ELTI Gramedia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

English Language Training International atau ELTI adalah salah satu lembaga pendidikan bahasa Inggris di Indonesia. Awalnya ELTI didirikan di Jakarta pada 1981, kemudian membuka cabang di Yogyakarta pada 1984 dan berlanjut ke beberapa kota di Indonesia, Solo, Purwokerto, Bogor, dan Bandung. Pada tahun 1989 ELTI bergabung dengan Kompas Gramedia, salah satu perusahaan media tersebsar di Indonesia. Pada tanggal 9 Juni 2011 ELTI Gramedia meluncurkan program Franchise ELTI untuk pengembangan bisnisnya. Tahun 2012, ELTI Gramedia didirikan di kota Makassar dan Tasikmalaya, disusul pada tahun 2013 di kota Denpasar dan Pontianak.

ELTI Gramedia berkomitmen menjadi lembaga pendidikan bahasa Inggris yang menyediakan berbagai program pendidikan bahasa Inggris bermutu dengan menggunakan metode pengajaran komunikatif dan interaktif, serta telah teruji. Komunikatif berarti pengajaran diarahkan untuk membantu siswa berhasil dalam berkomunikasi. Interaktif merujuk pada proses pembelajaran yang tidak hanya searah tetapi juga adanya interaksi antarsiswa. Selain itu, guru yang berpengalaman, staff yang ramah, dan lingkungan belajar yang menyenangkan membantu peserta didik untuk mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan rasa percaya diri.

Program-program yang ditawarkan oleh ELTI Gramedia meliputi program untuk anak: Kindergarten, English for Children, dan English for Kids, program untuk remaja: English for SLTP Students dan General English for Senior High School, program untuk dewasa: English for Active Communication dan Speaking Club, dan program untuk kebutuhan spesifik (English for Specific Purposes): Business English (BE), TOEFL(R) Preparation, TOEIC Preparation, dan English for Job Hunting (EJH). Salah satu sub program dari program untuk kebutuhan khusus yang terkenal adalah English for Healthcare Professionals. Program English for Healthcare Professionals terdiri atas Introduction to Medical English (IMEI), English for Nurses (EFN), English for Midwives (EFM), dan Conversation for Nurses (CFN).

Pada tahun 2013, ELTI Gramedia membuka program Academic English dan IELTS Preparation bekerja sama dengan sebuah lembaga bahasa dari University of Technology Sydney, Australia bernama UTS:Insearch. Program Academic English membantu para siswa dalam mempersiapkan diri menuju Universitas yang ada di luar negeri seperti; Australia, Canada, Amerika  Serikat, Inggris, Singapore, dsb. Dalam Academic English diajarkan mengenai: essay writing – bagaimana menulis esai secara baik dan benar dengan menggunakan bahasa yang akurat serta tata bahasa yang baik, seminar  participation  – bagaimana  para siswa ikut  berpartisipasi  aktif  dalam  seminar  yang diadakan baik oleh Universitas maupun publik researching – bagaimana siswa membuat dan sebuah ‘research’. Hal ini juga membantu siswa untuk menulis tugas akhir. Listening – bagaimana mendengarkan guru/dosen di dalam kelas sehingga para siswa tidak kesulitan dalam kegiatan belajar mengajar. Hal ini berhubungan dengan ‘Note Taking’ – bagaimana siswa mengambil  inti sari  perkuliahan, juga hal-hal penting yang disampaikan oleh dosen. Academic  reading  – bagaimana  para siswa membaca sebuah teks-teks ilmiah  yang berhubungan dengan perkuliahan mereka. Program Academic English menyiapkan peserta tidak hanya memahami bahasa Inggris pada umumnya. Lewat Academic English peserta berlatih berdiskusi, mengekspresikan pendapat, berargumentasi, membuat laporan dan tulisan. Upaya ini diyakini bisa membuat peserta mampu bersaing pada pendidikan lanjutan di negara-negara berbasis bahasa Inggris.

Pranala Luar