Ahia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Ahia (bahasa Ibrani: אֲחִיָּה, "saudara / sahabat Yahweh"; bahasa Inggris: Ahijah; bahasa Latin dan Alkitab Douay-Rheims: Ahias) adalah nama Ibrani yang digunakan oleh sejumlah orang dalam Alkitab Ibrani atau Perjanjian Lama di Alkitab Kristen:

  1. Ahia orang Silo, seorang nabi yang menyampaikan nubuat pecahnya Kerajaan Israel menjadi dua kepada Yerobeam bin Nebat pada zaman raja Salomo (1 Raja-raja 11). Ia pun menyampaikan nubuat matinya putra Yerobeam. (1 Raja-raja 14)
  2. Salah satu dari putra atau keturunan Bela bin Benyamin (1 Tawarikh 8:7). Dalam Alkitab Versi Raja James digunakan ejaan "Ahiah" (bukan "Ahijah").
  3. Salah satu (dan yang terkecil) dari lima putra Yerahmeel bin Hezron, cicit dari Yehuda bin Yakub (1 Tawarikh 2:25). Saudara-saudaranya bernama: Ram (anak sulung), Buna, Oren, dan Ozem.
  4. Ahia orang Peloni, salah satu pahlawan Daud (1 Tawarikh 11:36); ada yang menduga sama dengan Eliam (2 Samuel 23:34).
  5. Seorang Lewi yang bertugas menjaga harta kudus di Bait Allah (1 Tawarikh 26:20).
  6. Ahia bin Sisa, bersama saudaranya, Elihoref bin Sisa, menjadi panitera negara dalam zaman raja Salomo (1 Raja-raja 4:3).
  7. Ahia bin Ahitub (1 Samuel 14:3, 18), saudara laki-laki Ikabod; mungkin sama dengan Ahimelekh, yang menjadi Imam Besar di kota Nob pada zaman raja Saul (1 Samuel 22:11) dan di Silo, di mana Kemah Suci ditempatkan. Ada yang berpendapat bahwa Ahimelekh adalah saudara laki-laki Ahia, dan mereka berdua menjabat sebagai Imam Besar, Ahia di Gibea atau Kiryat-Yearim, sedangkan Ahimelekh di Nob.
Didahului oleh:
Ahitub
Imam Besar Israel Diteruskan oleh:
Ahimelekh

Entri ini memadukan teks dari Easton's Bible Dictionary, sebuah ranah publik, aslinya diterbitkan pada 1897.