Dewan Gereja-gereja se-Dunia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dewan Gereja-gereja se-Dunia (bahasa Inggris: World Council of Churches (WCC), bahasa Perancis: Conseil œcuménique des Églises, bahasa Jerman: Ökumenische Rat der Kirchen, bahasa Spanyol: Consejo Mundial de Iglesias) adalah perhimpunan Gereja-gereja yang paling luas dan paling inklusif di antara banyak gerakan ekumenis lainnya yang bertujuan untuk membentuk kesatuan di antara umat Kristen.

DGD saat ini mempunyai anggota yang jumlahnya lebih dari 340 Gereja dan denominasi di lebih dari 100 negara di seluruh dunia, dan mewakili sekitar 550 juta orang Kristen. Gereja-gereja anggota Dewan ini terdiri dari berbagai tradisi seperti Anglikan, Baptis, Lutheran, Methodis, dan Reformasi, serta banyak gereja independen atau bersatu lainnya. Gereja-gereja pendiri DGD pada awalnya kebanyakan adalah gereja-gereja yang terletak di Eropa dan Amerika Utara, namun kini kebanyakan anggotanya berada di Afrika, Asia, Karibia, Amerika Latin, Timur Tengah, dan Pasifik.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

DGD terbentuk pada Sidang Rayanya yang pertama di Amsterdam, Belanda, pada 23 Agustus 1948. Pembentukan ini terjadi ketika dua kelompok ekumenis, Hidup dan Karya dan Iman dan Tata Gereja bergabung pada sidang yang pertama itu. Kelompok yang ketiga, sebuah gerakan misionaris yang terbentuk pada Sidang Misi Internasional (IMC), bergabung pada Sidang Raya yang ketiga di New Delhi, India pada 1961. Kelompok yang keempat, yaitu Dewan Pendidikan Kristen se-Dunia (WCCE), bergabung melalui penyatuan DGD dengan dewan tersebut pada 1971.

Seruan penyatuan[sunting | sunting sumber]

Pada 1920, Patriarkhat Ekumenis di Konstantinopel menjadi gereja pertama yang menyerukan dibentuknya badang persekutuan dan kerja sama "semua gereja", sebuah "persekutuan gereja" (koinonia ton ekklesion) yang sebanding dengan Liga Bangsa-bangsa (koinonia ton ethnon) yang terbentuk setelah Perang Dunia I. Seruan yang sama juga muncul dari para pimpinan gereja dunia, seperti Uskup Agung Nathan Söderblom (Swedia), seorang pendiri Hidup dan Karya (1925), dan J.H. Oldham (Britania), seorang pendiri Dewan Misi Internasional (1921).

Pada Juli 1937, menjelang konferensi dunia Hidup dan Karya di Oxford dan Iman dan Tata Gereja di Edinburgh, para wakil dari kedua gerakan ini bertemu di London dan memutuskan untuk mempersatukan kedua gerakan ini serta membentuk sebuah sidang yang sepenuhnya representatif dari Gereja-gereja yang mau ikut serta.

Organisasi yang baru diusulkan ini ditetapkan "tidak akan mempunyai kuasa untuk membuat peraturan bagi gereja-gereja atau membuat mereka melakukan sesuatu tanpa persetujuan mereka; namun agar organisasi mempunyai peran yang efektif, ia harus memperoleh respek dari Gereja-gereja dalam begitu rupa sehingga orang-orang yang paling berpengaruh di dalam kehidupan gereja-gereja akan bersedia menyediakan waktu dan menyumbangkan pikirannya untuk karyanya." Organisasi ini juga harus melibatkan orang-orang awam yang memegang "jabatan-jabatan yang bertanggung jawab dan berpengaruh dalam dunia sekular," serta ditopang oleh "staf yang memiliki kecerdasan terbaik." S. McCrea Cavert (AS) mengusulkan nama "World Council of Churches" (Dewan Gereja-gereja se-Dunia).

Persiapan[sunting | sunting sumber]

Konferensi Oxford dan Edinburgh menerima usul ini dan masing-masing menunjuk tujuh orang anggota untuk membentuk Komisi yang terdiri atas 14 orang, yang kemudian berapat di Utrecht pada Mei 1938. Kelompok ini kemudian menjadi komisi sementara yang bertanggung jawab atas pembentukan DGD.

