Antropomorfisme moe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Antropomorfisme moe (萌え擬人化 moe gijinka?) adalah bentuk dari antropomorfisme dimana karakteristik dari Moe diberikan pada non-manusia, objek, konsep, atau fenomena. Sebagai tambahan untuk fitur dari moe, antropomorfisme moe ini juga dicirikan dengan aksesoris mereka, yang berfungsi untuk menekankan bentuk asli mereka sebelum antropomorfis. Karakter perempuan disini, biasanya dalam bentuk cosplay, yang digambarkan sebagai perwujudan dari benda tak bergerak atau produk populer, dikarenakan garis tubuh wanita lebih berlekuk dibandingkan laki-laki. Bagian dari humor personafikasi ini datang dari kepribadian dianggap dari karakter (kadang menyindir) dan digunakan untuk mengidentifikasi beragam mesin, objek, dan bahkan tempat fisik sebagai sesuatu yang imut.

Banyak dari perempuan ini mempunyai nama akhir -tan (たん), yang adalah pengucapan yang salah dari -chan (ちゃん), sebuah sufiks gelar hormat kecil yang informal dan intim untuk seseorang yang digunakan orang untuk teman, keluarga, dan hewan peliharaan. Pada kasus ini, salah pengucapan dilakukan secara sengaja untuk menimbulkan efek daya tarik dan keimutan yang pada umumnya diasosiasikan dengan anak kecil.

Bentuk antropomorfisme ini sangat umum dikalangan para otaku, Dengan pengecualian atas kemonomimi (yang berbentuk seperti manusia dan mempunyai ciri binatang), banyak antropomorfiasi moe dimulai karena adanya kegiatan dōjin. Banyak dari moe tersebut berasal dari diskusi di forum internet Jepang seperti 2channel atau Futaba Channel. Akhir-akhir ini, trend dojin ini semakin meningkat dalam bentuk anime dan manga komersial seperti Binchō-tan dan 090 Eko to Issho yang menghadirkan karakter personifikasi dari objek tak bergerak.

Tipe[sunting | sunting sumber]

Beberapa contoh gadis kemonomimi.

Hewan[sunting | sunting sumber]

Kemonomimi, secara harafiah berarti "telinga hewan", adalah konsep menggambar hewan sebagai bishōjo atau membuat bishōjo menggunakan aksesoris hewan (seperti telinga atau ekor. Gadis kucing / Nekomimi adalah yang paling dikenal dalam kategori ini, meskipun gadis kelinci, rubah, dan anjing juga populer. Karakter kemonomimi pada umumnya berwujud manusia kecuali lebih menekankan ciri hewannya.

Komputer[sunting | sunting sumber]

Opera-tan, sebuah personifikasi dari penjelajah web Opera.

Meskipun Chobits (2001) dan Toy's iMac Girl (1998) datang duluan, penyebaran meme untuk mengubah hal berbau komputer menjadi moe tidak dimulai sampai munculnya Shiitake-chan (しいたけちゃん?), antorpomorfisme dari tombol Stop pada Internet Explorer. Ide Shiitake-chan berawal pada tahun 2001 di forum 2channel, dimana sebuah poster yang mengklaim bahwa ia melihat tombol Stop sebagai shiitake.[1] Shiitake-chan sejak saat itu disebut sebagai awal mula antropomorisme moe.

Shiitake-chan ini diikuti oleh OS-tan pada tahun 2003. Konsep ini dikabarkan sebagai personifikasi dari persepsi umum bahwa Windows Me tidak stabil dan sering hang. Diskusi pada Futaba Channel menyukai ini untuk stereotipe dari gadis plin-plan dan pembuat masalah. Personifikasi ini semakin meluas, dengan terciptanya Me-tan (tanggal 6 Agustus 2003) diikuti oleh karakter lain. Gadis Mac OS X, Linux, dan Linspire juga muncul dalam Internet dan beberapa karakter laki-laki muncul pada beberapa program aplikasi dan perangkat keras. Contoh populer dari moe laki-laki adalah Norton AntiVirus, yang digambarkan sebagai dokter tua yang bermuka seram.

