Senjata bergerak (Gundam)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Artikel ini adalah artikel tentang senjata fiksi dari serial Gundam.

Senjata bergerak (機動兵器 kidō heiki?) adalah sistem persenjataan dari anime metaserial Gundam. Terminologi ini mencakup semua kendaraan tempur yang bergerak dengan tenaga sendiri termasuk tank dan pesawat tradisional. Bagaimanapun, istilah mobile weapon telah digunakan untuk menggeneralisasikan baju bergerak (mobile suit), armor bergerak (mobile armor) dan semua mesin yang berdasarkan teknologi yang sama. Perlu dicatat bahwa dalam Universal Century, kebanyakan senjata dirancang untuk bertempur di bawah pengaruh partikel Minovsky dan membedakannya dari senjata konvensional kemudian.

Tipe senjata bergerak[sunting | sunting sumber]

  • Tank
  • Pesawat terbang
  • Pod Bergerak (Mobile Pod)
  • Baju bergerak (Mobile Suit (MS))
  • Armor bergerak (Mobile Armor atau Mobile Armour) (MA)
  • Boneka Bergerak (Mobile Doll) (Garis waktu After Colony) - baju bergerak tanpa awak yang digerakkan komputer
  • Pekerja Bergerak (Mobile Worker) - unit yang digunakan untuk konstruksi (baju bergerak pekerja sepertinya lebih umum)
  • Petarung bergerak (Mobile Fighter) (Garis waktu Future Century)
  • Bit bergerak (Mobile Bit) (Garis waktu After War) - baju bergerak tanpa awak yang digerakkan oleh manusia.
  • Mesin manusia (Man-Machine) - baju bergerak yang dibuat khusus pada novel semi kanonikal Gaia Gear

Tank[sunting | sunting sumber]

Mengacuhkan fakta bahwa baju bergerak adalah unit tempur utama di darat, tank masih saja berkeliaran. Contohnya di Perang Satu Tahun, earth Federation sangat bergantung pada Type 61 Tank milik mereka karena mereka tidak memiliki baju bergerak sampai hmpir berakhirnya Perang tersebut. Zeon juga meluncurkan hibrida tank/pesawat tempur, Magella Attack Tank, sebagai produksi masal kendaraan darat membantu baju bergerak Zeon yang kalah jumlah dari pasukan dalam jumlah besar Type 61 milik Federasi.

Type 61 sangat sulit dibayangkan sebagai senjata bergerak menggunakan teknologi yang sama dengan baju bergerak dan senjata baja bergerak karena di manufaktur pada UC 0061, sebelum teknologi Minovsky menjadi umum. Tetapi, Magella attack menggunakan teknologi penggerak baju bergerak dan menghasilkan dorongan yang cukup untuk membuatnya tetap di udara selama menembakkan meriam utamanya.

Pada akhir perang, Pasukan Federasi meluncurkan tank bernama G-Bull sebagai mekanikal pendukung dari RX-78-2 Gundam dan menggunakan sistem e-cap untuk menembakkan persenjataan beam.

Kendaraan lapis baja[sunting | sunting sumber]

Ada beberapa kendaraan lapis baja yang digunakan dalam Universal Century untuk mendukung pertempuran Baju bergerak dalam lingkungan partikel Minovsky. Federasi Bumi meluncurkan Type 74 Hover Truck untuk membantu tim baju bergerak untuk mendeteksi musuh dengan radar miliknya yang sangat kuat hingga bisa menembus partikel minovsky yang sedikit padat dan sonar bawah tanah yang berfungsi dalam area kepadatan tinggi. Truk transpor Samson dimodifikasi dari pengantar mineral tambang menjadi pengantar Baju bergerak.

Pesawat[sunting | sunting sumber]

Di Universal Century, pesawat digunakan dengan jumlah sangat besar pada Perang Satu Tahun baik di dalam antmosfer maupun di angkasa luar. Pasukan Udara Earth Fedration biasa menggunakan FF-3 Saberfish sebagai pesawat tempur pencegat di ketinggian, FF-4 Toriares dan FF-6 Tin Cod sebagai pesawat fighter jarak dekat.

FF-3 sebenarnya merupakan proyek gabungan dengan EFSF dan bisa dimodifikasi sedikit dan menjadi pesawat tempur untuk angkasa FF-S3.

Pasukan Zeon, memiliki lingkungan ujicoba yang berbeda, mengembangkan pesawat Doop untuk mengimbangi pasukan pesawat EFAF (Earth Federation Air Force/Angkatan Udara Federasi Bumi). Pesawat ini kebanyakan menggunakan pendorong untuk terbang dibandingkan menggunakan udara pengangkat karena minimnya gravitasi di tengah koloni angkasa. Konsep rancangan pesawat tempur Doop sangat mirip dengan rancangan senjata bergerak yang menitikberatkan pada kecepatan menikung dibandingkan kecepatan ketika terbang. Material khusus yang dinamakan Zeonium digunakan dalam pesawat ini untuk memberikan rangka yang lebih ringan tetapi lebih kuat. Mengesampingkan nama aneh yang diberikan, Zeonium hanyalah sebuah tipe dari logam alumunium.

Gattle yang digunakan oleh pasukan Zeon di Perang Satu Tahun juga menggunakan wing binder untuk minimal AMBAC.

Kemudian Federasi Bumi memproduksi FF-7 untuk menggantikan serial FF-3.