William Temple (uskup agung York, dan belakangan Canterbury) ditunjuk sebagai ketuanya, sementara W.A. Visser 't Hooft (Belanda) sekretaris jenderalnya. Komisi sementara ini membentuk sebuah dasar yang kuat bagi DGD dengan memecahkan masalah-masalah konstitusional tentang dasar, otoritas dan strukturnya. Pada Oktober-November 1938, Komisi ini mengirim undangan resmi kepada 196 gereja, dan Temple menulis sebuah surat pribadi kepada sekretaris negara Vatikan.

Pada konferensinya di Tambaram, (India) pada 1938 Dewan Misi International (IMC) menyatakan minatnya terhadap rencana pembentukan DGD namun tetap melanjutkan dirinya sebagai organisasi yang terpisah. Sejumlah perhimpunan misi yang menjadi anggota IMC tidak berminat untuk menjadi anggota DGD dan menempatkan dirinya di bawah kontrol gereja-gereja. Ada pula kekhawatiran bahwa gereja-gereja di Amerika Utara dan Eropa tidak akan memberikan gereja-gereja yang lebih muda di tempat lain tempat yang selayaknya mereka dapatkan. Namun demikian IMC menolong masuknya gereja-gereja ini menjadi anggtoa DGD, menjadi mitranya pada 1948, dan akhirnya bergabung pada 1961.

Perang Dunia II[sunting | sunting sumber]

Pada 1939 Komisi Sementara ini merencanakan Sidang Raya DGD yang pertama pada Agustus 1941, namun pecahnya Perang Dunia II menghalangi hal itu. Antara 1940-1946, Komisi Sementara ini tidak dapat berfungsi secara normal, tetapi anggota-anggotanya serta orang-orang lainnya tetap mengadakan pertemuan-pertemuan di Amerika Serikat, Inggris dan Swiss. Di bawah pimpinan Visser ‘t Hooft di Jenewa selama perang berkecamuk, sejumlah aktivitas ikut memberikan kesaksian gereja yang melampaui batas-batas kebangsaan: pelayanan rohani kepada militer, pelayanan kepada para tawanan perang, bantuan kepada orang-orang Yahudi dan para pengungsi] lainnya, penyaluran informasi kepada gereja-gereja, dan persiapan melalui kontak dengan para pemimpin Kristen dari semua pihak untuk mengadakan rekonlisiasi dan bantuan antar-gereja setelah perang berakhir.

Setelah perang usai[sunting | sunting sumber]

Setelah perang, Komisi Sementara bertemu kembali di Jenewa (1946) dan di Buck Hills, Pennsylvania (1947). Komisi ini menegaskan bahwa tragedi perang telah mendorong tekad gereja-gereja untuk mewujudkan persekutuan rekonsiliasi mereka. Pada 1948, 90 gereja-gereja telah menyatakan menerima undangan untuk bergabung dengan DGD.

Pertimbangan-pertimbangan yang muncul belakangan tentang representasi dan keanggotaan DGD mengakibatkan pertimbangan ulang tentang jumlah anggota dan perwakilan yang memadai menurut tradisi konfesi dan geografi. Persyaratan utama adalah persetujuan dengan dasar Dewan yang akan dibentuk. Syarat-syarat lainnya adalah: otonomi gereja, kestabiltan dan ukurannya yang layak, serta hubungannya yang baik dengan gereja-gereja lainnya. Meskipun sebagian lebih menyukai agar Dewan terdiri terutama dari dewan gereja-gereja nasional ataupun dewan konfesional gereja sedunia (semisal Lutheran, Ortodoks, Baptis dan lain-lain), akhirnya disepakati bahwa DGD harus berhubungan langsung dengan gereja-gereja nasional dan dengan demikian keanggotaannya akan terdiri dari, misalnya, Gereja Methodis di Britania Raya, Gereja Episkopal Methodis, AS, Gereja Methodis Afrika Selatan, dll. Dewan-dewan konfesional sedunia, dewan gereja-gereja nasional serta dewan ekumenis internasional dapat diundang untuk mengutus wakil-wakil mereka di persidangan yang pertama, namun hanya akan memiliki status pengamat yang tidak mempunyai hak suara.

