Maria dari Montpellier

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pedro2 marie.jpg

Maria dari Montpellier (bahasa Occitan: Maria de Montpelhièr; 118218 April 1213) adalah puterinda Guilhèm VIII dari Montpellier dan Eudokia Komnene. Persyaratan pernikahan adalah anak pertama, baik lelaki atau perempuan, akan meneruskan kepemimpinan Montpellier setelah Guilhèm wafat.

Maria menikah dengan Raymond Geoffroy II dari Marseille pada tahun tahun 1192 namun tak lama sebelumnya ia telah menjadi janda pada tahun tersebut. Pernikahan keduanya, pada tahun 1197, dengan Bernard IV dari Comminges, dan ayahnya sekarang memaksanya untuk menyerahkan hak atas warisannya di Montpellier. Maria memiliki 2 orang putri dengan Bernard, Mathilde dan Petronille. Pernikahan tersebut adalah sebuah pernikahan poligami. Bernard memiliki 2 orang istri lainnya. Pernikahan itu dibatalkan (beberapa berpendapat bahwa Marie yang bersikeras, beberapa yang lainnya berpendapat bahwa Pero II dari Aragon) dan pembatalan berarti ia akan kembali menjadi pewaris Montpellier.

Guilhèm VIII wafat pada tahun 1202. Adik tiri Maria, putra Guilhèm VIII dengan Inés dari Kastilia, Guilhèm IX, telah mengambil alih kota, tetapi Maria menegaskan haknya atas kota tersebut. Pada tanggal 15 Juni 1204 ia menikah dengan Pero II dan dikenal sebagai Puteri Montpellier. Putranya dengan Pero, Chaime I, yang kelak dikenal dengan julukan si Penakluk, dilahirkan pada tanggal 1 Februari 1208. Pero secepatnya berusaha untuk menceraikannya, dan berharap untuk menikah dengan Maria dari Montferrat, Raja Yerusalem, dan menuntut Montpellier untuk dirinya sendiri. Tahun-tahun terakhir Maria dihabiskan dengan bertempur atas politik dan manuver pernikahan. Paus Innosensius III akhirnya memutuskan untuk menolak permohonan perceraian. Baik Maria dan Pero wafat pada tahun 1213; Chaime mewarisi Aragon dan Montpellier.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • J. M. Lacarra, L. Gonzalez Anton, 'Les testaments de la reine Marie de Montpellier' in Annales du Midi vol. 90 (1978) pp. 105-120.
  • M. Switten, 'Marie de Montpellier: la femme et le pouvoir en Occitanie au douzième siècle' in Actes du Premier Congrès International de l'Association d'Etudes Occitanes ed. P. T. Ricketts (London: Westfield College, 1987) pp. 485-491.
  • K. Varzos, I genealogia ton Komninon (Thessalonica, 1984) vol. 2 pp. 346-359.
Maria dari Montpellier
Lahir: sekitar 1182 Wafat: 18 April 1213
Bangsawan Perancis
Didahului oleh:
Guilhèm IX
Puteri Montpellier
1204–1213
Diteruskan oleh:
Chaime I
Gelar penyandang kekuasaan
Didahului oleh:
Sancha
Ratu Aragon
1204-1213
Diteruskan oleh:
Leonor
Adipati Barcelona, Girona, Osona dan Besalú
1204-1213