Cerutu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Beberapa merek cerutu.
cerutu dan pemotongnya

Cerutu, serutu, atau sigar (dari bahasa Tamil சுருட்டு, suruṭṭu, yang berarti "gulungan") adalah gulungan utuh daun tembakau yang dikeringkan dan difermentasikan, yang – mirip dengan rokok – salah satu ujungnya dibakar dan asapnya dihisap oleh mulut melalui ujung lainnya. Tembakau untuk cerutu terutama dibudidayakan di negara-negara seperti Brasil, Kamerun, Kuba, Republik Dominika, Honduras, Indonesia, Meksiko, Nikaragua, dan Amerika Serikat dengan cerutu dari Kuba dianggap merupakan ikon untuk cerutu.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Explorer Christopher Columbus umumnya dikreditkan dengan memperkenalkan tembakau ke Eropa. Dua awak Columbus selama perjalanan 1492, Rodrigo de Jerez dan Luis de Torres, yang dikatakan telah ditemui tembakau untuk pertama kalinya di pulau San Salvador di Bahama, ketika pribumi yang disajikan dengan daun-daun kering yang tersebar aroma yang aneh. Tembakau tersebar secara luas di antara semua pulau-pulau di Karibia dan karena itu mereka lagi ditemui di Kuba, di mana Columbus dan anak buahnya telah menetap. [1]

Sekitar tahun 1592, di Spanyol Galleon San Clemente membawa 50 kilogram (110 lb) benih tembakau ke Filipina melalui Acapulco-rute perdagangan Manila. Benih itu kemudian didistribusikan di antara misi Katolik Roma, di mana ulama menemukan iklim dan tanah sangat baik untuk tanaman tembakau berkualitas tinggi di tanah Filipina.

Pada abad ke 19, merokok cerutu adalah biasa, sementara rokok sigaret masih relatif langka. Pada awal abad ke-20, Rudyard Kipling menulis puisi merokok terkenal, "The betrothed." Bisnis cerutu adalah industri yang penting, dan pabrik mempekerjakan banyak orang sebelum pembuatan cerutu secara mekanik menjadi praktis.

Dimulai pada 1860-an ketika Vicente Martinez Ybor Key West menggerakkan bisnis cerutu ke bagian Tampa yang kini dikenal sebagai Kota Ybor, membuka Principe de Gales (Prince of Wales) pabrik lama setelah saingan Flor de Sanchez & Haya membuka pabrik, daerah itu menjadi pusat utama untuk pembuatan cerutu. [2]

Di New York City, cerutu dibuat oleh rol bekerja di rumah mereka sendiri. Hal ini melaporkan bahwa hingga tahun 1883, cerutu sedang diproduksi di apartemen 127 rumah di Kota, mempekerjakan 1.962 keluarga dan 7.924 individu. Sebuah undang-undang negara yang melarang praktik, lulus akhir tahun itu atas desakan serikat buruh atas dasar bahwa praktik upah ditekan, diperintah inkonstitusional kurang dari 4 bulan kemudian. Industri, yang telah pindah ke Brooklyn dan tempat-tempat lain di Long Island sementara hukum yang berlaku, kemudian kembali ke Kota. [3]

Seperti tahun 1905, ada 80.000 operasi pembuatan cerutu di AS, sebagian besar dari mereka kecil, keluarga-toko dioperasikan di mana cerutu digulung dan dijual segera. [2]

Banyak cerutu modern, sebagai masalah prestise dan kualitas, masih digulung dengan tangan, paling terutama di Amerika Tengah dan Kuba dan juga di chinchales ditemukan di hampir semua kota yang cukup besar di Amerika Serikat. [2] Kotak-kotak cerutu linting tangan beruang totalmente kalimat yang mano (benar-benar dengan tangan) atau hecho a mano (dibuat dengan tangan).