Ketika Sidang Raya pertama dibuka pada 22 Agustus 1948, 147 gereja yang hadir dari 44 negara mewakili praktis semua keluarga konfesional di lingkungan dunia Kristen, kecuali Gereja Katolik Roma. Pada hari berikutnya Dewan menerima konstitusi DGD, dan organisasi yang baru terbentuk itu mengeluarkan pesannya:

"Kristus telah menjadikan kita miliknya, dan ia tidak terbagi. Dalam mencari dia, kita menemukan sesama kita. Di sini di Amsterdam kita memperbarui komitmen kita kepadanya, dan telah membuat perjanjian satu sama lain dalam membentuk Dewan Gereja-gereja se-Dunia. Kita bermaksud untuk tetap bersama-sama."

Sekretaris Jenderal[sunting | sunting sumber]

Enam orang presiden dan presiden kehormatan DGD dipilih pada Sidang Raya pertama di Amsterdam pada 1948. Sekretaris Jenderal DGD sejak pembentukannya hingga sekarang adalah:

  • W.A. Visser 't Hooft (1900-1985) (Belanda), dari Gereja Hervormd Belanda, menjabat 1948-1966.
  • Eugene Carson Blake (1906-1985) (Amerika Serikat), dari United Presbyterian Church in the USA, menjabat 1966-1972.
  • Philip A. Potter (1921- ) (Hindia Barat), dari Gereja Methodis, menjabat 1972-84.
  • Emilio Castro (1927- ) (Uruguay), dari Gereja Methodis Injili Uruguay, menjabat 1985-92.
  • Konrad Raiser (1938- ) (Jerman), dari Gereja Protestan Jerman, menjabat 1993-2003.
  • Samuel Kobia (1947- ) (Kenya), dari Gereja Methodis Kenya, menjabat sejak 2004.

Sidang Raya[sunting | sunting sumber]

Sidang Raya DGD telah diselenggarakan sembilan kali, yaitu:

  • Sidang Raya I dengan tema "Kekacauan Manusia dan Rancangan Allah" di Amsterdam (1948)
  • Sidang Raya II dengan tema "Kristus - Pengharapan Dunia" di Evanston, Illinois, (Amerika Serikat) (1954)
  • Sidang Raya III dengan tema "Kristus Terang Dunia" di New Delhi, (India) (1961)
  • Sidang Raya IV dengan tema "Lihatlah, Aku Jadikan Semuanya Baru" di Uppsala, (Swedia) (1968)
  • Sidang Raya V dengan tema "Yesus Kristus Membebaskan dan Mempersatukan", di Nairobi, (Kenya) (1975)
  • Sidang Raya VI dengan tema "Yesus Kristus - Terang Dunia" di Vancouver, (Kanada) (1983)
  • Sidang Raya VII dengan tema "Datanglah ya Roh Kudus - Perbaruilah Seluruh Ciptaan", di Canberra, (Australia) (1991)
  • Sidang Raya VIII, dengan tema "Berbaliklah kepada Allah - Bersukacitalah di dalam Pengharapan", di Harare (Zimbabwe) (1999)
  • Sidang Raya IX dengan tema "Ya Allah, di dalam Anugerah-Mu, Perbaruilah Dunia", di Porto Alegre, (Brasil) (2006)
  • Sidang Raya X dengan tema "Ya Allah Kehidupan, pimpin kami kepada Keadilan dan Perdamaian", di Busan, (Korea Selatan) (2013)

Kegiatan[sunting | sunting sumber]

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh gereja-gereja anggota DGD adalah:

  1. berupaya mewujudnyatakan keesaan gereja dalam satu iman dan satu persekutuan ekaristi;
  2. meningkatkan kesaksian bersama mereka dalam karya untuk misi dan penginjilan;
  3. melibatkan diri dalam pelayanan Kristen melalui pelayanan demi kebutuhan manusia, meruntuhkan tembok-tembok penghalang antar manusia, mengusahakan keadilan dan perdamaian, serta menjunjung keutuhan ciptaan; dan
  4. mengupayakan pembaruan dalam keesaan, ibadah, misi, dan pelayanan.

