Dourdan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Dourdan
Dourdan.jpg
Pemandangan Dourdan
Negara Perancis
Region
Departemen
Arondisemen Étampes
Kanton Ibukota 10 kanton
Antarkomune CC Le Dourdannais en Hurepoix
Pemerintahan
 • Wali kota
Kode INSEE/pos 91223


Dourdan merupakan sebuah commune di département Essonne, di region Île-de-France di Perancis terletak di wilayah metropolitan Paris.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Dourdan terletak di sungai Orge di barat Essonne. Kota ini dikelilingi oleh sejumlah hutan bernama hutan Dourdan (lihat Sekitar Dourdan)

Demografi[sunting | sunting sumber]

Menurut sensus 1999, penduduknya berjumlah 9.555 jiwa. Perkiraan untuk tahun 2005 adalah 9.590 jiwa.

Penduduk Dourdan disebut sebagai Dourdannais.

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Dourdan memiliki 4 kota kembar:

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Asal nama berasal dari "Dour" yang berakar dari "Dor" Celtic yang berarti "air" atau "sungai", asal yang sama untuk kota Dover di Inggris. "Dan" dapat berarti "bukit".

Dourdan dibangun sejak era Galia-Romawi karena merupakan tempat penting produksi keramik.

Dourdan adalah tempat tinggal Hugh Agung, ayah dari Hugues Capet; ia meninggal tahun 956.

Dourdan menjadi kota kerajaan tahun 987, ketika Hugues Capet diangkat menjadi raja.

Tahun 1220, Philippe Auguste membangun kastil baru. Pemilik kastil yang terkenal adalah: Blanche de Castile, Louis d'Évreux, Jean de Berry, François I de Guise (lihat Keluarga Guise), Sully, Anne dari Austria dan Keluarga Orleans.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Dua stasiun terletak di Dourdan: Dourdan dan Dourdan-la-Forêt (Dourdan Daerah Berhutan), ujung jalur salah satu cabang jalur "RER C".

Stasiun SNCF Dourdan terletak di jalur dari Paris Gare d'Austerlitz ke Vendôme dan Chateaudun. Kedua stasiun membolehkan perjalanan ke Paris dan Versailles (kereta tinggal setiap 30 menit).

Monumen[sunting | sunting sumber]

Gereja Saint-Germain-l'Auxerrois[sunting | sunting sumber]

Pembangunan dimulai tahun 1150 dan selesai pada abad ke-14. Menjalani perubuhan penting pada bagian atas tahun 1428, atas Salisbury, tapi dibangun kembali pada akhir abad ke-15. Selama perang agama, gereja ini dirusak kembali. Tahun 1641 puncaknya dibangun dan tahun 1689 kapel Maria dibangun yang meningkatkan 14 meter tinggi bangunan (dari 36 menjadi 50 meter).

Kastil[sunting | sunting sumber]

Dibangun atas permintaan Philippe Auguste pada awal abad ke-13 di situs benteng kayu, merupakan karakteristik arsitektur militer pada masa itu. Kastil dibangun berbentuk persegi, dengan menara di 3 ujung dan donjon tertutup di ujung keempat. Dindingnya dilengkapi menara di tengah setiap sisi, dan dua di sisi timur, membuka gerbang. Sebuah selokan kering dan dalam dibuat di luar kastil. Donjon, komponen kastil paling defensif, memiliki tinggi 30 meter dan diameter 13.6 meter. Merupakan salah satu donjon yang dibangun Philippe Auguste pada waktu itu (e.g. Rouen), dan oleh kebangsawanan Perancis selama abad ke-13.

Donjon terpisah dari kastilnya

Konsep geometris dan donjon tertutup sama dengan kastil Louvre. Sebuah kastil sejenis ditemukan di Seringes-et-Nesles, Aisne.

Kastil ini menjadi properti Jean de Berry tahun 1385. Dilakukan pengepungan selama Perang Agama Perancis. Beberapa VIP menghabiskan waktunya di sini:

Donjon ini masih menjadi penjara kerajaan selama abad ke-17. Terdapat museum mengenai sejarah lokal.

Balai kota[sunting | sunting sumber]

Dibangun tahun 1856 dan terletak di pusat kota. Menggantikan bekas balai sejak abad ke-13. Terdapat ubin untuk memperingati bekas bangunan balai. Arsiteknya adalah Lucien-Tirte van Clemputte.

Balai kota di depan taman François Mitterrand

Sekitar Dourdan[sunting | sunting sumber]

Hutan Kerajaan Dourdan[sunting | sunting sumber]

Terdapat sebuah hutan kerajaan tua dimana raja Perancis melakukan perburuan. Luasnya 17 kilometer persegi. Hutan ini terbagi 2 oleh Sungai Orge. Bagian utara bernama Saint-Arnoult sementara bagian selatan adalah Hutan Ouÿe (namanya berasal dari biara di dekatnya).

Ekspatriat Inggris[sunting | sunting sumber]

Kota banlieue di Île de France mencoba menggantungkan diri pada Paris untuk keperluan administrasi dan fasilitas lainnya. Pusat Paris juga surga bagi banyak orang berbahasa Inggris dan ekspatriat UE, tetapi di kota terluar seperti ini tak terdapat jaringan yang melayani orang-orang tersebut.

Melalui Internet, layanan seperti Yahoo Groups dapat menjadi sumber berguna untuk berhubungan dengan kelompok ekspat seperti Live in France, English Speakers in France, Paris Sud atau Webvivant. Kesemuanya dapat menyediakan saran dan persahabatan dengan penduduk berbahasa Inggris di Île de France.

Catatan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]