Dōjin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dōjin (同人 dōjin?), sering ditulis doujin, adalah istilah Jepang untuk kelompok dengan kesamaan minat, aktivitas, hobi, atau prestasi. Kata ini sering diterjemahkan dalam Bahasa Inggris sebagai clique, coterie, society, atau circle.

Di Jepang, terminology ini sering digunakan untuk menyebut karya yang diterbitkan secara indie, termasuk tapi tidak terbatas pada manga, novela, ‘’fan guide’’’, koleksi ilustrasi , musik, dan ‘’video game’’. Beberapa seniman profesional sering mengambil jalur ini untuk menerbitkan karyanya yang tidak sesuai dengan preferensi mainstream.

Riset tahunan yang dilakukan oleh Media Create mengindikasikan bahwa dari penjualan $1.65 miliar dari industri Otaku di 2007, 48% di antaranya adalah penjualan doujin yang mencapai ($792 juta).[1]


Circle Literatur[sunting | sunting sumber]

Circle pustaka pertama kali muncul pada periode Meiji saat para penulis waka, penyair dan novelis bertemu dan menerbitkan majalah sastra (masih banyak yang bertahan terbit hingga hari ini). Banyak penulis modern Jepang berasal dari kelompok literatur ini, salah satunya adalah Ozaki Koyo, pimpinan masyarakat penulis sastra Kenyusha yang pertama kali menerbitkan kompilasi karyanya dalam bentuk majalah pada tahun 1885.

Circle Manga[sunting | sunting sumber]

Pasca Perang Dunia II, manga dōjin mulai muncul di Jepang. Penulis manga seperti Shotaro Ishinomori (Kamen Rider, Cyborg 009) dan Fujio Fujiko (Doraemon) membentuk kelompok dōjin groups seperti New Manga Party (新漫画党 Shin Manga-to?) milik Fujiko. Pada waktu ini kelompok dōjin dipergunakan oleh para artis untuk menerbitkan debut profesional. Pada perkembangannya, kelompok dōjin dibentuk sebagai klub sekolah dan sejenisnya. Puncak perkembangannnya adalah dilaksanakannya konvensi Comiket di Tokyo pada tahun 1975.

Dōjin sekarang[sunting | sunting sumber]

Penggemar dōjin secara rutin menghadiri berbagai konvensi dōji, dengan event terbesar Comiket (kependekan dari "Comic Market") yang diadakan setiap musim panas dan musim dingin di Tokyo Big Sight. Di tempat ini, lebih dari 20 acre (81,000 )materi dōjin ditempatkan, dijual, dan saling ditukar oleh para pengunjung. Pembuat dōjin yang membuat karya mereka berdasar karya seniman lain biasanya hanya menerbitkan buku dalam jumlah kecil agar tidak terlalu banyak terekspos dan menghindari perkara hukum. Hal ini meningkatkan eksklusifitas produk yang dibuat, terutama karya penulis atau circle ternama, hanya pengunjung yang bergerak cepat atau beruntung saja yang bisa mendapatkannya sebelum terjual habis.

Dalam dekade ini, praktek menulis dan menciptakan karya dōjin terus berkembang secara signifikan, menarik ribuan seniman dan penggemar dengan minat yang sama. Perkembangan teknologi penerbitan pribadi juga turut mendorong laju pertumbuhan, di mana saat ini semakin mudah bagi pada creator dōjin untuk menulis, menggambar, mempromosikan, menerbitkan, dan mendistribusikan karyanya.

Persepsi Barat[sunting | sunting sumber]

Dalam budaya barat. dōjin sering dianggap menjadi bagian dari karya yang sudah ada, dalam kata lain, fiksi fan. Memang, banyak dōjin dibuat berdasarkan seri manga, anime atau video game populer. Namun, banyak juga dōjin dengan konten yang original. Penting diingat bahwa dari berbagai kategori dōjin yang ada, dōjinshi (同人誌?) adalah yang paling terkenal di luar Jepang, karena dōjinshi adalah budaya yang paling popular dan banyaknya jumlah produk dōjin.

Jenis[sunting | sunting sumber]

Dōjin di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Konvensi doujin di Indonesia telah dirintis melalui event Comifuro yang serupa dengan Comiket, diselenggarakan sebagai bagian dari acara Gelar Jepang oleh Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia. Acara ini diselenggarakan sejak 2012[2].


Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Doujinshi DB: database dōjinshi mengenai artis/circle/buku dan terjemahannya, yang di-update oleh pengguna.
  • [1]: Website resmi event Dōjin Comifuro di Indonesia.


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://translate.google.com/translate?u=http%3A%2F%2Fwww.m-create.com%2F&hl=en&ie=UTF-8&sl=ja&tl=en
  2. ^ [www.comifuro.net "release"] Check |url= scheme (help) (dalam bahasa Bahasa Indonesia). Diakses 2013-04-04.