Organisasi[sunting | sunting sumber]

DGD mempunyai sejumlah kelompok penasihat dan komisi yang membantunya di dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Kelompok-kelompok tersebut adalah:

  • Kelompok penasihat untuk Gereja dan Hubungan Ekumenis
  • Kelompok penasihat untuk Bidang Komunikasi
  • Kelompok penasihat untuk Masalah Perempuan
  • Kelompok penasihat untuk Masalah Pemuda
  • Komisi Gereja-gereja dalam Diakonia dan Pembangunan
  • Komisi Pendidikan dan Pembangunan Ekumenis
  • Komisi Gereja-gereja untuk Hubungan internasional
  • Komisi Keadilan, Perdamaian dan Ciptaan
  • Komisi Misi Dunia dan Penginjilan
  • Komisi Iman dan Tata Gereja
  • Kelompok Konsultasi Bersama dengan Gereja-gereja Pentakosta
  • Kelompok kerja bersama DGD – Gereja Katolik Roma
  • Kelompok untuk hubungan Antar-agama
  • Kelompok untuk Dasawarsa dalam Mengatasi Kekerasan

Keanggotaan[sunting | sunting sumber]

Gereja-gereja yang setuju dengan dasar-dasar DGD dapat mengajukan permohonan untuk menjadi anggota Dewan. Gereja calon anggota harus membuktikan dirinya sebagai organisasi yang hidup dan independen serta menjalin hubungan ekumenis yang konstruktif dengan gereja-gereja lain di negaranya. Biasanya gereja anggota harus memiliki sekurang-kurangnya 25.000 anggota gereja. Gereja-gereja yang memiliki sekurang-kurangnya 10.000 anggota dapat menjadi anggota luar biasa, ikut serta dalam semua kegiatan DGD, namun tidak mempunyai hak suara dalam persidangan.

Daftar gereja anggota[sunting | sunting sumber]

Afrika[sunting | sunting sumber]