Komposisi[sunting | sunting sumber]

Cerutu terdiri dari tiga jenis daun tembakau, variasi yang akan menentukan rasa merokok dan karakteristik:

Lapis pembungkus[sunting | sunting sumber]

Sebuah cerutu akan telihat dari balutan daun terluar atau pembungkus yang berasal dari bagian perkebunan yang luas dan penentuan atas pembungkus cerutu dapat menjelaskan karakter dan rasa termasuk dengan warnanya yang sering dipergunakan untuk menggambarkan cerutu secara keseluruhan. Penunjuk warna yang adalah sebagai berikut, dari terang ke gelap:

Warna Keterangan
Double Claro sangat ringan, agak kehijauan (juga disebut Candela, American Market Selection atau jade); dicapai dengan memetik daun sebelum jatuh tempo dan pengeringan cepat; sering ditanam di Connecticut.
Claro cokelat terang atau kekuningan yang menunjukkan naungan-tumbuh tembakau.
Colorado cokelat kemerahan (juga disebut Rosado atau "Corojo").
Colorado Claro agak kecokelatan, khususnya yang berkaitan dengan tembakau yang ditanam di Republik Dominika atau di Kuba.
Colorado Maduro cokelat tua; khususnya yang berkaitan dengan tumbuhan tembakau Honduras atau Kuba.
Natural cokelat muda sampai cokelat yang seperti umumnya tumbuh pada daerah yang kaya sinar matahari.
Maduro cokelat gelap yang sangat gelap.
Oscuro a.k.a. "Double Maduro", hitam, sering berminyak dalam penampilan; terutama tumbuh di Kuba, Nicaragua, Brasil, Mexico, dan Connecticut, Amerika Serikat.

Beberapa pabrik menggunakan alternatif penunjukan:

Designasi Akronim Keterangan
Pilihan pasar Amerika AMS sinonim dengan Double Claro
Pilihan pasar Inggris EMS dapat merujuk pada semua warna lebih kuat dari Double Claro tetapi tetap lebih ringan dibandingkan dengan Maduro
Pilihan pasar Spanyol SMS salah satu dari dua warna tergelap, Maduro dan Oscuro

Secara umum, pembungkus yang gelap menambahkan sentuhan cerutu, sedangkan bagi yang ringan menandakan tanda-tanda kekeringan ke rasa. Pada umumnya diterima bahwa pembungkus menyumbang sekitar 40 persen dari rasa, sementara isi dan penutup menyumbangkan 60 persen bagi cita-rasa[1] Hal ini umumnya diterima bahwa cerutu Maduro lebih kuat dalam hal rasa dibandingkan dengan cerutu yang sama dalam bungkus yang lebih ringan akan tetapi ini tidak berlaku untuk semua produk cerutu.

Penutup bungkus[sunting | sunting sumber]

Penutup bungkus atau binder adalah daun elastis digunakan untuk terus bersama pengisi tandan. Pada dasarnya, binder adalah pembungkus yang membalut lubang, kerusakan, perubahan warna atau pembuluh daun yang berkelebihan.

Ukuran dan bentuk[sunting | sunting sumber]

Cerutu biasanya dikategorikan berdasarkan ukuran dan bentuk cerutu yang secara bersama-sama dikenal sebagai vitola.Ukuran cerutu diukur oleh dua dimensi: berdasarkan cincin ukuran (diameter dalam enam puluh-perempat dalam satu inci) dan panjang (dalam inci).

Bahaya Cerutu[sunting | sunting sumber]

