Bambang Santoso

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bambang Santoso
Anggota DPD RI dari Bali
Masa jabatan
1 Oktober 2019 – 1 Oktober 2024
PresidenJoko Widodo
Ketua UmumLa Nyalla Mattalitti
Wakil Ketua III Badan Akuntabilitas Publik DPD-RI
Masa jabatan
2023–2024
KetuaTamsil Linrung
Informasi pribadi
Lahir1 Desember 1969 (umur 54)
Jepara, Indonesia
Partai politikIndependen (politikus)
Suami/istriRusmalina
Anak4
Alma mater
Pekerjaan
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

H. Bambang Santoso, S.Pd.I, M.A atau yang disapa Haji Bambang Santoso (lahir 1 Desember 1969) adalah Senator Republik Indonesia, tokoh masyarakat muslim Bali dan juga pengusaha yang telah lama berkecimpung dalam berbagai organisasi dan lembaga non pemerintah dari tingkat regional hingga nasional. H. Bambang Santoso dinobatkan sebagai wakil muslim pertama dalam sejarah yang duduk di kursi Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia DPD-RI mewakili Provinsi Bali periode 2019-2024.[1][2] Kemenangannya diharapkan membawa angin segar toleransi dan mengangkat pulau Bali sebagai contoh pulau kebhinekaan di Indonesia.

Bambang Santoso adalah ketua umum Dewan Masjid Indonesia DMI provinsi Bali[2][3] dan juga anggota dewan pertimbangan Majelis Ulama Indonesia MUI provinsi Bali.[4]

Setelah terpilih dan dilantik sebagai anggota DPD-RI dan MPR-RI di gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, 1 Oktober 2019 lalu, Bambang Santoso berikrar dan bertanda tangan bahwa selama ia menjabat akan menghibahkan 100% gaji pokoknya kepada salah satu lembaga independen di Provinsi Bali agar disalurkan dan dirasakan masyarakat kemanfaatannya lebih luas.[5][6]

Riwayat[sunting | sunting sumber]

Profil Pribadi[sunting | sunting sumber]

Bambang Santoso adalah putra bungsu dari keluarga yang sangat sederhana. Ia merantau ke Bali dan merintis usahanya dari nol bersama istrinya yang berasal dari Klungkung Bali.

Tak heran dengan figur sederhananya jika kesehariannya hingga saat ini Bambang Santoso dapat ditemui dengan mudah tanpa ada sekat dimana saja, baik di rumah maupun di tempat ibadah. Tak hanya sederhana, Bambang Santoso selalu bersikap aktif, ramah, dan netral. Merangkul setiap masyarakat tanpa ada sekat suku, ras, pemahaman maupun ormas.

Ia juga dikenal sebagai ketua takmir Masjid Baitul Makmur Denpasar Bali, masjid termakmur dan teramai jamaah salat subuhnya di Indonesia.[7][8]

Bambang Santoso bersama JK dan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo
Bambang Santoso Bersama Jusuf Kalla dan Istri JK , Mufidah Jusuf Kalla pada Acara Ulang Tahun JK di Kediamannya (2013)

Selain itu Bambang Santoso juga dikenal akrab dengan Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla, ia sering menjumpai Jusuf Kalla baik di rumahnya maupun di istana wakil presiden untuk membahas tentang sosial, problematika dalam masyarakat dan masjid.

Sejak Bambang Santoso terpilih dan dilantik sebagai Anggota DPD-RI/MPR-RI Oktober 2019 silam hingga 2022 akhir, Bambang Santoso telah menyalurkan dana kegiatan sebesar 5,1 milyar rupiah kepada masyakarat/konstituen sebagai hibah atau bantuan sosial untuk kebutuhan masyarakat tanpa memandang suku, ras, agama maupun ormas. Pada dasarnya Anggota DPD-RI tidak memiliki dana hibah/sosial.