  • Dewan Afrika Gereja-gereja Melembaga [Afrika Selatan] (**)
  • Dewan Gereja-gereja Afrika Selatan (**)
  • Dewan Gereja-gereja di Namibia (**)
  • Dewan Gereja-gereja di Sierra Leone (**)
  • Dewan Gereja-gereja Kristen di Angola (**)
  • Dewan Gereja-gereja Kristen Ekumenis Kongo (**)
  • Dewan Gereja-gereja Liberia (**)
  • Dewan Gereja-gereja Malawi (**)
  • Dewan Gereja-gereja Nasional Burundi (**)
  • Dewan Gereja-gereja Protestan Guinea Ekuatorial (**)
  • Dewan Gereja-gereja Sudan (**)
  • Dewan Gereja-gereja Swaziland (**)
  • Dewan Gereja-gereja Zimbabwe (**)
  • Dewan Kristen Bersama Uganda (**)
  • Dewan Kristen Botswana (**)
  • Dewan Kristen Gambia (**)
  • Dewan Kristen Gereja-gereja di Madagaskar (**)
  • Dewan Kristen Ghana (**)
  • Dewan Kristen Nigeria (**)
  • Dewan Kristen Tanzania (**)
  • Dewan Kristen Zambia (**)
  • Dewan Protestan Rwanda (**)
  • Federasi Gereja-gereja Protestan dan Misi di Kamerun (**)
  • Gereja Anglikan Kenya
  • Gereja Anglikan Tanzania
  • Gereja Baptis Pribumi Kamerun
  • Gereja Bersatu Zambia
  • Gereja Brethren di Nigeria
  • Gereja Episkopal Burundi
  • Gereja Episkopal Rwanda
  • Gereja Episkopal Sudan
  • Gereja Harris [Pantai Gading]
  • Gereja Injili Bersatu "Persekutuan Anglikan di Angola" (*)
  • Gereja Injili di Kongo [Republik Kongo]
  • Gereja Injili Gabon
  • Gereja Injili Kamerun
  • Gereja Injili Lesotho
  • Gereja Injili Mekane Yesus Ethiopia
  • Gereja Israel Afrika, Nineveh [Kenya]
  • Gereja Kongregasional Bersatu Afrika bagian Selatan [Afrika Selatan]
  • Gereja Kongregasional Injili di Angola
  • Gereja Kristen dan Sekolah-sekolah Afrika [Kenya] (*)
  • Gereja Kristus – Cahaya Roh Kudus [Kongo]
  • Gereja Kristus Bersatu di Zimbabwe
  • Gereja Kristus di Kongo
    • Komunitas Baptis di Kongo Barat
    • Komunitas Murid-murid Kristus
    • Komunitas Baptis Episkopal
    • Komunitas Injili
    • Komunitas Mennonit
    • Komunitas Presbiterian
    • Komunitas Presbiterian Kinshasa - Provinsi Gereja Anglikan di Kongo
  • Gereja Kristus Reformasi di Nigeria
  • Gereja Lutheran di Liberia
  • Gereja Lutheran Injili di Afrika bagian Selatan [Afrika Selatan]
  • Gereja Lutheran Injili di Kongo [Republik Demokratik Kongo]
  • Gereja Lutheran Injili di Namibia
  • Gereja Lutheran Injili di Republik Namibia
  • Gereja Lutheran Injili di Tanzania
  • Gereja Lutheran Injili di Zimbabwe
  • Gereja Lutheran Injili Ghana
  • Gereja Lutheran Injili Kenya (*)
  • Gereja Lutheran Malagasi [Madagaskar]
  • Gereja Methodis Afrika bagian Selatan [Afrika Selatan]
  • Gereja Methodis di Kenya
  • Gereja Methodis di Togo
  • Gereja Methodis di Zimbabwe
  • Gereja Methodis Nigeria
  • Gereja Methodis Protestan Benin
  • Gereja Methodis Protestan, Pantai Gading
  • Gereja Methodis Sierra Leone
  • Gereja Methodis, Ghana
  • Gereja Moravia di Afrika bagian Selatan [Afrika Selatan]
  • Gereja Moravia di Tanzania
  • Gereja Nigeria (Persekutuan Anglikan)
  • Gereja Ortodoks Tewahdo Eritrea
  • Gereja Ortodoks Tewahedo Ethiopia
  • Gereja Pedalaman Afrika [Sudan]
  • Gereja Presbiterian Afrika [Afrika Selatan]
  • Gereja Presbiterian Afrika Timur [Kenya]
  • Gereja Presbiterian di Kamerun
  • Gereja Presbiterian Ghana
  • Gereja Presbiterian Injili di Afrika Selatan
  • Gereja Presbiterian Injili Togo
  • Gereja Presbiterian Injili, Ghana
  • Gereja Presbiterian Kamerun
  • Gereja Presbiterian Menyatu di Afrika bagian Selatan [Afrika Selatan]
  • Gereja Presbiterian Mozambik (*)
  • Gereja Presbiterian Nigeria
  • Gereja Presbiterian Reformasi di Guinea Ekuatorial (*)
  • Gereja Presbiterian Rwanda
  • Gereja Presbiterian Sudan
  • Gereja Protestan Afrika [Kamerun] (*)
  • Gereja Protestan Algeria (*)
  • Gereja Provinsi Afrika bagian Selatan [Afrika Selatan]
  • Gereja Provinsi Afrika Barat [Ghana]
  • Gereja Provinsi Afrika Tengah [Botswana]
  • Gereja Provinsi Samudera Hindia [Seychelles]
  • Gereja Provinsi Uganda
  • Gereja Reformasi di Zambia
  • Gereja Reformasi di Zimbabwe
  • Gereja Reformasi Injili Angola
  • Gereja Reformasi Menyatu di Afrika bagian Selatan [Afrika Selatan]
  • Gereja Roh Kudus Afrika [Kenya] (*)
  • Gereja Tuhan (Aladura) di seluruh Dunia [Nigeria]
  • Gereja Yesus Kristus di Madagaskar
  • Gereja Yesus Kristus di Muka Bumi melalui Utusannya S. Kimbangu [Kongo]
  • Konvensi Baptis Nigeria
  • Misi Pentakostal Injili Angola
  • Perhimpunan Gereja-gereja Baptis di Rwanda
  • Persatuan Gereja-gereja Baptis Kamerun
  • Presbiteri Liberia (*)

Asia[sunting | sunting sumber]

Karibia[sunting | sunting sumber]

