Buku panduan Michelin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Panduan Michelin edisi New York City 2006

Buku panduan Michelin (Le Guide Michelin, bahasa Inggris: Michelin Guide) adalah seri buku panduan yang diterbitkan setahun sekali dalam berbagai edisi oleh Michelin. Bila hanya disebut "Michelin Guide", maka yang dimaksudkan adalah buku peringkat hotel dan restoran bersampul merah yang disebut Michelin Red Guide. Buku tersebut merupakan buku tertua mengenai peringkat hotel dan restoran di Eropa yang terus terbit hingga sekarang. Restoran dan hotel yang masuk ke dalam daftar tersebut diberi peringkat Bintang Michelin.

Selain buku panduan hotel dan restoran yang bersampul merah, Michelin juga menerbitkan buku panduan perjalanan dan wisata yang bersampul hijau (Green Guide), dan sejumlah terbitan yang lebih baru, seperti Guide Voyageur Pratique (tips perjalanan), Guide Gourmand (tempat makan ekonomis), Guide Escapade (liburan singkat), dan Guide Coup de Cœur (hotel menurut ciri khas).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1900, André Michelin menerbitkan buku panduan edisi pertama. Buku panduan tersebut dimaksudkan untuk dibaca penggemar otomotif di Perancis. Isinya mengenai cara pemeliharaan mobil, cara menemukan penginapan yang pantas, dan rumah makan yang menyajikan makanan enak setelah lelah berkendara. Buku tersebut juga tidak lupa mencantumkan alamat pompa bensin, bengkel, toko ban, dan WC umum.

Buku panduan dibagi-bagikan secara gratis hingga tahun 1920. Menurut kakak beradik Michelin, buku panduan tersebut mulai dijadikan barang dagangan setelah mereka melihat buku panduan tersebut cuma menumpuk di bengkel. Pembeli rupanya tidak mau memanfaatkan, dan menganggap remeh buku panduan yang dibagi-bagikan gratis. Pada tahun 1926, buku panduan Michelin mulai mencantumkan gambar bintang untuk rumah makan yang menyediakan makanan enak. Sistem bintang dua dan bintang tiga ditambahkan pada awal tahun 1930. Sampul buku panduan mulanya berwarna biru, tapi sejak tahun 1931 diganti menjadi berwarna merah.

Sejalan dengan makin populernya kegiatan otomotif, buku panduan Michelin mulai mengembangkan sistem bintang. Selain edisi Perancis, Michelin juga mulai menerbitkan buku panduan edisi negara-negara lain. Sejak pertama kali terbit, buku panduan edisi Perancis sudah terjual lebih dari 30 juta eksemplar. Buku merah Michelin untuk Eropa terdiri dari 12 edisi, Perancis, Austria, Belanda, Belgia, Luxemburg, Italia, Jerman, Spanyol, Portugal, Swiss, Britania Raya dan Irlandia, serta edisi "kota utama di Eropa". Semuanya mendaftar lebih dari 45 ribu hotel dan rumah makan di Eropa. Selain negara-negara di Eropa, Michelin juga menerbitkan buku panduan Michelin edisi New York City (sejak 2005), San Francisco (sejak 2006), Tokyo, Los Angeles, dan Las Vegas, Nevada (sejak 2007).

Bacaan selanjutnya[sunting | sunting sumber]

  • Trois étoiles au Michelin: Une histoire de la haute gastronomie française et européenne, by Jean-François Mesplède and Alain Ducasse, ISBN 2-7000-2468-0. Follows the 60-odd chefs who have been awarded three stars.
  • The Perfectionist: Life and Death in Haute Cuisine, by Rudolph Chelminski, ISBN 1-59240-107-4. The story of Bernard Loiseau.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]