Kiprah di Masyarakat[sunting | sunting sumber]

Sebelum direkomendasikan oleh MUI Provinsi Bali sebagai calon anggota DPD-RI mewakili umat Bali 2018 silam, Bambang Santoso sudah lebih dulu berkhidmat, berjibaku kepada rakyat Bali dan terus semangat melanjutkan pengabdian tersebut pada masyarakat setelah dinyatakan terpilih menjadi Anggota DPD-RI/MPR-RI yang di antaranya:

Delegasi Perdamaian Bali (2012)

Ia pernah menjadi delegasi dari Bali mewakili umat Islam asal Bali saat terjadi keriuhan dan bentrokan antar warga Balinuraga (warga Bali asli) dan warga desa Agong, Lampung Selatan yang sempat viral 2012 akhir silam.[9]

Penyejuk Suasana (2017)

Ia dengan sigap ikut menentramkan emosi warga Bali sekaligus penyejuk saat insiden Nyepi di Bali ketika baku hantam antar oknum masyarakat dan pecalang setempat 2017 silam. Tampak seperti insiden kecil, sementara berita tersebut tersebar ke seantero Indonesia dan berpotensi memicu emosi antar umat beragama.[10]

Media Penyambung Lidah (2017)

Ia juga ikut andil sebagai media penyambung lidah dan silaturahim antara para tokoh muslim dan jajaran perwakilan POLDA di Bali saat insiden persekusi da'i kondang Abdul Somad (UAS) yang membuat ramai sosial media, media elektronik dan cetak di Indonesia yang bahkan berpotensi ricuh antar umat beragama akhir 2017 silam.[11][12]

Delegasi Muhibbah Da'i Serumpun dan Pelopor Gerakan Islam Moderat (2018)

Kunjungan ke 5 negara di ASEAN guna membangun silaturahmi dan menyerukan gerakan Islam Wasathy/Islam Moderat yang menolak keras paham radikal dan ekstrimisme.[13]

Penyedia Komunikasi (2018)

Ia ikut ambil andil sebagai penyedia komunikasi sekaligus bekerjasama bersama POLDA Bali dalam meningkatkan KAMTIBNAS 2018 lalu.[14]

Menggadaikan Sertifikat Tanah dan Rumah (2016)

Ia pernah menggadaikan sertifikat tanah dan rumahnya kepada pihak bank untuk membebaskan lahan pemakaman Dusun Wanasari/Kampung Jawa di Denpasar 2016 silam.

Wakif (Pemberi Wakaf) Tanah Pemakaman di Kampung Jawa Wanasari, Denpasar (2021)

Ia menjadi wakif tanah seluas 11,75 are senilai 6,5 Milyar Rupiah sebagai bentuk perluasan pemakaman di Kampung Jawa Wanasari, Denpasar yang kian tahun semakin sesak karena keterbatasan lahan pemakaman.

Advokasi Pendirian Kantor Pengadilan Tinggi Agama (PTA) di Provinsi Bali (2023)

Ia turut menjembatani usaha pendirian kantor PTA di Bali yang dimana selama ini memberatkan masyarakat karena harus merujuk ke kantor PTA di Provinsi Jawa Timur atau Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Pemberian Bantuan 3 Unit Mobil Ambulan (2020-2023)

Ia andil dalam kesuksesan pengupayaan pemberian 3 unit mobil ambulan melalui kemitraan BUMN yang tersebar di tiga kabupaten yaitu Kab. Tabanan, Kab. Buleleng, dan Kab. Karangasem sebagai bentuk semangat sosial dan kemanusiaan di Bali.[15][16]

Kunci Pemersatu antar Umat Beragama

Ia turut andil memberikan ruang diskusi dan advokasi terhadap semua umat beragama dimana salah satu diantaranya ialah Jemaat Kristiani di Provinsi Bali. Ia menyampaikan bahwa semua umat, "Duduk Sama Rendah, Berdiri Sama Tinggi" karena setiap orang memiliki hak yang sama sebagai Warga Negara Indonesia. Ia pun menerima apresiasi positif oleh Komunitas Gereja di Bali.[17]

Kunci Keberhasilan Setiap Problem (2016 - 2023)