Sejak pembuatan OS-tan, perangkat lunak dan beberap situs juga membuat suatu antropomorfis juga. Sebagai contoh, situs Wikipedia ini mempunyai Wikipe-tan sendiri, sementara aplikasi Mozilla mempunyai antropomorfisme sendiri. Pengguna internet Cina juga membuat moe "Green Dam Girl" sebagai parodi atas filter internet Cina Green Dam Youth Escort.[2]

Perangkat keras Militer[sunting | sunting sumber]

Mecha Musume adalah gadis yang digambarkan sebagai asosiasi dari perangkat militer, seperti tank, kapal, pesawat terbang atau bahkan rudal. Subjek populer dari antropomorfisme jenis ini termasuk kendaraan militer saat Perang Dunia II, figur yang bisa dikoleksi dari mecha musume ini bahkan pernah dirilis.

MS shōjo (atau gadis Gundam) adalah tipe lain dari mecha musume. Mereka mendahului trend mengubah senjata sungguhan menjadi gadis, dimana gadis Gundam pertama dicetak pada 1980an. MS shōjo adalah robot mecha yang digambar dalam wujud gadis, sering kali dalam model gundam atau zaku. Para gadis ini juga mempunyai helm, baju zirah, dan/atau beam saber. MS disini adalah singkatan dari Mobile Suit.

Mecha-Musume dan kemonomimi bertemu dalam anime Strike Witches, yang menghadirkan gadis penyihir yang memanfaatkan sihir dan teknologi untuk bertempur dalam perang. Mereka mengambil karakteristik Mecha-Musume pada perangkat penyerang yang mereka gunakan dan sebagai nama/kebangsaanmereka, dan kemonomimi saat mereka berubah, mereka mempunyai telinga dan ekor hewan.

Kendaraan[sunting | sunting sumber]

Karena banyaknya railfan (penggemar kereta api) di Jepang, antropomorfisme dari kereta api juga sangat umum ditemukan. Walaupun pada awalnya antropomorfisme tersebut hanya pada muka depan kereta (seperti mata pada kaca depan kereta), pada tahun 2000an mereka semakin seperti manusia dikarenakan pengaruh budaya otaku. Pada kasus seperti, gadis digambar sedemikian rupa sehingga baju yang mereka gunakan mencerminkan desain depan dari gerbong pertama dan wana dari perusahaan kereta api yang mengoperasikan kereta api tersebut.Memang, personifikasi ini hampir sama tentang operator kereta api demikian halnya kereta api itu sendiri.

Jenis antropomorfisme ini muncul dari adanya tumpang tindih antara penggemar kereta api dan otaku, dan antropomorfisme tersebut adalah bentuk cinta mereka pada kereta api. Tetapi tidak semua penggemar kereta api di Jepang adalah otaku, dan beberapa menganggap antropomorfisme ini hina.

Kereta api yang terkenal yang digambar adalah Fastech 360, yang digambar dengan telinga kucing karena lempengan rem angin darurat. Moe ini dijuluki "Fastech-tan", beberapa "gadis kereta api" ini mempunyai figurnya sendiri, dan dijual dengan izin dari East Japan Railway Company.[3] Tidak seperti Mecha Musume atau OS-tans personifikasi dari kereta api ini jarang terdapat desain non-Jepang padanya; kecuali pada Eurostar and KCR Hong Kong EMU SP1900 (called "Princess SP1900").[4]

Gadis yang dimodel berdasarkan pesawat terbang penumpang juga populer. Sama seperti kereta api, gadis ini sering memakai baju dengan warna maskapai penerbangan yang mengoperasikan pesawat tersebut.

