Wiener Neustadt

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Peta

Wiener Neustadt ialah sebuah kota di Austria Hilir, di selatan Wina dan di bantaran sungai Leitha. Sebagai ibukota distrik Wiener Neustadt, kota ini mendapatkan status kota tahun 1866.

Sebuah kastil didirikan di sini pada abad ke-12 bercorak Gothik. Makam Maximillian I (Kaisar Romawi Suci) terletak di dalamnya.

Pernah memiliki akademi militer kekaisaran (1752 - 1918), kota ini juga menjadi pusat industri dan perkeretaapian yang penting.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Didirikan oleh Leopold V Babenberg, adipati Austria, pada abad ke-12, untuk mempertahankan diri dari serangan Hongaria. Terletak di lokasi strategis, kota ini menjadi pusat perdagangan.

Terpilih sebagai tempat tinggal sejumlah bangsawan terkenal Dinasti Habsburg, kota ini mengalami pertumbuhan penduuk yang pesat. Meski kehilangan status sebagai tempat kediaman kerajaan, kota ini masih berfungsi sebagai benteng pertahanan terhaap bangsa Turki dan Kuruc.

Pada abad ke-19, kota ini menjadi bercorak industri, khususnya setelah pembukaan Österreichische Südbahn (Jalur KA Austria Selatan) pada tahun 1842.

Selama Perang Dunia II kota ini memiliki pabrik pesawat.

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]