Varennes-Jarcy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Varennes-Jarcy
Negara Perancis
Arondisemen Évry
Kanton Épinay-sous-Sénart
Antarkomune CC du Plateau Briard
Kode INSEE/pos 91631


Varennes-Jarcy merupakan sebuah komune di département Essonne, di Perancis, terletak antara Périgny (Val-de-Marne) dan Combs-la-Ville (Seine-et-Marne). Ketinggiannya 90 meter.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Menurut sensus 1999, penduduknya berjumlah 1.907 jiwa.

Penduduk Varennes-Jarcy disebut sebagai Varennois.

Tempat terkenal[sunting | sunting sumber]

Ditujukan pada Saint-Sulpice, Uskup Bourges, gereja dibangun pada akhir abad ke-13, antara 1269 dan 1282. Memiliki makam besar, dengan bentuk ogive, terdiri dari 4 nisan, yang dikelompokkan sebagai bangunan bersejarah sejak Februari 1915. Kesemuanya ditandai di kiri dan kanan oleh 2 plat peringatan. Mereka merupakan tombs seigneuriales:

Di kiri: Frémin de la Sangle, meninggal tahun 1492, dan Francoise de Feugeras, istrinya, yang memiliki properti Varennes dan Périgny.
Di kanan: Louis de la Sangle pada 1549, dan ibunya, makamnya menjadi tak dapat dikenali sekarang.

Gereja ini juga memiliki sebuah patung marmer putih Perawan Maria Terberkati, sejak akhir abad ke-17 dan dikenal dengan nama MATER Dolorosa. Berasal dari Abbaye de Jarcy, dan diselamatkan selama Revolusi Perancis dan dipasang di sana antara 1792 dan 1804, pada waktu yang sama dengan jembatan tungku dan Saint-Roch dari kayu pahatan sejak abad ke-16.

Banyak perubahan telah dilakukan, sebagaimana sejarah menyatakan, hingga pemasangan jendela kaca berwarna. Jendela kaca berwarna abad ke-13 dipasang di gereja biara ketika pemasangan dilakukan tahun 1652, dan digunakan kembali di gereja komune Jarcy. Tahun 1882, perbaikan signifikan dilakukan dan kaca berwarna dijual. Monsieur Bosquillon, châtelain de Jarcy, menjadi pembeli kaca senilai 450 franc dalam nilai mata uang waktu itu, tapi 3 tahun kemudian, dibeli senilai 600 franc atas museum Seni Dekoratif. Kesemuanya melambangkan:

pohon Jessé, sejak 1215-1220
mukjizat hari Saint Martin, Uskup Tours, sejak 1230-1240

Kedua karya itu membentuk dasar museum kaca berwarna, sebelum disimpan di Musée de Cluny. Menurut pernyataan pelukis dan pembuat kaca Paskah, kaca ini telah disimpan sejak 1741, "warnanya melambangkan kanopi besar katedral Chartres, dan lukisan Gothic menyerupai Sainte-Chapelle di Paris".

Dengan revolusi, setelah semua ornamen dan furnitur gereja dan laporan keuangan pabrik, kesemuanya akan dibuang dengan keuntungan komune dan gereja akan diubah menjadi "Temple de la raison". Pernah direncanakan, pemotongan salib menara lonceng pada tanggal 25 Desember 1793.

Lonceng berasal sejak tahun 1781 dan seperti yang lainnya, dicairkan tahun 1867. Terakhir, untuk membebaskan tanah desa, pemakaman tua di sekitar gereja, dipisahkan dari desa tahun 1876: pemakaman pertama dilakukan tahun 1886. Di sisi kanan pintu masuk, sebuah stele mengenang Varennois (penduduk Varenne) yang dimakamkan di pemakaman pertama sejak abad ke-16. Di bawah adalah mausoleum keluarga Bosquillon de Jarcy, pemilik Domaine de Jarcy. Sisanya adalah bagian dari Abbaye Royale de Jarcy.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]