Edmund dari Langley

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Edmund dari Langley
Edmund of Langley 2C Duke of York.jpg
Adipati York
Pengganti Edward dari Norwich, Adipati Kedua
Pasangan Isabella dari Kastilia
Joan Holland
Anak
Edward dari Norwich, Adipati Kedua York
Constance dari York
Richard dari Conisburgh, Earl Ketiga Cambridge
Gelar dan jabatan
Adipati York
Earl Cambridge
Edmund dari Langley
Wangsa Wangsa Plantagenet (melalui kelahiran)
Wangsa York (pendiri)
Ayah Edward III dari Windsor, Raja Inggris
Ibu Philippe dari Hainaut
Lahir 5 Juni 1341
Kings Langley, Hertfordshire
Meninggal 1 Agustus 1402 (umur 61)
Kings Langley, Hertfordshire
Dikubur Kings Langley, Hertfordshire

Sir Edmund dari Langley, Adipati Pertama York, Earl Pertama Cambridge KG (lahir 5 Juni 1341 – meninggal 1 Agustus 1402 pada umur 61 tahun) merupakan putra Raja Edward III dari Inggris dan Philippe dari Hainaut, urutan keempat dari lima orang putra yang tumbuh dewasa, dari pasangan kerajaan tersebut. Seperti layaknya para pangeran pada abad pertengahan, Edmund memiliki nama alias dari tempat kelahirannya : Kings Langley di Hertfordshire. Pada usia 21 tahun, ia ditunjuk sebagai Earl Cambridge. Pada tanggal 6 Agustus 1385, Edmund ditunjuk sebagai Adipati York.[1] Ia adalah pendiri Wangsa York, namun melalui pernikahan putranya, Richard, bahwa fraksi York di dalam Perang Mawar menuntut takhta (fraksi lainnya di dalam Perang Mawar, Lancaster, merupakan penerus keturunan laki-laki kakandanya, John dari Gaunt).

Awal Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Setelah kematian ayah angkatnya, Earl Surrey, Edmund diberikan wilayah Earl bagian utara Trent, terutama di Yorkshire. Pada tahun 1359 ia bergabung dengan ayahandanya Raja Edward III di dalam sebuah ekspedisi militer ke Perancis yang kemudian gagal dan pada tahun 1361 ia ditunjuk sebagai seorang ksatria di Order of the Garter. Tahun 1362, pada usianya yang kedua puluh dua tahun, ia ditunjuk sebagai Earl dari Cambridge oleh Raja Edward.

Karier Militer[sunting | sunting sumber]

Beberapa berpendapat bahwa Edmund memiliki sedikit bakat di dalam perang, namun ia ambil bagian di dalam beberapa ekspedisi militer ke Perancis pada tahun 1370, dan ketika makamnya dibongkar pada tahun 1870 kerangkanya menunjukkan bekas luka yang menonjolkan kemampuan bela dirinya cukup tinggi. Pada tahun 1369 ia membawa rombongan sebesar 400 tentara bersenjata dan 400 pemanah bersama dengan John Hastings, pada sebuah kampanye di Britania dan Angoulême. Pada tahun berikutnya ia pertam-tama bergabung dengan Pembroke kembali pada sebuah ekspedisi untuk membebaskan benteng Belle Perche dan kemudian menemani Pangeran Hitam pada sebuah kampanye yang mengakibatkan pengepungan dan penjarahan di Limoges. Pada tahun 1375 ia berlayar dengan Edmund Mortimer, Earl of March, untuk membebaskan Brest, namun setelah beberapa keberhasilan awal gencatan senjata diumumkan.

Pada tahun 1381 ia memimpin sebuah ekspedisi gabungan dengan Portugis yang gagal untuk menyerang Kastilia, namun setelah berbulan-bulan keraguan perdamaian dapat sekali lagi dicanangkan (diantara Spanyol dan Portugal) dan Edmund harus memimpin pasukan kembali pulang.

