Eleanor dari Portugal, Maharani Romawi Suci

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Eleanor dari Portugal
Eleanor dari Portugal, dilukis kemungkinan oleh Hans Burgkmair yang Lebih Tua
Eleanor dari Portugal, dilukis kemungkinan oleh Hans Burgkmair yang Lebih Tua
Permaisuri Jerman
Memerintah sebagai pasangan 1452–1467
Permaisuri Austria
Tenure 1452–1467
Permaisuri Romawi Suci
Tenure 1452–1467
Pasangan Frederick III, Kaisar Romawi Suci
Anak
Maximilian I, Kaisar Romawi Suci
Kunigunde von Österreich
Wangsa Wangsa Habsburg (oleh pernikahan)
Wangsa Aviz (oleh kelahiran)
Ayah Edward dari Portugal
Ibu Eleanor dari Aragon
Lahir 18 September 1434

Portugal

Meninggal 3 September 1467 (usia 32)

Austria

Eleanor dari Portugal (18 September 1434 – 3 September 1467) merupakan seorang Permaisuri Kekaisaran Romawi Suci.

Ia berasal dari Portugal infanta seorang (puteri), putri Raja Edward dari Portugal dan istrinya Leonor dari Aragon. Ia adalah permaisuri Kaisar Romawi Suci, Frederick III, dan ibu Kaisar Maximilian I.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Eleanor dilahirkan di Torres Vedras pada tanggal 18 September 1434, salah satu dari sembilan anak Raja Edward dari Portugal dan Eleanor dari Aragon. Ia merupakan putri tertua yang ketiga, namun kedua kakak perempuannya mati muda, membuat Eleanor menjadi putri tertua.

Ketika ayahnya Raja Edward wafat lima hari sebelum ulang tahunnya yang keempat, saudara Eleanor Afonso V menggantikannya sebagai raja dengan ibunya sebagai wali. Di bulan Maret berikutnya, ibunya melahirkan seorang putri yang lain, Joan, yang akan menjadi istri Henry IV dari Kastilia yang terkenal.

Pada tahun 1440, ibu Eleanor dipaksa pergi kepengasingan ke Kastilia setelah kehilangan litigasi dengan saudara iparnya, Infante Peter, Adipati Coimbra, untuk perwalian raja muda Afonso. Ia meninggalkan Eleanor karena ia sakit pada saat itu.

Pernikahan dan keturunan[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 16 Maret 1452 di Roma, ia menikah dengan Raja Jerman Frederick III, dan keduanya dimahkotai sebagai Kaisar dan Maharani Romawi Suci tiga hari kemudian, pada tanggal 19 Maret 1452 oleh Paus Nikolas V di Basilika Santo Petrus. Mas kawinnya digunakan oleh suaminya untuk mengatasi problem keuangannya dan mengokohkan kekuasaannya. Frederick III merupakan Kaisar Romawi Suci yang terakhir yang dimahkotai di Roma.

Dengan Frederick III ia memiliki 5 orang anak:

Dari Permaisuri Eleanorlah bahwa keturunan Portugis Charles V, Kaisar Romawi Suci, berasal.

Eleanor wafat di Wiener Neustadt pada tanggal 3 September 1467, dan dimakamkan di Neukloster, biara Sistersian di kota yang sama dimana pusaranya masih ada sampai sekarang.

Maharani[sunting | sunting sumber]

Eneias Silvio Piccolomini (calon Paus Pius II merayakan pernikahan Frederick III dan Leonor.

Pernikahan itu sepertinya disarankan oleh Isabella dari Portugal, istri adipati Burgundia. Pengaturan tersebut dibuat oleh paman Eleanor, raja Napoli yang pada tahun 1448, mengirimkan artis-artis dari istananya untuk melukis Eleanor. Eleanor juga disarankan untuk menikah dengan raja Perancis, namun konon, bahwa ia sendiri memilih untuk menikah dengan Frederick, karena hal tersebut akan memberinya gelar maharani daripada ratu. Negosiasi praktis dibuat di Napoli dan diselesaikan pada tahun 1451. Selama perjalanan laut, armada yang mengawal Eleanor ke Italia disiksa oleh bajak laut dan badai, dan rumor mengatakan bahwa ia hilang di laut. Eleanor dan Frederick bertemu di Sienna : Frederick pucat ketika ia melihatnya, gembira namun juga khawatir ia akan menemui kesulitan ketika melahirkan karena penampilannya yang rapuh. Pernikahan itu dilangsungkan di Roma. Setelah koronasinya, ia juga diberikan nama Helena, namun ia tidak pernah menggunakan nama tersebut. Perayaan tersebut dipandu oleh pamannya, raja Napoli.

Eleanor dan Frederick tidak memiliki hobi yang sama, dan ketertarikannya akan dansa, judi dan berburu tidak dibagi dengan Frederick, dan hubungan mereka terpengaruh oleh perbedaan mereka. Frederick mengirim pulang rombongan Portugis Eleanor setelah pernikahan karena biaya, dan ia menderita sakit rindu akan kampung halamannya; Frederick juga menyalahkannya atas kematian beberapa anak mereka dengan membiarkan mereka memakan makanan Portugis dan kemudian mengambil alih pengasuhan sisa anak-anak mereka yang masih hidup. Selama periode penahanan di Wina, ketika rakyat terpaksa memakan tikus, kucing dan anjing, ia memberikan semangat kepada rakyat. Sejarah menyatakan bahwa Eleanor diambil dari istana yang bagus di Portugal ke gurun budaya di Wina karena arti sempit ekonomi pasangannya.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Sigrid-Maria Größing, AEIOU - Glück und Unglück im österreichischen Kaiserhaus, Verlag Amalthea, ISBN 978-3-85002-633-8
Eleanor dari Portugal, Maharani Romawi Suci
Cabang kadet Wangsa Burgundia
Lahir: 18 September 1434 Wafat: 3 September 1467
Jerman
Didahului oleh:
Elisabeth dari Bohemia
Ratu Jerman
1452–1467
Diteruskan oleh:
Bianca Maria Sforza
Permaisuri Adipati Agung Austria
1452–1467
Didahului oleh:
Cymburgis dari Masovia
Permaisuri Stiria,
Kärnten dan Carniola

1452–1467
Didahului oleh:
Barbara dari Celje
Permaisuri
Kekaisaran Romawi Suci

1452–1467