik-lirik lagu ciptaan Katon.

Karier Musik[sunting | sunting sumber]

Awalnya Katon bercita-cita menjadi diplomat. Sayangnya situasi dan kondisi memaksanya untuk bekerja. Tahun 1987, Katon bekerja sebagai cabin crew di perusahaan penerbangan Garuda Indonesia. Jiwa seni yang ada dalam dirinya tak begitu saja bisa diredam. Akhirnya tahun 1988, bersama teman-temannya, Lilo, Adi, dan Ari, Katon membentuk grup musik KLa Project.

Berbekal uang tabungan, mereka merekam sample lagu "Tentang Kita". Lagu tersebut disukai oleh produser dan menjadi hit. Album pertama bertajuk "KLa Project" dirilis tahun 1988. Sampai tahun 1999, Kla Project telah mengeluarkan 8 album dan 2 buah album kompilasi lagu-lagu terbaik mereka. Ditambah 1 album "New Chapter" yang dirilis tahun 2004 dengan bendera "NuKLa". Eksistensi KLa Project selama hampir dua dekade sangat dipengaruhi oleh lirik dan untaian kata-kata puitis nan sarat makna. Kreasi KLa Project dalam menciptakan lirik dan lagu melahirkan nuansa baru dalam dunia musik pop tanah air. Akhir tahun 2008, KLa Project yang kembali menelurkan mini album bertajuk KLa Returns. Album ini semacam momentum kembalinya KLa Project ke belantika musik Indonesia seiring dengan kembalinya Lilo Radjadin, gitaris KLa yang diberitakan sempat keluar dari formasi KLa Project pada tahun 2001 yang lalu. Lalu dengan formasi terkini, KLa Project kembali merilis album terbaru bertajuk Exellentia di penghujung 2010.

Untuk solo kariernya, Katon telah mengeluarkan 7 buah album solo, dan beberapa singel. Bersama kakak kandungnya, Andre Manika; dan adik kandungnya Nugie, mereka bertiga pernah merilis album trio berkonsep humanis-religius dalam balutan musik yang menjadi style mereka masing-masing selama ini, yaitu britpop, modern-rock dan klasik berjudul KIDUNG CINTA.

Karier bermusiknya juga membawa Katon mencoba menjadi produser musik. Penyanyi yang diproduserinya adalah Nugie, sebanyak tiga buah album (Bumi, Air, dan Udara). Tidak hanya menjadi produser, Katon pun pernah menjadi penata vokal dan juga memberikan lagu-lagunya untuk dinyanyikan oleh penyanyi lain.

Beberapa lagu Katon Bagaskara juga didaur ulang dan dinyanyikan oleh beberapa penyanyi muda dengan aransemen yang berbeda namun tidak mengurangi keindahan aransemen sebelumnya. Seperti lagu Negeri di Awan, dinyanyikan kembali oleh Delon, dan lagu Dinda di Mana, dibawakan duet oleh Elza dan Gracia Indri.

Kegiatan Sosial[sunting | sunting sumber]

Aktivitas Katon Bagaskara tentu saja tidak hanya berkiprah di dunia musik. Berbagai kegiatan yang bersifat sosialpun, dari menjadi Duta Lingkungan Hidup, Duta Baca Nasional hingga Supporter Kehormatan WWF Indonesia, juga menjadi bagian yang dilakoninya sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar.
Katon juga pernah aktif terlibat dalam kegiatan berorganisasi, seperti yayasan AMI (Anugerah Musik Indonesia), Yayasan KCI (Karya Cipta Indonesia) dan ASARI (Asosiasi Artis Rekaman Indonesia). Atas tindakan yang memprihatinkan dari pembajakan kaset/CD yang nyaris mematikan industri musik Indonesia, pada tahun 2002, Katon pernah menggelar aksi damai bernama AKSI CINTA PUTIH di Jakarta, Makassar dan Yogyakarta; dengan menempelkan stiker bertuliskan SAVE OUR CULTURE BY SAVING THE MUSIC (selamatkan budaya kita dengan menyelamatkan musik kita) di kaca-kaca mobil yang melintas di jalan; sebagai reminder bahwa dengan tidak membeli kaset/CD bajakan sebenarnya kita ikut menyelamatkan budaya kita yang perlahan-lahan terkikis oleh pembajakan dan ekspansi budaya asing.