  • Dewan Gereja-gereja Jamaika (**)
  • Dewan Gereja-gereja Kuba (**)
  • Dewan Gereja-gereja Puerto Riko [AS] (**)
  • Dewan Kristen Saint Vincent dan Kep. Grenadines (**)
  • Gereja Bersatu di Jamaika dan Kep. Cayman
  • Gereja di Provinsi Hindia Barat [Antigua]
  • Gereja Methodis di Karibia dan daerah Amerika [Antigua]
  • Gereja Methodis di Kuba*
  • Gereja Moravia di Jamaika
  • Gereja Moravia di Suriname
  • Gereja Moravia, Provinsi Hindia Barat bagian Timur [Antigua]
  • Gereja Presbiterian di Trinidad & Tobago
  • Gereja Protestan Bersatu [Curaçao]*
  • Gereja Reformasi Presbiterian di Kuba*
  • Persatuan Baptis Jamaika

Eropa[sunting | sunting sumber]

  • Aksi Gereja-gereja Bersama di Skotlandia (**)
  • Cytun Gereja-gereja Bersama di Wales (**)
  • Dewan Ekumenis Denmark (**)
  • Dewan Ekumenis Finlandia (**)
  • Dewan Ekumenis Polandia (**)
  • Dewan Gereja-gereja di the Belanda (**)
  • Dewan Gereja-gereja Ekumenis di Austria (**)
  • Dewan Gereja-gereja Ekumenis di Hongaria (**)
  • Dewan Gereja-gereja Ekumenis di Republik Ceko (**)
  • Dewan Gereja-gereja Ekumenis di Republik Slowakia (**)
  • Dewan Gereja-gereja Ekumenis di Yugoslavia (**)
  • Dewan Gereja-gereja Kristen di Jerman (**)
  • Dewan Gereja-gereja Kristen di Swiss (**)
  • Dewan Kristen Norwegia (**)
  • Dewan Kristen Swedia (**)
  • Federasi Gereja Protestan Swiss
  • Federasi Protestan Prancis (**)
  • Gereja Apostolik Armenia
  • Gereja Bebas Bersatu Skotlandia
  • Gereja di Wales
  • Gereja Episkopal Skotlandia
  • Gereja Hussit Cekoslowakia [Republik Ceko]
  • Gereja Inggris
  • Gereja Injili Brethren Ceko
  • Gereja Injili di Jerman
    • Gereja Injili Anhalt
    • Gereja Injili Bremen
    • Gereja Injili di Baden
    • Gereja Injili di Berlin Brandenburg
    • Gereja Injili di Hessen dan Nassau
    • Gereja Injili di Rhein
    • Gereja Injili di Württemberg
    • Gereja Injili Hessen Elektorat Waldeck
    • Gereja Injili Palatinat
    • Gereja Injili Pomerania
    • Gereja Injili Provinsi Saxony
    • Gereja Injili Silesian Oberlausitz
    • Gereja Injili Westphalia
    • Gereja Lippe
    • Gereja Lutheran Injili di Bavaria
    • Gereja Lutheran Injili di Brunswick
    • Gereja Lutheran Injili di Oldenburg
    • Gereja Lutheran Injili di Thuringia
    • Gereja Lutheran Injili Elbia Utara
    • Gereja Lutheran Injili Hanover
    • Gereja Lutheran Injili Mecklenburg
    • Gereja Lutheran Injili Sachsen
    • Gereja Lutheran Injili Schaumburg Lippe
    • Gereja Reformasi Injili di Bavaria dan Barat Laut Jerman
  • Gereja Injili Konfesi Augsburg Alsace dan Lorraine [Prancis]
  • Gereja Injili Konfesi Augsburg dan Helvetia di Austria
  • Gereja Injili Konfesi Augsburg di Polandia
  • Gereja Injili Konfesi Augsburg di Rumania
  • Gereja Injili Konfesi Augsburg di the Republik Slowakia
  • Gereja Injili Silesian Konfesi Augsburg [Ceko]
  • Gereja Injili Slowakia Konfesi Augsburg di Yugoslavia
  • Gereja Injili Spanyol
  • Gereja Injili Yunani
  • Gereja Irlandia
  • Gereja Katolik Lama Austria
  • Gereja Katolik Lama Belanda
  • Gereja Katolik Lama Mariavit di Polandia
  • Gereja Katolik Lama Swiss
  • Gereja Katolik Polandia di Polandia
  • Gereja Lutheran Injili di Denmark
  • Gereja Lutheran Injili di Kerajaan Belanda
  • Gereja Lutheran Injili Estonia
  • Gereja Lutheran Injili Finlandia
  • Gereja Lutheran Injili Islandia
  • Gereja Lutheran Injili Latvia
  • Gereja Lutheran Injili Prancis
  • Gereja Methodis Injili Italia
  • Gereja Moravia Provinsi Kontinental Eropa [Belanda]
  • Gereja Norwegia
  • Gereja Ortodoks Autosephalus Albania
  • Gereja Ortodoks di tanah Ceko dan Slowakia [Ceko]
  • Gereja Ortodoks Finlandia
  • Gereja Ortodoks Otosephalus di Polandia
  • Gereja Ortodoks Rumania
  • Gereja Ortodoks Rusia
  • Gereja Ortodoks Serbia [Republik Federal Yugoslavia]
  • Gereja Presbiterian Injili Portugal (*)
  • Gereja Presbiterian Wales
  • Gereja Protestan Bersatu Belgia
  • Gereja Reformasi Alsace dan Lorraine [Prancis]
  • Gereja Reformasi Belanda
  • Gereja Reformasi Bersatu [Britania]
  • Gereja Reformasi di Hongaria
  • Gereja Reformasi di Rumania [Cluj]
  • Gereja Reformasi di Rumania [Oradea]
  • Gereja Reformasi Episkopal Spanyol (*)
  • Gereja Reformasi Kristen di Slowakia
  • Gereja Reformasi Kristen di Yugoslavia
  • Gereja Reformasi Prancis
  • Gereja Sinodal Injili Presbterial Konfesi Augsburg di Rumania
  • Gereja Skotlandia
  • Gereja Swedia
  • Gereja Waldensis [Italia]
  • Gereja Yunani
  • Gereja-gereja Bersama di Britain dan Irlandia (**)
  • Gereja-gereja Bersama di Inggris (**)
  • Gereja-gereja Reformasi di Belanda
  • Keuskupan Katolik dari Katolik Lama di Jerman
  • Patriarkhat Ekumenis Konstantinopel [Turki]
  • Persatuan Baptis Britania Raya
  • Persatuan Baptis Denmark
  • Persatuan Baptis Hongaria
  • Persatuan Baptis Injili Italia (*)
  • Persatuan Gereja-gereja Independen Wales
  • Persaudaraan Remonstran [Belanda]