  • Advokasi hak atas tanah rumah ibadah (Al-Hasanah Canggu, Al-Falah Sidakarya, dll), Gereja, dan Pura di Canggu.
  • Ia pernah bersama Kakanwil ATR/BPN Prov. Bali mengunjungi dan menyelesaikan probematika tanah warga kampung Bukit Tabuan di pedalaman Karangasem, Bali (2018).
  • Ia pernah menyelesaikan tanah wakaf seluas 3.5 hektar di Kec. Melaya, Kab. Jembrana Bali (2017).
  • Ia adalah kunci dalam pengupayaan kepastian legalitas tanah pemukiman di desa Pebuahan. Kab. Jembrana sebanyak 274 sertifikat yang terdampak abrasi (2019).
  • Ia kunci keberhasilan dalam upaya legalitas tanah sekolah TK. ABA. di Kampung Lebah, Klungkung (2018).
  • Relokasi dan pembelaan terhadap 36 KK masyarakat yang terbentur oleh hukum di Kampung Bugis, Serangan, Denpasar sehingga mereka mendapatkan haknya masing-masing berupa tempat tinggal yang sah.
  • Advokasi tukar guling/ruislag atas tanah wakaf Desa Kampung Gelgel (2022).
  • Advokasi hak atas tanah warga Sumber Kima, Buleleng seluas 1,7 hektar.
  • Advokasi hak atas tanah warga Sumber Klampok , Buleleng seluas 359.8 hektar.
  • Advokasi pengadaan parkir rumah ibadah Al Muhajirin, Kintamani kepada Kementerian Lingkungan Hidup.
  • Advokasi sertifikat tanah wakaf di berbagai kabupaten yang tersebar di seluruh Provinsi Bali.
  • Advokasi sertifikat hak atas tanah rumah ibadah dan warga di Gilimanuk, Jembrana.
  • Advokasi pelaku usaha kecil, pedagang, hingga masyarakat bawah.

Aktif Bersinergi dengan Para Pejabat Negara

Bambang Santoso Bersama Wapres JK, Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, Menteri KOMINFO Rudiantara dan para tokoh dan pejabat lainnya.

Ia aktif bertemu tatap muka dan diskusi terkait persoalan yang dihadapi masyarakat Indonesia khususnya masyarakat uslim.

Bantuan Sosial[sunting | sunting sumber]

  • Bantuan APD selama pandemi Covid-19 yang disalurkan ke setiap beberapa wilayah di Bali.[18]
  • Penyaluran disinfektan ke rumah-rumah ibadah yang tersebar di wilayah Bali.[19]
  • Bantuan hewan kurban secara bergantian di setiap desa yang tersebar di wilayah Bali setiap tahun.
  • Penyaluran beras sebanyak 40 ton yang disalurkan ke lembaga MUI, NU, Muhammadiyah, dan DMI. masing-masing lembaga menerima 10 ton. Ini merupakan hasil kemitraan BUMN pusat (2019).
  • Bantuan materi dan logistik di setiap daerah[20] dan daerah yang tertimpa bencana alam di Bali.[21]
  • Bantuan sosial/hibah total sebesar 5,1 Milyar Rupiah kepada masyarakat/konstituen yang tersebar di ratusan titik wilayah Provinsi Bali sejak akhir Oktober 2019 hingga akhir 2022 melalui dana kegiatan.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Jabatan[sunting | sunting sumber]

Di tengah kesibukannya sebagai seorang pengusaha, profil Bambang Santoso juga dikenal aktif di organisasi, lembaga dan yayasan. Diantaranya Majelis Ulama Indonesia, Dewan Masjid Indonesia dan beberapa yayasan masjid di Bali.

Aktivitas Bambang Santoso di beberapa lembaga, organisasi dan yayasan:

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

  • Top Senator Award (2023)

Bambang Santoso terpilih menjadi salah satu dari dua Top Senator atau senator terbaik dari lingkungan lembaga DPD-RI dalam kategori Personal Branding. Kedua senator terpilih tersebut ialah H. Bambang Santoso, S.Pd.I., M.A., Senator Provinsi Bali dan Yorrys Raweyai, Senator Provinsi Papua.[28][29]

Penghargaan Top Legislator Award & Top Senator Award 2023 for Personal Branding diberikan kepada Anggota DPR RI dan DPD RI yang telah berhasil lolos penilaian serta memenuhi 3 (tiga) kriteria penilaian akhir, yaitu:

1. Anggota Dewan memiliki dominasi pemberitaan positif di 5 halaman mesin pencari berita pertama dengan angka dominasi pemberitaan positif minimal 80 persen, serta tidak dalam kasus permasalahan korupsi, baik dalam status pemeriksaaan maupun status tersangka.

2. Anggota Dewan berhasil mencapai minimum Total Final Skor yang telah ditetapkan, sebagai berikut: Anggota DPR RI meraih Total Final Skor minimal 70 poin atau lebih, serta masuk ke dalam TOP 100 Legislator Award 2023; Anggota DPR RI berada pada posisi TOP 3 di suatu kategori Dapil.

