Bakso ikan ekor kuning

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bakso ikan ekor kuning
Informasi
Asal Indonesia
Daerah Karimunjawa, Jawa Tengah

Bakso ikan ekor kuning adalah masakan khas Jepara tepatnya dari daerah Kepulauan Karimunjawa. Para wisatawan baik domestik maupun mancanegara sangat menggemari bakso ikan ekor kuning.[1]. Bakso tersebut berbahan dasar dari daging ikan ekor kuning yang di tangkap di perairan kepulauan Karimunjawa. Sepintas tak ada yang berbeda dari bakso ikan ekor kuning[2], bentuknya sama seperti bakso pada umumnya, di sajikan dengan campuran mie kuning dan bihun beserta sayuran, Namun setelah di rasakan akan terasa perbedaannya dengan bakso lainnya, baksonya terasa agak kenyal, gurih dan tidak ada rasa amis sedikit pun meskipun terbuat dari ikan. Selain rasanya yang lezat harganya juga cukup murah, tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk bisa menikmati bakso ikan ekor kuning, cukup dengan mengeluarkan kocek tujuh ribu rupiah sudah mengenyangkan perut dengan seporsi bakso ikan ekor kuning.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Dinamakan bakso ikan ekor kuning dikarenakan bakso ini tidak seperti bakso biasanya yang menggunakan daging sapi, tetapi menggunakan ikan ekor kuning. Bakso ikan ekor kuning juga disebut sebagai Bakso Karimunjawa.

Tempat[sunting | sunting sumber]

Tempat yang menjual Bakso Ikan Ekor Kuning sulit ditemukan di Jepara Daratan apalagi di luar kota Jepara, karena hanya ada di Karimunjawa dan belum ada Warung Masakan Khas Karimunjawa di Jepara Daratan dan Luar Kota Jepara.

Ilustrasi[sunting | sunting sumber]

Bakso Sapi kuahnya adalah dari kuah sapi, kalau Bakso Ikan Ekor Kuning[3] berasal dari IKan Ekor Kuning sehingga rasanya sangat lain dari bakso-bakso lain karena bakso ini mempunyai cita rasa seafood (makanan laut).

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]