Cerutu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Beberapa merek cerutu.
cerutu dan pemotongnya

Cerutu atau serutu (dari bahasa Tamil சுருட்டு, suruṭṭu, yang berarti "gulungan") adalah gulungan utuh daun tembakau yang dikeringkan dan difermentasikan, yang – mirip dengan rokok – salah satu ujungnya dibakar dan asapnya dihisap oleh mulut melalui ujung lainnya. Tembakau untuk cerutu terutama dibudidayakan di negara-negara seperti Brasil, Kamerun, Kuba, Republik Dominika, Honduras, Indonesia, Meksiko, Nikaragua, dan Amerika Serikat dengan cerutu dari Kuba dianggap merupakan ikon untuk cerutu.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Explorer Christopher Columbus umumnya dikreditkan dengan memperkenalkan tembakau ke Eropa. Dua awak Columbus selama perjalanan 1492, Rodrigo de Jerez dan Luis de Torres, yang dikatakan telah ditemui tembakau untuk pertama kalinya di pulau San Salvador di Bahama, ketika pribumi yang disajikan dengan daun-daun kering yang tersebar aroma yang aneh. Tembakau tersebar secara luas di antara semua pulau-pulau di Karibia dan karena itu mereka lagi ditemui di Kuba, di mana Columbus dan anak buahnya telah menetap. [1]

Sekitar tahun 1592, di Spanyol Galleon San Clemente membawa 50 kilogram (110 lb) benih tembakau ke Filipina melalui Acapulco-rute perdagangan Manila. Benih itu kemudian didistribusikan di antara misi Katolik Roma, di mana ulama menemukan iklim dan tanah sangat baik untuk tanaman tembakau berkualitas tinggi di tanah Filipina.

Pada abad ke 19, merokok cerutu adalah biasa, sementara rokok sigaret masih relatif langka. Pada awal abad ke-20, Rudyard Kipling menulis puisi merokok terkenal, "The betrothed." Bisnis cerutu adalah industri yang penting, dan pabrik mempekerjakan banyak orang sebelum pembuatan cerutu secara mekanik menjadi praktis.

Dimulai pada 1860-an ketika Vicente Martinez Ybor Key West menggerakkan bisnis cerutu ke bagian Tampa yang kini dikenal sebagai Kota Ybor, membuka Principe de Gales (Prince of Wales) pabrik lama setelah saingan Flor de Sanchez & Haya membuka pabrik, daerah itu menjadi pusat utama untuk pembuatan cerutu. [2]

Di New York City, cerutu dibuat oleh rol bekerja di rumah mereka sendiri. Hal ini melaporkan bahwa hingga tahun 1883, cerutu sedang diproduksi di apartemen 127 rumah di Kota, mempekerjakan 1.962 keluarga dan 7.924 individu. Sebuah undang-undang negara yang melarang praktik, lulus akhir tahun itu atas desakan serikat buruh atas dasar bahwa praktik upah ditekan, diperintah inkonstitusional kurang dari 4 bulan kemudian. Industri, yang telah pindah ke Brooklyn dan tempat-tempat lain di Long Island sementara hukum yang berlaku, kemudian kembali ke Kota. [3]

Seperti tahun 1905, ada 80.000 operasi pembuatan cerutu di AS, sebagian besar dari mereka kecil, keluarga-toko dioperasikan di mana cerutu digulung dan dijual segera. [2]

Banyak cerutu modern, sebagai masalah prestise dan kualitas, masih digulung dengan tangan, paling terutama di Amerika Tengah dan Kuba dan juga di chinchales ditemukan di hampir semua kota yang cukup besar di Amerika Serikat. [2] Kotak-kotak cerutu linting tangan beruang totalmente kalimat yang mano (benar-benar dengan tangan) atau hecho a mano (dibuat dengan tangan).

Komposisi[sunting | sunting sumber]

Cerutu terdiri dari tiga jenis daun tembakau, variasi yang akan menentukan rasa merokok dan karakteristik:

Lapis pembungkus[sunting | sunting sumber]

Sebuah cerutu akan telihat dari balutan daun terluar atau pembungkus yang berasal dari bagian perkebunan yang luas dan penentuan atas pembungkus cerutu dapat menjelaskan karakter dan rasa termasuk dengan warnanya yang sering dipergunakan untuk menggambarkan cerutu secara keseluruhan. Penunjuk warna yang adalah sebagai berikut, dari terang ke gelap:

Warna Keterangan
Double Claro sangat ringan, agak kehijauan (juga disebut Candela, American Market Selection atau jade); dicapai dengan memetik daun sebelum jatuh tempo dan pengeringan cepat; sering ditanam di Connecticut.
Claro cokelat terang atau kekuningan yang menunjukkan naungan-tumbuh tembakau.
Colorado coklat kemerahan (juga disebut Rosado atau "Corojo").
Colorado Claro agak kecokelat, khususnya yang berkaitan dengan tembakau yang ditanam di Republik Dominika atau di Kuba.
Colorado Maduro coklat tua; khususnya yang berkaitan dengan tumbuhan tembakau Honduras atau Kuba.
Natural cokelat muda sampai cokelat yang seperti umumnya tumbuh pada daerah yang kaya sinar matahari.
Maduro cokelat gelap yang sangat gelap.
Oscuro a.k.a. "Double Maduro", hitam, sering berminyak dalam penampilan; terutama tumbuh di Kuba, Nicaragua, Brazil, Mexico, dan Connecticut, Amerika Serikat.

Beberapa pabrik menggunakan alternatif penunjukan:

Designasi Akronim Keterangan
Pilihan pasar Amerika AMS sinonim dengan Double Claro
Pilihan pasar Inggris EMS dapat merujuk pada semua warna lebih kuat dari Double Claro tetapi tetap lebih ringan dibandingkan dengan Maduro
Pilihan pasar Spanyol SMS salah satu dari dua warna tergelap, Maduro dan Oscuro

Secara umum, pembungkus yang gelap menambahkan sentuhan cerutu, sedangkan bagi yang ringan menandakan tanda-tanda kekeringan ke rasa. Pada umumnya diterima bahwa pembungkus menyumbang sekitar 40 persen dari rasa, sementara isi dan penutup menyumbangkan 60 persen bagi cita-rasa [1]Hal ini umumnya diterima bahwa cerutu Maduro lebih kuat dalam hal rasa dibandingkan dengan cerutu yang sama dalam bungkus yang lebih ringan akan tetapi ini tidak berlaku untuk semua produk cerutu.

Penutup bungkus[sunting | sunting sumber]

Penutup bungkus atau binder adalah daun elastis digunakan untuk terus bersama pengisi tandan. Pada dasarnya, binder adalah pembungkus yang membalut lubang, kerusakan, perubahan warna atau pembuluh daun yang berkelebihan.

Ukuran dan bentuk[sunting | sunting sumber]

Cerutu biasanya dikategorikan berdasarkan ukuran dan bentuk cerutu yang secara bersama-sama dikenal sebagai vitola.

Ukuran cerutu diukur oleh dua dimensi: berdasarkan cincin ukuran (diameter dalam enam puluh-perempat dalam satu inci) dan panjang (dalam inci).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Frank, Michael,Taste and Flavor,Cigar 101, Cigar Aficionado Magazine

Pranala luar[sunting | sunting sumber]