Amerika Latin[sunting | sunting sumber]

  • Dewan Gereja-gereja Kristen Nasional di Brasil (**)
  • Gereja Allah [Argentina] (*)
  • Gereja Anglikan di Selatan Amerika [Argentina]
  • Gereja Anglikan Episkopal Brasil
  • Gereja Injili Konfesi Lutheran di Brasil
  • Gereja Injili Rio de la Plata Plate [Argentina]
  • Gereja Kristen Alkitabiah [Argentina] (*)
  • Gereja Kristen Reformasi Brasil
  • Gereja Lutheran Bolivia Injili (*)
  • Gereja Lutheran Injili Bersatu [Argentina] (*)
  • Gereja Lutheran Injili di Chili
  • Gereja Methodis Chili (*)
  • Gereja Methodis di Brasil
  • Gereja Methodis Injili Argentina
  • Gereja Methodis Injili di Bolivia (*)
  • Gereja Methodis Injili di Uruguay (*)
  • Gereja Methodis Injili Kosta Rika (*)
  • Gereja Methodis Meksiko
  • Gereja Methodis Peru (*)
  • Gereja Misi Pentakostal [Chili]
  • Gereja Misi Pentakostal Bebas Chili
  • Gereja Moravia di Nikaragua
  • Gereja Murid-murid Kristus [Argentina] (*)
  • Gereja Pentakostal Chili
  • Gereja Presbiterian Bersatu Brasil (*)
  • Konvensi Baptis Nikaragua
  • Perhimpunan Baptis El Salvador (*)
  • Sinode Lutheran El Salvador (*)

Timur Tengah[sunting | sunting sumber]

