Duabelas Hari Natal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Duabelas Hari Natal

Dua Belas Hari Natal (Twelve Days of Christmas) dan malam-malam yang terkait dengan ke-12 hari itu (Twelve-tide), adalah serangkaian hari raya yang dimulai pada malam Hari Natal (25 Desember) hingga pagi hari 6 Januari, yaitu hari Epifania. Malam-malam yang terkait dengan ke-12 hari ini dimulai sebelum hari yang dimaksud. Jadi, malam pertama Natal jatuh pada 25-26 Desember, dan Malam ke-12 jatuh pada 5-6 Januari.

Dua Belas Hari Natal mungkin lebih dikenal lewat lagu The Twelve Days of Christmas dalam bahasa Inggris yang menyebutkan serangkaian hadiah yang diberikan pada setiap hari dari perayaan ini. Ini adalah salah satu lagu yang paling populer dan paling banyak direkam dalam sejarah Amerika.


Lagu[sunting | sunting sumber]

Asal-usul musik[sunting | sunting sumber]

Kapan lagu ini pertama kali dibawakan tidaklah diketahui, meskipun lagu ini sudah digunakan dalam tradisi Eropa dan Skandinavia sejak abad ke-16.

Asal-usul liriknya[sunting | sunting sumber]

Twelve Days of Christmas adalah sebuah syair anak-anak yang aslinya diterbitkan dalam sebuah buku berjudul Mirth without Mischief di London sekitar 1780. Syairnya mulanya adalah sebuah permainan daya ingat dan dimainkan oleh sekumpulan pemain. Masing-masing orang bergiliran menyebutkan baris pertama dari syair ini. Ketika tiba kembali giliran si pemain pertama, ia mengucapkan baris kedua dari syairnya dan seterusnya.

Seratus tahun kemudian permainan ini diambil oleh Lady Gomme (seorang kolektor cerita dan syair rakyat Inggris) sebagai syair yang "dapat bersenang-senang bernyanyi pada setiap malam ke-12 sebelum Natal, lalu makan pie dan kue ke-12."

Kata-katanya berbunyi demikian: Twelve Drummers Drumming Eleven Pipers Piping Ten Lords a-leaping Nine Ladies Dancing Eight Maids a-milking Seven Swans a-swimming Six Geese a-laying Five Gold Rings Four Calling Birds Three French Hens Two Turtle Doves and A Partridge in a Pear Tree Dari: The Reader's Digest Merry Christmas Songbook, terbit 1981.

Struktur dan lirik[sunting | sunting sumber]

"Twelve Days of Christmas" adalah sebuah lagu kumulatif, artinya, setiap bait dibangun di atas bait sebelumnya. Lagu ini memiliki 12 bait, masing-masing menggambarkan hadiah yang diberikan oleh "kekasihku yang sejati" pada masing-masing dari ke-12 hari Natal.

Bait pertama berbunyi demikian:

On the first day of Christmas, my true love gave to me
A partridge in a pear tree

Bait kedua:

On the second day of Christmas, my true love gave to me
Two turtle doves,
And a partridge in a pear tree

... dan seterusnya. Bait terakhir:

On the twelfth day of Christmas, my true love gave to me
Twelve drummers drumming
Eleven pipers piping
Ten lords a-leaping
Nine ladies dancing
Eight maids a-milking
Seven swans a-swimming
Six geese a-laying
Five golden (kadang-kadang gold) rings
Four calling (atau colly) birds
Three french hens
Two turtle doves
And a partridge in a pear tree

Ketukan lagu ini tidak tetap, berbeda dengan kebanyakan musik populer. Bait pembukanya, yaitu "On the twelfth day of Christmas, my true love gave to me", dibuat dari dua bar 4/4, sementara kebanyakan baris yang menyebutkan hadiah-hadiahnya disusun dengan satu bar 3/4 kecuali "Five golden rings", yang menggunakan dua bar 4/4, "Two turtle doves" menggunakan bar 4/4 dengan "And a" pada ketukan yang keempat dan "Partridge in a pear tree" menggunakan dua bar 4/4. Pada kebanyakan versi, sebuah bar 4/4 segera mengikuti "Partridge in a pear tree." "On the" terdapat di dalam bar itu pada ketukan ke-4 untuk bait berikutnya.


Pranala luar[sunting | sunting sumber]