Bus kecil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Bus mini)
Bus kecil Hino Poncho bermesin depan
Cacciamali Urby (dibuat berdasarkan sasis Iveco Daily) yang beroperasi di Zagreb, Kroasia
Bus kecil rumah sakit Toyota Coaster di Hong Kong
Bus kecil Isuzu Elf 77 PS berwarna hijau sedang beroperasi di Surabaya
Salah satu bus kecil di Jawa Tengah

Bus kecil (atau lebih dikenal dengan bus mikro, Inggris: minibus) adalah kendaraan bermotor yang mengangkut penumpang yang didesain untuk membawa penumpang lebih banyak dari sekadar mobil minivan tetapi masih lebih sedikit daripada bus sedang dan bus besar. Bus sedang memiliki kapasitas tempat duduk antara 25 sampai 30 kursi. Bus kecil yang berukuran lebih besar biasa disebut bus sedang. Bus kecil mayoritas bermesin depan.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Bus kecil digunakan untuk berbagai macam keperluan. Dalam perannya sebagai transportasi publik, bus-bus ini dapat digunakan sebagai rute bus transit, bus bandara, atau taksi besar. Pemakaian pribadi bus kecil biasanya dipakai sebagai transportasi orang penting, bus charter, dan bus untuk tur perjalanan. Sekolah, klub olahraga, grup-grup komunitas tertentu biasanya juga menggunakan bus kecil sebagai transportasi pribadi mereka.

Di Indonesia, bus kecil digunakan sebagai angkutan mobil penumpang umum.

Tipe[sunting | sunting sumber]

Dilihat dari ukurannya, bus mikro adalah bus kecil yang panjangnya kurang dari 8 meter (26 ftin) long. Bus sedang adalah bus kecil yang lebih besar dari bus mikro tetapi lebih kecil dari bus besar.

Referensi[sunting | sunting sumber]