3.Anggota DPD RI berada pada posisi peringkat pertama di suatu provinsi.[30]

Kunjungan Internasional[sunting | sunting sumber]

Delegasi Muhibbah Dai Serumpun 5 Negara 2018. (Menteri PANRB Syafruddin bersama Bambang Santoso, K.H Cholil Nafis, Marissa Haque, K.H Muh. Agus, K.H Ahmad Zubaidi dan Menik Haryani)
  • Muhibbah Dai Serumpun (2018) yang diketuai oleh K.H Cholil Nafis, Ph.D bersama rombongan delegasi lainnya yaitu H. Bambang Santoso (Wakil Ketua MUI Bali), KH. Drs. Ahmad Zubaidi, MA (Sekertaris Komisi Dakwah Dan Pengembangan Masyarakat MUI Pusat),KH. Muhammad Agus Ghofurur Rochim (Wakil Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI Pusat), KH. Burhanuddin (Komisi Hubungan Luar Negeri MUI Pusat). Ikut juga Marissa Grace Haque (Masyarakat Ekonomi Syariah/Indonesia Banking School-Media Partner Komisi Dakwah Dan Pengembangan Masyarakat MUI Pusat), dan Menik Haryani (Selaras Global Amanah - Media Partner Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI Pusat) melakukan kunjungan ke 5 negara guna membangun tali silaturahmi,[31][32] membentuk kerjasama ikatan da'i serumpun antar negara dan mempelopori gerakan Islam Wasathy (Islam Moderat[33]) agar menjadi pemahaman dominan di dunia khususnya di negara-negara ASEAN.[34][35] Kunjungan ke 5 negara tersebut adalah: Malaysia, Kamboja, Thailand, Vietnam, dan Singapura
Kunjungan Muhibbah Da'i Serumpun di Thailand (Bambang Santoso bersama Dubes Indonesia untuk Thailand, K.H Cholil Nafis, Marissa Haque dan para delegasi lainnya)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pertama Dalam Sejarah, H Bambang Santoso Wakil Umat Islam di Bali Lolos Empat Besar Di DPD RI". D News Radio. 2019-05-07. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-07-24. Diakses tanggal 2019-07-08. 
  2. ^ a b c "Bambang Santoso Jabat Kembali Ketua DMI Bali, Gubernur Ingatkan Soal Kebersamaan". Tribun Bali. Diakses tanggal 2021-05-15. 
  3. ^ Indonesia, Dewan Masjid (2017-10-10). "PP DMI-DMI Bali Luncurkan Aksi Kemanusiaan "Gunung Agung" Bali". Dewan Masjid Indonesia (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-10-27. Diakses tanggal 2019-07-07. 
  4. ^ "Hasil Musda XI, Begini Susunan Pengurus Baru MUI Provinsi Bali Periode 2020-2025 | aswajadewata" (dalam bahasa Inggris). 2020-12-13. Diakses tanggal 2021-05-15. [pranala nonaktif permanen]
  5. ^ "Jepara Punya Bambang Santoso: Dai yang Memberdayakan Masjid untuk Kesejahteraan Masyarakat Bali". Local Heroes Network. 2020-06-24. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-05-15. Diakses tanggal 2021-05-15. 
  6. ^ "Pesan Bambang Santoso Usai Dilantik Anggota DPD-RI Dapil Bali". Era Madani. 2019-10-02. Diakses tanggal 2021-05-15. 
  7. ^ "Jamaah Salat Subuh Terbanyak di Indonesia". 
  8. ^ "Ketua Takmir Masjid dengan Jamaah Subuh Terbanyak di Indonesia". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-07-18. 
  9. ^ Semeton Bali (2019-04-09), Haji Bambang Santoso Kunjungi Kampung Bali #bali #hajibambang #tokohmuslim, diakses tanggal 2019-07-07 
  10. ^ "Insiden Kecil Warnai Nyepi di Bali". Republika Online. 2017-03-28. Diakses tanggal 2019-07-07. 
  11. ^ redaksi@beritabali.com. "Kasus Ustadz Abdul Somad, Wakapolda Bali Tatap Muka dengan Tokoh Muslim | Beritabali.com". Beritabali.com - Informasi Terkini dari Bali (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-07-07. Diakses tanggal 2019-07-07. 
