Crossroads (film 2002)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Crossroads
Poster rilis bioskop
SutradaraTamra Davis
ProduserAnn Carli
Ditulis olehShonda Rhimes
Pemeran
Penata musikTrevor Jones
SinematograferEric Alan Edwards
PenyuntingMelissa Kent
Perusahaan
produksi
Distributor
Tanggal rilis
  • 15 Februari 2002 (2002-02-15)
Durasi94 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$10–12 juta[1][2]
Pendapatan
kotor
$61.1 juta[2]

Crossroads adalah film jalan drama remaja yang dirilis pada tahun 2002 dan disutradarai oleh Tamra Davis. Skenario film ini ditulis oleh Shonda Rhimes dan dibintangi oleh beberapa aktor terkenal, seperti Britney Spears, Anson Mount, Zoe Saldana, Taryn Manning, Kim Cattrall dan Dan Aykroyd. Berlatar belakang di negara bagian Georgia, Amerika Serikat, film ini mengisahkan tentang perjalanan tiga remaja perempuan yang berusaha menemukan jati diri dan persahabatan mereka.

Pengembangan ide film ini dimulai pada tahun 2001, setelah Spears mempresentasikan konsepnya dan kemudian dikembangkan oleh Rhimes. Proses syuting utama dimulai pada bulan Maret 2001 dan memakan waktu lebih dari enam bulan. Film ini diproduksi oleh MTV Films dan dirilis pada tanggal 15 Februari 2002 oleh Paramount Pictures di Amerika Utara. Crossroads mencatatkan kesuksesan besar di box office dengan pendapatan sebesar $61 juta di seluruh dunia, meskipun anggaran produksi hanya sebesar $12 juta. Walau demikian, film ini menerima ulasan yang umumnya kurang baik dari para kritikus.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tontonan rumah[sunting | sunting sumber]

Crossroads dirilis dalam bentuk VHS da DVD pada tanggal 23 Juli 2002. Film ini belum dirilis dalam versi Blu-ray atau tersedia di layanan streaming video.[4]

Daftar Pustaka[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama budget
  2. ^ a b "Crossroads". Box Office Mojo. 
  3. ^ "Crossroads, Cast, Crew, Director and Awards". Movies & TV Dept. The New York Times. 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 5, 2013. Diakses tanggal June 22, 2012. 
  4. ^ Polowy, Kevin (February 15, 2022). "'Crossroads' at 20: Director Tamra Davis on being blocked by Britney Spears's conservatorship and why film is impossible to find". Yahoo.com. Diakses tanggal February 18, 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]