Wikipedia:Wikipe-tan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gtk-redo-ltr.svg WP:TAN
Wikipetan
Wikipe-tan
Wikipe-tan full length.svg
Dibuat oleh Kasuga (2006)

Wikipe-tan (ウィキペたん Wikipetan?) adalah salah satu personifikasi untuk Wikipedia. Kata "-tan" adalah pergeseran pelafalan (hypochorisma) dari salah satu akhiran dalam Honorifik Jepang. Sama seperti OS-tan, ia juga merupakan hasil dari antropomorfisme moe.

Wikipe-tan adalah tokoh maskot untuk ProyekWiki Anime dan Manga, Unit Anti Vandal, dan Pelatihan Pengurus; ia juga berjuang dalam pemilihan maskot Wikipedia. Selain itu Wikimedia Hong Kong menggunakan gambar dan cosplay Wikipe-tan sebagai maskot mereka, dalam masa kerja dan promosi mereka.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Gagasan dan nama Wikipe-tan datang dari pengguna anon dengan alamat IP 192.192.170.2 yang mengusulkan bahwa Wikipedia harus memiliki maskot, layaknya OS-tan, di jajak pendapat maskot Wikipedia pada 5 Januari 2006. Kemudian pengguna Wikipedia Jepang Kasuga menggambar dan menerbitkan Wikipe-tan di Futaba Channel pada 8 Januari 2006; kemudian Wikipe-tan muncul di jajak pendapat maskot Wikipedia.

Walau Wikipede lah yang memenangkan jajak pendapat tersebut, gambar Wikipe-tan yang baru tetap digunakan dan terus dibuat.

Penggunaan di dalam organisasi Wikimedia[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Juni 2006, Wikipe-tan menjadi maskot untuk ProyekWiki Anime dan Manga menggantikan maskot sebelumnya, sebuah gambar seni penggemar dari salah satu tokoh dalam Midori's Days, yang dihapus dari Commons karena masalah hak cipta. Sejak penampilan pertama Wikipe-tan, banyak pengguna di seluruh proyek Wikimedia telah mengadopsinya ke halaman pengguna mereka masing-masing (lihat Commons untuk daftar penggunaan tersebut).

Pada 8 Agustus 2006, sebuah gambar Wikipe-tan dipromosikan sebagai gambar pilihan, dan ia muncul di halaman utama bagian Picture of the day Wikipedia bahasa Inggris 2 Oktober. Pada 29 Oktober 2007, gambar ini tidak lagi menjadi gambar pilihan.

Sejak September 2006, Wikipe-tan juga berperan sebagai maskot Unit Anti Vandal (pada beberapa bahasa Wikipedia) karena logo mereka yang sebelumnya telah dihapus pada Februari 2006 terkait masalah merek dagang dan hak cipta.

Tiga saudari Wikimedia saat ini: Commons-tan, Wikipe-tan, dan Wikiquote-tan (dari kiri ke kanan)

Pada 21 Februari 2007, ProyekWiki sejarah militer (pada beberapa bahasa Wikipedia) meminta agar mereka dibuatkan gambar Wikipe-tan dalam seragam angkatan laut yang akan mereka gunakan untuk menghiasi salah satu kotak pengguna mereka.

Pada 29 Maret 2007 Wikipe-tan bergabung dengan maskot dari proyek lain Wikimedia, yaitu Commons-tan dan Wikiquote-tan. Kasuga telah menyatakan "...saudari Wiki yang baru akan dirancang di masa depan". Namun, Kasuga juga menyatakan bahwa "...tidak ada halaman yang membutuhkan gambar saudari baru ini saat ini. Saya mungkin akan menggambar mereka jika nanti ada halaman yang membutuhkan mereka."

Pada Juni 2007, gambar tak senonoh Wikipe-tan diusulkan untuk digunakan dalam artikel lolicon. Gambar tersebut dihapus dari Commons oleh Jimmy Wales, yang menyatakan Wikipe-tan sebagai "maskot komunitas" yang seharusnya tidak berkaitan pada "seksualisasi pedofili". Kasuga kemudian menggambar gambar baru yang tidak memakai Wikipe-tan untuk artikel tersebut.

Penggunaan di luar organisasi Wikimedia[sunting | sunting sumber]

  • Sebuah userChrome.css, ditulis oleh Kylu, tersedia untuk pengguna Mozilla Firefox untuk menambahkan Wikipe-tan di penjelajah mereka.
  • games™, sebuah majalah permainan di Inggris, menggunakan gambar Wikipe-tan di dalam ilustrasi pelayan café (p 30, Issue 48).
  • Pada 12 Oktober Apple Daily menulis artikel pendek yang membahas Wikipe-tan dan bagaimana lisensi GFDL membantunya tersebar di Wikimedia.
  • Dua cosplayer Wikipe-tan terlihat dalam kegiatan cosplay di Universitas Hong Kong. Salah satu dari mereka, "Heung Ying Ching" Serene LAU (向映晴), diwawancarai oleh majalah Hong Kong Easy Finder beberapa minggu kemudian. [1][2] Dalam artikel tersebut, digunakan lebih banyak gambar Wikipe-tan untuk mengilustrasikan bagaimana Heung menjadi sebuah "lambang internasional". Namun, artikel itu keliru menceritakan bahwa ia diundang oleh Kasuga dan pengurus Norwegia GunnarRene untuk menjadi Wikipe-tan dalam kehidupan nyata. Apple Daily juga mengatakan bahwa Heung menjadi perwakilan Wikipedia; yang juga keliru. [3]
  • Pada 15 Juni 2007, surat kabar Jerman Dresdner Neueste Nachrichten (circulation ca. 31 000) menggunakan Wikipe-tan pada halaman depan dan juga di samping artikel tentang keanekaragaman manga.
  • Pada Maret 2007, kementerian luar negeri Swedia menerbitkan sebuah promemoria tentang anime dan manga Jepang, menggunakan teks dan gambar Wikipe-tan karya Kasuga dari Wikipedia bahasa Swedia tanpa sepengetahuan mereka, sebagai ketentuan lisensi GFDL. Media Swedia melaporkan pelanggaran ini pada bulan April, [4] dan pada bulan November Kanselir Hakim memutuskan bahwa perbuatan tersebut merupakan pelanggaran hak cipta. [5]
  • Koran Inggris The Observer menampilkan gambar hasil potongan Wikipe-tan berseragam Sailor Fuku dalam artikel "Girl geeks find manga haven" (World, Page 35, 2008-06-01, oleh Justin McCurry). Artikel ini tidak menyebutkan mengenai Wikipedia, Wikipe-tan atau lisensi GFDL sama sekali.

Galeri[sunting | sunting sumber]


Kode Hasil Pengguna
{{Pengguna wikipe-tan}}
Wikipe-tan face.svg Pengguna ini menyukai Wikipe-tan, personifikasi Wikipedia yang terimut.


Lihat di sini

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]