Cara penggunaan cerutu mirip dengan rokok yaitu sama-sama dibakar di salah satu ujungnya. Proses pembakaran ini dapat menghasilkan berbagai kumpulan senyawa berbahaya, salah satunya adalah TAR. TAR mengandung berbagai kumpulan senyawa hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada rambut halus (silia) di paru-paru. Rambut halus ini yang berperan dalam menyaring bakteri dan kuman serta menghambat racun untuk masuk ke dalam sistem pernapasan. Rambut pada paru-paru yang terbalut TAR tidak dapat menjalankan fungsinya. Bahaya TAR untuk tubuh cukup kompleks dan bahkan bisa dilihat langsung oleh mata telanjang, misalnya gigi para perokok yang biasanya lebih kuning. Hal ini disebabkan oleh partikel TAR yang menempel dengan kuat pada gigi. TAR juga mengandung karsinogen yaitu zat pemicu kanker. Karsinogen dapat merusak sel dan menimbulkan mutasi genetik pada sel dalam berbagai organ tubuh. Selain paru-paru, karsinogen dalam TAR dapat menyebabkan kanker mulut dan tenggorokan.[2]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Daun tembakau dipanen dan dituakan dengan menggunakan proses pengawetan yang menggabungkan panas dan keteduhan untuk mengurangi kadar gula dan air tanpa menyebabkan pembusukan pada daun yang lebih besar. Proses ini memakan waktu antara 25 dan 45 hari, tergantung pada kondisi iklim dan jenis gudang yang digunakan untuk menyimpan tembakau yang telah dipanen.[3][4]

Lembaran akan terus digulung, diperiksa, dibongkar, diperiksa ulang, dan digulung lagi selama siklus penuaan. Setelah matang sesuai dengan spesifikasi pabrik, produk ini disortir untuk penampilan dan kualitas keseluruhan dan digunakan sebagai pengisi atau pembungkus yang sesuai. Selama proses ini, daun terus dibasahi untuk mencegah kerusakan pada daun.

Cerutu berkualitas masih dibuat dengan tangan.[5] Seorang penggulung cerutu yang berpengalaman dapat menghasilkan ratusan cerutu yang bagus dan hampir sama setiap harinya. Rol menjaga kelembapan tembakau, terutama pembungkusnya, dan menggunakan pisau berbentuk bulan sabit yang dirancang khusus yang disebut chavettes untuk membentuk daun pengisi dan pembungkus dengan cepat dan akurat.[6]

Produsen dominan[sunting | sunting sumber]

Industri cerutu didominasi oleh dua perusahaan, Altadis dan Grup Tembakau Skandinavia.[7][8]

Altadis, sebuah perusahaan swasta milik Spanyol, memproduksi cerutu di Amerika Serikat, Republik Dominika, dan Honduras, serta memiliki 50 persen saham di Corporación Habanos S. A. perusahaan tembakau nasional Kuba milik negara. Ini juga digunakan untuk membuat rokok.[9] Grup Tembakau Skandinavia memproduksi cerutu di Republik Dominika, Honduras, Nikaragua, Indonesia, Belanda, Belgia, Denmark, dan Amerika Serikat; grup ini juga memproduksi tembakau pipa dan tembakau rajangan. Grup ini mencakup General Cigar Co.[10]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Frank, Michael,Taste and Flavor Diarsipkan 2010-02-08 di Wayback Machine.,Cigar 101, Cigar Aficionado Magazine
  2. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-08-27. Diakses tanggal 2019-03-14. 
  3. ^ "How Tobacco Leaves Are Harvested And Prepared For Cigar Making". www.streetdirectory.com. Diakses tanggal 2024-02-03. 
  4. ^ "Difference between Cigarettes and Cigar". www.differencebetween.info. Diakses tanggal 2024-02-03. 
  5. ^ "That's interesting! How cigars are made". www.adrianmagnus.com. Diakses tanggal 2024-02-03. 
  6. ^ "The Cigar". books.google.com. Diakses tanggal 2024-02-03. 
  7. ^ "Cigars - Worldwide". www.statista.com. Diakses tanggal 2024-02-03. 
  8. ^ "Insights on the Cigars Global Market to 2027 - Featuring Altadis, Habanos & John Middleton Among Others". www.businesswire.com. Diakses tanggal 2024-02-03. 
  9. ^ "IPCPR 2019: ALTADIS U.S.A." halfwheel.com. Diakses tanggal 2024-02-03. 
  10. ^ "Note on the Premium Cigar Industry". papers.ssrn.com. Diakses tanggal 2024-02-03. 


Pranala luar[sunting | sunting sumber]