Ia ditunjuk sebagai Constable of Dover Castle dan Warden of the Cinque Ports pada tanggal 12 Juni 1376 dan bekerja sampai tahun 1381. Ia bertindak sebagai Keeper of the Realm pada tahun 1394/95 ketika Richard II kampanye ke Irlandia dan memimpin parlemen pada tahun 1395. Ia juga merupakan keeper of the realm pada tahun 1396 selama kunjungan singkat raja ke Perancis untuk menjemput calon menantunya Isabella. Adipati tersebut tinggal sebagai Custodian of the Realm pada musim panas tahun 1399 ketika Richard II pergi untuk memperluas kampanyenya di Irlandia. Pada akhir Juni Henry Bolingbroke yang diasingkan mendarat di Bridlington, Yorkshire. Ia memimpin pasukan untuk melawan Bolingbroke, namun kemudian berbalik menjadi pengikutnya yang akhirnya mendapat hasil yang lumayan atas kesetiannya. Ia kemudian tetap setia sebagai rezim Lancastria yang baru karena Bolingbroke menggulingkan Richard II dan menjadi Raja Henry IV.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Meskipun pernikahan antara keluarga kerajaan dan antara keluarga kerajaan yang memerintah, suatu hal yang menarik untuk dicatat tentang pertalian pernikahan Langley dengan abang tertuanya, John dari Gaunt. Istri pertama Langley, Isabella dari Kastilia, merupakan adik perempuan dari istri kedua Gaunt, Constanza dari Kastilia; istri keduanya, Joan Holland, merupakan adik perempuan menantu Gaunt Margaret Holland, istri putra Gaunt Joan Beaufort.

Istri pertama Langley, Isabella, merupakan putri Raja Peter dari Kastilia dan María de Padilla. Mereka dikarunia dua orang putra dan seorang putri :

Setelah kematian Isabella pada tahun 1392, Langley menikahi sepupunya Joan Holland, yang kakek buyutnya adalah Edmund dari Woodstock, merupakan saudara tiri kakek Langley Edward II; ia dan Langley merupakan keturunan dari Raja Edward I. Pasangan tersebut tidak memiliki keturunan.

Masa tua & Kematian[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 6 Agustus 1385, Edmund ditunjuk sebagai Adipati York[2]

Menjelang akhir hayatnya, pada tahun 1399, ia ditunjuk sebagai Warden of the West March dalam periode yang singkat.[3]

Edmund dari Langley meninggal di kampung kelahirannya dan dimakamkan di dalam sebuah gereja disana. Kerajaannya diserahkan kepada putra sulungnya, Edward.

Lambang

Budaya Populer[sunting | sunting sumber]

Edmund, Adipati Pertama York adalah sebuah karakter penting di dalam Shakespeare Richard II. Di dalam peran tersebut, Edmund mengundurkan diri dari posisinya sebagai penasehat keponakannya, Richard II, tetapi enggan untuk menghianati raja. Ia akhirnya setuju untuk memihak Bolingbroke dan membantunya untuk merampas kembali wilayahnya yang telah disita oleh Richard setelah kematian ayahanda Bolingbroke, John dari Gaunt. Setelah Bolingbroke menggulingkan Richard dan dimahkotai Henry IV, Edmund mengetahui rencana putranya, Aumerle untuk membunuh raja yang baru. Edmund menyingkap rencana itu akan tetapi istrinya, Isabella meyakinkan Henry untuk memaafkan putranya.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Peggy K. Liss, "Isabel the Queen," New York: Oxford University Press, 1992, p. 165
  • James Reston, Jr. "Dogs of God," New York: Doubleday, p. 18.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

Jabatan politik
Didahului oleh:
Sir Thomas Reines
Lord Warden dari Cinque Ports
1376–1381
1396–1398
Diteruskan oleh:
Sir Robert Assheton
Didahului oleh:
Lord Beaumont
Diteruskan oleh:
Markis Dorset
Didahului oleh:
Sir John Holland
Justice of Chester
1385–1387
Diteruskan oleh:
Adipati Irlandia
Bangsawan Inggris
Ciptaan baru Adipati York
1385–1402
Diteruskan oleh:
Edward dari Norwich,
Adipati kedua, Earl Kedua
Earl Cambridge
1362–1402