Anggaraka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Anggaraka
Dewa Hindu
Dewa planet Mars
Ejaan Dewanagari बुध
Nama lain Manggala
Golongan Graha
Planet Mars
Senjata trisula, gada, dan tombak
Wahana domba

Dalam Jyotisha, Anggaraka ('si merah' [1] adalah nama untuk planet Mars. Sering disebut juga Manggala (Devanagari: मंगल, Maṅgala) atau Bhauma ('putra bumi') dalam Sanskerta. Ia adalah dewa perang dan membujang selamanya yang merupakan putra Pertiwi, dewi bumi. Ia juga menguasai tanda Aries dan Scorpio, dan ahli ilmu gaib (Ruchaka Mahapurusha Yoga).

Dilukiskan dengan warna merah menyala, berlengan empat, membawa trisula, gada, teratai dan tombak. Wahananya adalah domba jantan. Ia menguasai hari Selasa atau Anggarawara / Manggalawara.[2]

Kelahiran[sunting | sunting sumber]

Suatu saat ketika Dewa Siwa sedang dalam meditasi yang dalam (Sanskerta: samadhi) pada tempat tinggalnya, Gunung Kailasa, tiga tetes keringat dari dahinya dan jatuh ke bumi. Dari tetes keringat tersebut muncullah bayi yang sangat indah, kulitnya kemerahan dan yang memiliki empat lengan. Anak itu diserahkan kepada dewi bumi, Pertiwi untuk asuhan Dewa Siwa. Anak itu bernama 'Bhauma' karena ia diasuh dan dibesarkan oleh 'Bhumi' (bumi).

Ketika Bhauma tumbuh dewasa, ia pergi ke Kashi dan melakukan penebusan dosa yang luar biasa untuk menyenangkan hati Dewa Siwa. Dewa Siwa memberkatinya dengan memberikannya 'Manggalaloka' (yang merupakan kediaman dari Manggala), yang unggul dengan 'Sukraloka' (tempat tinggal dewa Venus - Sukra). [3]

  1. ^ Turner, Sir Ralph Lilley (1962). "aṅgāraka 126". A comparative dictionary of the Indo-Aryan languages. London: Oxford University Press. Digital Dictionaries of South Asia, University of Chicago. hlm. 7. Diakses 21 Feb 2010. "aṅgāraka 126 aṅgāraka '(hypothetical) red like embers', masculine 'charcoal'. 2. masculine 'the planet Mars'. [áṅgāra -- ] 1. Pali aṅgāraka -- 'red like charcoal'; Sanskrit aṅārī 2. Pali aṅgāraka -- masculine 'Mars',; Sanskrit aṅāro masculine Tuesday." 
  2. ^ Mythology of the Hindus, Charles Coleman, p. 132
  3. ^ . Siwapurana, bab 2.71