Angsana, Tanah Bumbu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Angsana
Kecamatan
Letak-kec-angsana-tanbu.PNG
Peta lokasi Kecamatan Angsana
Negara  Indonesia
Provinsi Kalimantan Selatan
Kabupaten Tanah Bumbu
Pemerintahan
 • Camat -
Luas 151,54 km²
Jumlah penduduk 16.347 Jiwa
Kepadatan 108 jiwa/km²
Desa/kelurahan

Angsana adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Indonesia. Kecamatan Angsana merupakan pemekaran dari Kecamatan Satui, Tanah Bumbu

Visi dan Misi[sunting | sunting sumber]

Setiap kecamatan pasti memiliki Visi dan Misi, berikut ini adalah Visi dan Misi Kecamatan Angsana [1]

Visi[sunting | sunting sumber]

Visi dari Kecamatan angsana yaitu : Terwujudnya Kabupaten Tanah Bumbu sebagai pusat pelabuhan, perdagangan dan pariwisata terdepan di Kalimantan berbasis ekonomi kerakyatan menuju Tanah Bumbu yang Maju, Unggul, Mandiri, Sejahtera, Aman, Religius dan Berakhlak Mulia serta Berintelektual Tinggi.

Misi[sunting | sunting sumber]

  1. Menyelenggarakan penataan ruang wilayah yang mendorong pembangunan berkelanjutan dengan peningkatan ketersediaan infrastruktur yang berkualitas.
  2. Meningkatkan daya saing daerah yang berbasis ekonomi kerakyatan melalui peningkatan jaringan jasa distribusi lokal, regional dan nasional.
  3. Mengembangkan wisata unggulan yang selaras dengan pembangunan kehidupan beragama, sosial dan budaya.
  4. Pengelolaan lingkungan hidup dan pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan.
  5. Mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing dengan peningkatan akses layanan pendidikan dan kesehatan yang terjangkau.
  6. Menyelenggarakan tata kelola birokrasi yang baik dan bersih.

Perekonomian[sunting | sunting sumber]

Untuk perekonomian di Kecamatan Angsana terbilang sangat bagus. Sebagian besar warganya bekerja sebagi karyawan tambang, menanam pohon karet, kelapa sawit dan masih banyak lagi. Salah satu kantor tambang batubara terbesar di kecamatan angsana adalah Borneo Indobara (BIB) [2] yang berpusat di Asam Asam, Jorong, Tanah Laut. Pusat perekonomian di kecamatan angsana adalah di Karang Indah, Angsana, Tanah Bumbu.

Sosial Budaya[sunting | sunting sumber]

Demografi[sunting | sunting sumber]

Menurut data statistik, kecamatan Angsana memiliki jumlah Penduduk mencapai 16.347 Jiwa yang terdiri dari 8.558 jiwa Laki-laki dan 7.789 jiwa Perempuan. Tingkat Kepadatan Penduduk rata-rata sebesar 108 jiwa/km². [3]

Suku Bangsa[sunting | sunting sumber]

Di Angsana, terdapat berbagai macam suku bangsa. Namun, sebagian warga angsana ber suku jawa. Berikut ini adalah suku bangsa yang ada di Kecamatan Angsana mulai dari yang terbesar hingga terkecil :

  1. Suku Jawa
  2. Suku Banjar
  3. Suku Bugis
  4. Suku Lombok

Obyek Wisata[sunting | sunting sumber]

Obyek wisata yang paling terkenal saat ini yaitu Pantai Angsana Bahari yang terletak di Desa Angsana. Dauhulu pantai ini belum terlalu di kenal orang, namun mulai awal tahun 2014, pantai angsana sudah banyak di kenal orang. Banyak sekali wisatawan domestik dari Banjarmasin, Banjarbaru dan wilayah lainnya yang berdatangan ke pantai angsana. Sebelum Pantai Angsana, Pantai yang lebih dahulu di kenal banyak orang adalah Pantai Bunati yang terletak di Desa Bunati.

  1. Pantai Angsana Bahari
  2. Pantai Bunati

Galery Foto Pantai Angsana[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]