Cymbarka dari Masovia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Cymbarka dalam sebuah potret kontemporer

Cymbarka (juga Cimburgis, Zimburgis atau Cimburga) dari Masovia (bahasa Polandia: Cymbarka mazowiecka) (1394 atau 1397 – 28 September 1429) pada bulan Januari 1412 menjadi istri kedua Habsburg Adipati Ernst der Eiserne Austria (sejak 1414 Adipati Agung) dan oleh karena itu ia merupakan Adipati Wanita Agung Austria Dalam di Stiria, Kärnten dan Carniola.

Cymbarka dilahirkan di Warsawa, Wilayah Adipati Masovia, ia adalah putri Siemowit IV dari Masovia Wangsa Piast dan istrinya Aleksandra dari Lituania, putri Adipati Agung Algirdas, keturunan wangsa Gediminaičiai, dan saudari Władysław II Jagiełło, Raja Polandia.

Meskipun pertunangan kakandanya Wilhelm dengan puteri Polandia Jadwiga telah gagal memalukan, Ernst setelah kematian istri pertamanya Margaret dari Pomerania pergi ke Kraków untuk merayu Cymbarka. Meskipun tidak disetujui oleh keluarga Habsburg, pernikahan tersebut bahagia. Sebagai ibu Kaisar terakhir Friedrich III, Cymbarka, setelah Gertrud dari Hohenburg, menjadi leluhur perempuan kedua dari seluruh keturunan Habsburg kemudian, sebagai satu-satunya keturunan laki-laki dari cabang keluarga yang selamat. Meskipun kontroversial, telah dituntut (sejak setidaknya oleh Robert Burton pada tahun 1621[1]) bahwa ia memiliki bibir bawah yang menonjol (prognatisme) kedalam keluarga, sifat fisik tertentu dari sebagian besar anggota keluarga selama beberapa generasi sampai abad ke-18.[2] Hal ini bahkan dapat dikenali dari beberapa keturunan jauhnya sampai dihari ini (meskipun tidak nyata) sebagai Alfonso XIII dari Spanyol. Namun patung Cymbarka di gereja Innsbruck Hofkirche tidak menunjukkan fitur ini.[3] Akan tetapi, kakek buyut suaminya Albrecht I, Adipati Austria ditunjukkan di dalam sebuah potret dengannya.[4]

Tradisi mengatakan bahwa ia juga terkenal akan kekuatannya yang luar biasa, misalnya, ia memaku dinding dengan tangannya dan meremukkan kulit kacang di antara jari-jarinya.[5] Kekuatan itu juga diwariskan oleh salah satu keturunannya, August II der Starke, yang diduga menghancurkan tapal kuda yang dikepalkan dengan rapi. Cymbarka hidup lebih lama dari suaminya dan meninggal di Türnitz yang sekarang Austria Hilir. Ia dimakamkan di Biara Lilienfeld.

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]