  • Gereja Apostolik Armenia [Lebanon]
  • Gereja Asiria Katolik Apostolik Kudus di Timur (Irak)
  • Gereja Episkopal di Yerusalem dan the Timur Tengah (Mesir)
  • Gereja Injili Sinode Nil [Mesir]
  • Gereja Ortodoks Koptik [Mesir]
  • Gereja Siprus
  • Patriarkhat Ortodoks Suriah Antiokia dan di seluruh Timur
  • Patriarkhat Ortodoks Yunani Antiokia dan di seluruh Timur [Suriah]
  • Patriarkhat Ortodoks Yunani di Alexandria dan Seluruh Afrika [Mesir]
  • Patriarkhat Ortodoks Yunani Yerusalem [Israel]
  • Persatuan Gereja-gereja Injilies Armenia di Timur Dekat [Lebanon]
  • Sinode Gereja Injili Iran
  • Sinode Injili Nasional Suriah dan Lebanon [Lebanon]

Amerika Utara[sunting | sunting sumber]

  • Dewan Gereja-gereja Kanada (**)
  • Dewan Gereja-gereja Kristus Nasional di AS (**)
  • Dewan Internasional Gereja-gereja Komunitas [AS]
  • Gereja Anglikan Kanada
  • Gereja Asiria Katolik Apostolik di Timur, Keuskupan Amerika Utara
  • Gereja Baptis Amerika di AS
  • Gereja Bersatu Kanada
  • Gereja Bersatu Kristus [AS]
  • Gereja Bersatu Methodis [AS]
  • Gereja Brethren [AS]
  • Gereja Episkopal
  • Gereja Injili Internasional [AS]
  • Gereja Katolik Nasional Polandia
  • Gereja Kristen (Murid-murid Kristus)
  • Gereja Kristen (Murid-murid Kristus) di Kanada
  • Gereja Kristen Methodis Episkopal [AS]
  • Gereja Lutheran Injili di Amerika
  • Gereja Lutheran Injili di Kanada
  • Gereja Lutheran Injili Estonia di Luar Negeri [Kanada]
  • Gereja Methodis Episkopal Afrika [AS]
  • Gereja Moravia di Amerika
  • Gereja Ortodoks di Amerika
  • Gereja Presbiterian (AS)
  • Gereja Presbiterian di Kanada
  • Gereja Reformasi di Amerika [AS]
  • Gereja Reformasi Hongaria di Amerika
  • Gereja Zion Episkopal Methodis Afrika [AS]
  • Konvensi Baptis Nasional Amerika
  • Konvensi Baptis Nasional Progresif [AS]
  • Konvensi Baptis Nasional, AS
  • Perhimpunan Keagamaan para Sahabat [AS] – Konferensi Umum para Sahabat– Pertemuan Para Sahabat Bersatu
  • Pertemuan Tahunan Perhimpunan Keagamaan para Sahabat Kanada

Pasifik[sunting | sunting sumber]

  • Dewan Gereja-gereja Nasional di Samoa Amerika (**)
  • Dewan Gereja-gereja Nasional Tonga (**)
  • Dewan Gereja-gereja Papua New Guinea (**)
  • Dewan Gereja-gereja Samoa (**)
  • Ekalesia Niue
  • Gereja Bersatu di Kep. Solomon
  • Gereja Bersatu di Papua New Guinea
  • Gereja Bersatu Kristus - Kongregasional di Kep. Marshall
  • Gereja Injili di Kaledonia Baru dan Kep. [Kaledonia Baru]
  • Gereja Injili Polinesia Prancis
  • Gereja Kristen di P. Cook
  • Gereja Kristen Kongregasional di Amerikan Samoa
  • Gereja Kristen Kongregasional di Samoa
  • Gereja Kristen Tuvalu
  • Gereja Lutheran Injili Papua New Guinea
  • Gereja Methodis di Fiji
  • Gereja Methodis di Samoa
  • Gereja Presbiterian Vanuatu
  • Gereja Protestan Kiribati
  • Gereja Provinsi Melanesia [Kep. Solomon]
  • Gereja Wesley Bebas Tonga [Gereja Methodis di Tonga]

(*) anggota luar biasa
(**) Dewan Gereja-gereja nasional

Pranala luar[sunting | sunting sumber]