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Katon Bagaskara menikah dengan Ira Wibowo tanggal 28 Oktober 1996. Sebelum menikahi Ira, Katon pernah menikah. Dari pernikahan pertamanya, Katon dikaruniai seorang putri bernama Chika Putri Bagaskara (lahir 9 Juni 1993). Sedangkan pernikahannya dengan Ira dikaruniai dua anak, Andhika Radya Bagaskara (lahir 28 Agustus 1997), dan Mario Arya Bagaskara (lahir 28 Agustus 2002). Pada tanggal 18 Desember 2012, Katon telah resmi bercerai dari Ira.


Diskografi[sunting | sunting sumber]


Album-album KLa Project:
1. KLA PROJECT (1989)
2. KEDUA (1990)
3. PASIR PUTIH (1991)
4. UNGU (1994)
5. LIMA (1995)
6. KLAKUSTIK #1 (1996)
7. KLAKUSTIK I#2 (1996)
8. SINTESA (1997)
9. DEKADE (1998)
10. KLASIK (1999)
11. SEBUAH RAHASIA (2001)
12. NEW CHAPTER (metamorfosa KLa menjadi NuKLa) (2003)
13. KLa RETURNS (2008)
14. EXELLENTIA (2010)

Album Solo Karier Katon Bagaskara:
1. Katon Bagaskara (1993)
2. Gemini (1996)
3. Harmoni Menyentuh (1997)
4. Damai dan Cinta (2000)
5. Koleksi (2001)
6. Percaya Saja (2002)
7. Lovaholic (2007)

Single:
1. CINTA PUTIH (1991) termuat dalam album 10 Bintang Vokal Nusantara
2. USAH KAU LARA SENDIRI (1995) duet bersama Ruth Sahanaya
3. BAWALAH HATIMU (2005)
4. JIKA BUMI BISA BICARA (2009) duet bersama Nugie untuk WWF Indonesia
5. ENGKAULAH BAHAGIAKU (2011)
6. SINGKAWANG, SEBUAH HARMONI (2012)

Album Trio (Kolaborasi) Katon Bagaskara, Andre Manika, Nugie:

  • KIDUNG CINTA (2003)

Album Rohani Katon Bagaskara

  • FAITH (feat: Bella Saphira, Dominique Agisca Diyose, Nugie) (2007)


Award:
BASF AWARD Tahun 1991, 2 Awards untuk Album KEDUA
BASF AWARD Tahun 1991, Lagu Terbaik YOGYAKARTA
BASF AWARD Tahun 1993, 2 Awards untuk Album PASIR PUTIH
BASF AWARD Tahun 1993, Lagu Terbaik TAK BISA KE LAIN HATI
Video Klip Terbaik VIDEO MUSIK INDONESIA Tahun 1994 lagu YOGYAKARTA
Penghargaan dari SRI SULTAN HAMENGKUBUWONO X lagu YOGYAKARTA
BASF AWARD Tahun 1996, Lagu Terbaik NEGERI DI AWAN
Video Klip Terbaik VMI Tahun 1996, Lagu NEGERI DI AWAN
BASF AWARD Tahun 1996, Album Terlaris BAGASKARA

Filmografi:
1. Sinetron “Jalan Kehidupan”
2. Sinetron “Buah Hati yang Hilang”

Iklan Televisi:
1. Iklan Layanan Masyarakat “Damai 2003” di stasiun televisi RCTI
2. Iklan Handy Clean
3. Iklan Obat Batuk Woods
4. Iklan Ribena
5. Iklan Layanan Masyarakat “Kau Tak Pernah Sendiri” - Class Mild
6. Iklan Larutan Penyegar Cap Kaki Tiga

Pranala luar[sunting | sunting sumber]