  12. ^ "Jalin Silaturahmi Waka Polda Bali Laksanakan Giat Tatap Muka Dengan Tokoh Agama Muslim | Polda Bali". www.bali.polri.go.id. Diakses tanggal 2019-07-07. 
  13. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-07-12. Diakses tanggal 2019-07-12. 
  14. ^ Semeton Bali (2019-04-09), Sarasehan Wakapolda Bali dan Haji Bambang Santoso DMI Bali #hajibambang #dpdbali, diakses tanggal 2019-07-07 
  15. ^ admin (2019-12-18). "Senator DPD Bali Prakarsai Donasi Mobil Ambulance". Era Madani. Diakses tanggal 2024-01-03. 
  16. ^ admin (2019-12-27). "Resmikan Yayasan Rumah Aspirasi Ummat, Ini Pesan Bambang Santoso". Era Madani. Diakses tanggal 2024-01-03. 
  17. ^ Senator Bali H. Bambang Santoso Panen Pujian dari Komunitas Gereja di Bali, diakses tanggal 2024-01-03 
  18. ^ https://bali.kemenag.go.id/gianyar/berita/14660/saling-bantu-agar-pandemi-covid-19-cepat-berakhir-melalui-gerakan-masjid-bersih[pranala nonaktif permanen]
  19. ^ https://rri.co.id/singaraja/daerah/824359/dmi-bali-salurkan-bantuan-bahan-gerakan-masjid-bersih
  20. ^ Agency, ANTARA News. "Anggota DPD Bambang Santoso dukung perluasan TPQ Al-Hidayah Gatsu-Denpasar". ANTARA News Bali. Diakses tanggal 2022-12-30. 
  21. ^ admin (2018-07-11). "Ust Adi Hidayat Bantu Korban Erupsi Gunung Agung". Era Madani. Diakses tanggal 2022-12-30. 
  22. ^ "Wisuda Institut STIAMI, Pesan Wamenaker untuk Wisudawan: Lengkapi dengan Kompetensi Digital". Wartakotalive.com. Diakses tanggal 2022-12-30. 
  23. ^ "Ketua DMI Bali Apresiasi Program Tata Kelola Manajemen Masjid Profesional". Tribun Bali. Diakses tanggal 2019-07-08. 
  24. ^ "Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI Lakukan Muhibbah Da'i Serumpun ke 5 Negara". kumparan.com. Diakses tanggal 2019-07-08. 
  25. ^ "Hasil Musda XI, Begini Susunan Pengurus Baru MUI Provinsi Bali Periode 2020-2025 | aswajadewata" (dalam bahasa Inggris). 2020-12-13. Diakses tanggal 2021-05-15. [pranala nonaktif permanen]
  26. ^ "Portal DPD | Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia". dpd.go.id. Diakses tanggal 2024-01-03. 
  27. ^ RI, Sekretariat Jenderal MPR. "MPR RI". mpr.go.id (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-01-03. 
  28. ^ "13 Anggota DPR dan DPD Raih Penghargaan Personal Branding". SINDOnews Nasional. Diakses tanggal 2024-01-03. 
  29. ^ Nisaputra, Rezkiana (2023-02-09). "Masuki Tahun Politik, Sejumlah Anggota DPR dan DPD Raih Apresiasi". Infobanknews (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-01-03. 
  30. ^ "SuaraPemerintah.ID akan Menggelar Penghargaan 2nd TOP LEGISLATOR AWARD & TOP SENATOR AWARD 2023 For Personal Branding". Suara Pemerintah. 2023-01-12. Diakses tanggal 2024-01-03. 
  31. ^ "Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI Lakukan Muhibbah Da'i Serumpun ke 5 Negara". kumparan.com. Diakses tanggal 2019-07-11. 
  32. ^ "5 Negara ASEAN Ikuti Muhibbah Da'i Serumpun". Panjimas (dalam bahasa Inggris). 2018-05-05. Diakses tanggal 2019-07-11. 
  33. ^ "Islam Itu Moderat". Republika Online. 2019-01-26. Diakses tanggal 2019-07-11. 
  34. ^ "Muhibbah Dai Serumpun, Hari Pertama Mengunjungi Malaysia". kumparan. Diakses tanggal 2019-07-11. 
  35. ^ Online, N. U. "Perkuat Islam Moderat, MUI Sambangi Ulama di Negara-negara ASEAN". NU Online (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-07-11.