Alwiansyah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Alwiansyah
LahirMuhammad Alwiansyah
2008 (umur 15–16)
Desa Amamutu, Kecamatan Samaturu, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, Indonesia
Nama lainAlwiansyah
Alwi Kolaka
Alwi
PekerjaanPenyanyi
Aktor
Selebriti internet
Orang tuaAbdurrahim (ayah)
Indo Esse (ibu)[1]
KerabatYusra (kakak)
Kiswatul Qur'ana (kakak)
Adam (adik)
Azirah (adik)
Aqil (adik)[2]
Karier musik
GenrePop, Dangdut, Rock, Musik Melayu, Qasidah
InstrumenVokal
Tahun aktif2020 - sekarang
LabelAksen Entertainment


Muhammad Alwiansyah, yang lebih dikenal sebagai Alwiansyah atau Alwi (lahir di Amamutu, Samaturu, Kolaka, Sulawesi Tenggara, pada tahun 2008) adalah seorang penyanyi dan aktor berkebangsaan Indonesia. Ia menjadi viral di berbagai platform media sosial karena suara merdu dan mimik muka yang lucu saat sedang bernyanyi.

Awal Karier[sunting | sunting sumber]

Ia pertama kali viral di sosial media Facebook, melalui lagu berjudul Cinta Karena Cinta yang dimiliki oleh Judika. Video tersebut diunggah atas keisengan pamannya yang bernama Basman pada tahun 2019. Namun, tak disangka, video tersebut menjadi viral dan banyak dibagikan oleh warganet.

Ia juga bisa melantunkan tilawah dengan indah, bernyanyi sambil melakukan tegak tumpu tangan (handstand), serta menghasilkan bunyi beatbox.

Bakat bernyanyinya mulai bergema di usia tiga tahun. Ia aktif menyanyi walaupun tanpa iringan musik. Terkadang, ia dipanggil untuk memeriahkan acara pernikahan di sekitar kampungnya. Ia banyak meniru gaya bernyanyi dari sang paman. Suatu ketika, bakatnya tersebut tercium oleh Pak Yahya, yang bekerja sebagai pendamping untuk program Keluarga Harapan di Kecamatan Samaturu. Ia dianjurkan untuk mengikuti lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dengan kategori bintang vokalis, sambil menyanyikan lagu Qasidah di MTQ yang diadakan di Kecamatan Polinggona, Kabupaten Kolaka.

Pada awalnya, pihak keluarga merasa pesimis mengikuti ajang tersebut, karena Alwi dianggap hanya berbakat untuk bernyanyi dangdut daripada bernyanyi kasidah. Terlebih lagi, ia tak memiliki kendaraan untuk menuju lokasi lomba yang cukup jauh dari rumahnya. Namun, rasa pesimis tersebut terbayar lunas, karena Pak Yahya berusaha meyakinkan bahwa Alwi juga memiliki bakat untuk berkasidah, serta menawarkan diri untuk membantu keikutsertaan Alwi agar dapat berjalan lancar. Pak Yahya mengajaknya untuk datang ke panitia MTQ di tingkat kecamatan, supaya bisa menjalani seleksi. Pada hari tersebut, ia bersaing dengan banyak peserta untuk bisa mewakili Kecamatan Samaturu. Ketika pemenang diumumkan, namanya tercantum untuk mewakili kecamatan tersebut.

Ia pertama kali tampil dalam televisi melalui acara Brownis pada tanggal 13 Agustus 2020.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Alwiansyah adalah anak ke-3 dari 6 bersaudara, yang lahir dari pasangan bernama Abdurrahim dan Indo Esse. Ia terlahir dari keluarga yang tergolong miskin. Kedua orang tuanya bekerja sebagai petani dan terkadang menjadi buruh serabutan. Sepulang sekolah, atau pada hari-hari libur, Alwiansyah aktif membantu kedua orang tuanya, seperti mencari kayu bakar, memanen padi atau memetik cengkih milik orang lain yang meminta jasanya. Sejak tahun 2014, keluarganya mulai mendapat bantuan dari pemerintah, melalui program Keluarga Harapan.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Alwiansyah menempuh pendidikan di :

Acara TV[sunting | sunting sumber]

Sinetron[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran
2020 Jagoan Bola Alwi
2021 Jagoan Bola - Pasti Menang Alwi

Kolaborasi bersama Youtuber[sunting | sunting sumber]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Singel[sunting | sunting sumber]

Tahun Single Pencipta Label Rilis
2020 Berbeza Kasta Rajali Asmarah Media Musik Proaktif 24 Agustus [3]
2020 Aisyah Sahabat Yang
Hilang
Posan Tobing Aksen Entertainment 28 Agustus [4]
2020 Lagu Untuk Ibu Posan Tobing Aksen Entertainment 31 desember 2021

Prestasi dan penghargaan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sedih..!!Wawancara Singkat Bersama Keluarga Alwiansyah". www.youtube.com. 26 Agustus 2020. Diakses tanggal 27 Agustus 2020. 
  2. ^ "Ngevlog ke rumah abang (DENNY CAGUR)". www.youtube.com. 27 Agustus 2020. Diakses tanggal 28 Agustus 2020. 
  3. ^ Official Music Video "Berbeza Kasta"
  4. ^ Official Music Video "Aisyah Sahabat Yang Hilang"
  5. ^ Kumalasari, Intan (6 Agustus 2020). Kumalasari, Intan, ed. "Nyanyi dengan Ekspresi Kocak, Ini 5 Potret Bocah Viral Alwiansyah". Merdeka.com. Diakses tanggal 26 Agustus 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]