Leonor dari Kastilia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Leonor dari Kastilia
Permaisuri Aragon
Memerintah sebagai pasangan 6 Februari 1221 – April 1229
Pasangan Chaime I dari Aragon
Anak
Infante Alfonso dari Aragon
Wangsa Wangsa Burgundia
Ayah Alfonso VIII dari Kastilia
Ibu Eleanor dari Inggris
Lahir  ?
Meninggal 1244
Las Huelgas dekat Burgos

Leonor dari Kastilia (wafat pada tahun 1244) adalah putri Alfonso VIII dari Kastilia dengan Eleanor dari Inggris. Ia adalah permaisuri Aragon oleh pernikahannya dengan Chaime I dari Aragon.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Ibunda Leonor adalah putri Henry II dari Inggris dan istrinya, Alienor dari Aquitania. Ayahnya adalah putra Sancho III dari Kastilia dan Blanca Garcés dari Navarra; Blanca adalah putri García Ramírez dari Navarra. Saudari Leonor, Berenguela menjadi Ratu Kastilia sejak saudara mereka, Enrique I dari Kastilia wafat tanpa keturunan dan karena Berenguela adalah putri sulung di antara mereka. Saudarinya yang lain, Blanca menjadi Ratu Perancis oleh pernikahannya dengan Louis VIII dari Perancis

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1221, Leonor menikah dengan Chaime I di Ágreda; Leonor berusia 19 tahun sedangkan Chaime I berusia 14 tahun. Enam tahun kemudian masa pemerintahan James penuh dengan pemberontakan yang ditimbulkan oleh para bangsawan. Dengan perdamaian Alcalá pada tanggal 31 Maret 1227, para bangsawan dan raja dapat mencapai kesepakatan untuk berdamai. Pasangan tersebut menikah cenderung untuk kepentingan politik daripada cinta.

Pernikahan mereka dikaruniakan seorang putra: Alifonso dari Aragon, menikah dengan Constança dari Montcada, Bangsawan Bigorre. Ketika pernikahan itu dibatalkan pada tahun 1230, Alfonso diumumkan sah akan saudara tirinya oleh istri kedua Chaime, Jolán dari Hongaria dan akan mewarisi kerajaan James suaminya jika ia meninggal nanti.

Masa Tua[sunting | sunting sumber]

Leonor menjadi seorang biarawati setelah menikah, ia pergi ke biara Santa María la Real de Las Huelgas dengan saudarinya Berenguela yang sudah mengundurkan diri dari pemerintahan di Kastilia dan Leon. Kedua kakak beradik tersebut meninggal disana, Leonor meninggal pada tahun 1244 dan Berenguela meninggal 2 tahun kemudian. Mereka berdua dimakamkan di dalam sebuah biara.

Makam[sunting | sunting sumber]

Setelah wafat, jenazah Ratu Leonor dimakamkan di dalam biara Las Huelgas in Burgos. Jenazahnya dimakamkan di tengah bangunan gereja Santa Catarina, dan berada di antara makam bayi Felipe dari Kastilia, putra Sancho IV el Bravo dan Ratu Maria de Molina, yang ditempatkan di sebelah kanan, dan makam bayi Pedro dari Kastilia, saudarinya, yang meninggal pada tanggal 25 Juni 1319 di dalam bencana Vega de Granada.

Selama pembongkaran biara dilakukan di abad ke-20 ditemukan kerangka Ratu tersebut, yang dimumikan dalam keadaan baik, ia berbaring di dalam sebuah peti yang terbuat dari batu kapur, atapnya memiliki 2 lereng dan halus, meskipun di masa lampau adalah polikrom.

Peti mati ratu yang muminya ditempatkan berukuran 1'60 meter dan dengan tangan disilangkan di dadanya, adalah kayu dan tanpa penutup, meskipun masih ada sisa-sisa cangkangnya dan salibnya terbuat dari emas bertaburan dan mengkilap, begitu juga dengan busananya yang dikuburkan bersama Ratu, di antaranya yang mencolok adalah tiga pakaian brokat , yang atas pendapat Manuel Gómez Moreno adalah benda yang sama yang ditemukan di makam bayi Felipe dari Kastilia, putra Fernando III, yang dimakamkan di gereja Santa María la Blanca de Sirga Villalcázar.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat Juga[sunting | sunting sumber]

Leonor dari Kastilia
Cabang kadet Anscarid
Lahir: sekitar 1202 Wafat: sekitar 1244
Gelar penyandang kekuasaan
Lowong
Terakhir dijabat oleh
Maria dari Montpellier
Ratu Aragon
1221–1229
Lowong
Selanjutnya dijabat oleh
Jolan dari Hongaria
Barcelona, Girona, Osona dan Besalú
1221–1229
Lowong
Terakhir dijabat oleh
Agnes
Puteri Montpellier; Viscountess Carlat, di Auvergne, dan Grafin dari Aumelas
1221–1229