Mobil dan Sepeda motor juga kadang-kadang menjadi subjek antropomorfisme.

Lainnya[sunting | sunting sumber]

Banyak hal lain yang juga diberikan karakteristik moe:

Benda langit
Benda langit yang terdiri dari Pluto dan Charon (bulan), dll. Pluto digambarkan sebagai anak yang tidak diinginkan dari demosi planet tersebut dari daftar planet.
Arang
Berdasarkan binchōtan dan beberapa tipa arang charcoal, anime dan manga Binchō-tan menggunakan dajare dalam bahasa Jepang untuk arang ( tan?) untuk menciptakan beberapa gadis imut.
Rokok
Sebuah set dari "gadis Rokok" untuk mereprentasikan berbagai merek rokok di Jepang.
Toko kelontong
Sebuah serial dari antropomorfisme toko kelontong diklasifikasikan ke dalam Conven-tan.
Negara
Dengan adanya personifikasi negara, versi moe dari berbagai macam negara telah ada. Sebagai contoh, moe Jepang adalah Nihon-chan,[5] Afghanistan adalah Afuganisu-tan — keduanya mempunyai komik web sendiri di Jepang.
Makanan
Habanero-tan, adalah maskot tidak resmi dari Bōkun Habanero; dan Bisuke-tan untuk biskuit yang dijual KFC di Jepang. Seri novel ringan Akikan! juga mempunyai kaleng soda yang secara ajaib berubah menjadi gadis.
Peralatan rumah tangga
Permainan erotis seperti Like Life dan Monogokoro, Monomusume yang menghadirkan peralatan rumah tangga sebagai gadis. Peralatan rumah tangga ini termasuk mesin cuci, jam weker, penghapus papan, bantal, kotak P3K, telepon selular, dan bahkan kotak pos, dll.
Pokémon
Antropomorfisme moe Pokémon sangat populer di antara situs Pokémon Jepang, dimana mereka hadir sebagai anggota Pokémon Mystery Dungeon. Ada berbagai macam jenis bagaimana setiap Pokémon dalam bentuk moe, yang paling sering digambar adalah Gardevoir, yang sudah berbentuk seperti manusia.
Angel dalam Neon Genesis Evangelion
Angel Chromosome XX[6] adalah figur baru baru ini dari seniman WAVE, Gainax, dan Sersan Keroro Mine Yoshizaki yang menghadirkan berbagai macam Angel dari anime dalam bentuk antropomorfisme.
Karakter Tokusatsu
Sering diaplikasikan pada Kamen Rider, terdiri dari gadis-gadis yang mengenakan pakaian yang terinspirasi oleh baju zirah pahlawan, dan helm berpola yang berdasarkan helm pahlawan, sehingga wajah mereka tetap tertutup.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ""I'm Worried that the Stop Button on IE Looks Like a Shiitake" on a 2ch archive" (dalam bahasa Japanese). Diakses 2007-03-06. 
  2. ^ "China clarifies web filter plans". BBC News. 2009-06-18. Diakses 2009-06-20. 
  3. ^ "Train Anthropomorphism SuperExpress Train Girls "Fasutekku 360S"" (dalam bahasa Japanese). Diarsipkan dari aslinya tanggal 2007-05-05. Diakses 2007-03-06. 
  4. ^ "Princess SP1900, Anthropomorphism of KCR Hong Kong EMU SP1900" (dalam bahasa Chinese & English). Diakses 2008-04-29. 
  5. ^ "Nihon-chan a la carte" (dalam bahasa Japanese). Diakses 2008-04-23. 
  6. ^ "Examples of Angel moe anthropomorphism" (dalam bahasa Japanese). Gainax. Diakses 2008-04-23. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Gijinka tan Hakusho (擬人化たん白書?, lit. Anthropomorphism-tan Files)
ISBN 4-7572-1262-3.
Tokyo, Japan: Aspect, 2006.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]