İstinye

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Teluk Istinye

İstinye adalah sebuah kawasan di Istanbul, di sisi Eropa dari kota tersebut. Kawasan tersebut berada di antara Emirgan dan Yeniköy di pesisir barat laut Bosphorus, di distrik Sarıyer. Kawasan tersebut merupakan tempat pesisir laut tersempurna di Bosphorus dimana orang-orang berjalan-jalan mengelilinginya pada akhir pekan. İstinye terkenal karena kafe-kafe dan restoran-restoran makanan laut disana. Sebuah teluk kecil juga menjadi salah satu hal yang membuat İstinye menjadi tempat untuk dikunjungi.

Pada Era Klasik, kawasan tersebut Leosthenion (Yunani: Λεωσθένιον), yang disalahartikan menjadi Sosthenion (Yunani: Σωσθένιον) pada Abad Pertengahan.[1] Desa tersebut merupakan situs dari Michaelion, sebuah gereja dan biara terkenal yang didedikasikan kepada Santo Mikael pada zaman Bizantium.[2]

Sejak 1995, markas besar Istanbul Stock Exchange berada di İstinye.[3]

Selain itu, kawasan tersebut dekat dengan salah satu mal terbaru di Istanbul, İstinye Park, yang dibuka pada 2007. Istinye Park sebagian besar didedikasikan kepada merek-merek mode terkenal di dunia.[4]

Situs bersejarah dan saat ini di İstinye[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Janin, Raymond (1953). La Géographie Ecclésiastique de l'Empire Byzantin. 1. Part: Le Siège de Constantinople et le Patriarcat Oecuménique. 3rd Vol. : Les Églises et les Monastères (dalam bahasa Prancis). Paris: Institut Français d'Etudes Byzantines. hlm. 362. 
  2. ^ Janin, Raymond (1953). La Géographie Ecclésiastique de l'Empire Byzantin. 1. Part: Le Siège de Constantinople et le Patriarcat Oecuménique. 3rd Vol. : Les Églises et les Monastères (dalam bahasa French). Paris: Institut Français d'Etudes Byzantines. hlm. 359–362. 
  3. ^ Istanbul Stock Exchange: "İMKB’nin Kuruluşundan İtibaren Önemli Gelişmeler" (Timeline of important events since 1985)
  4. ^ "İstinye Park: Stores". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-10-17. Diakses tanggal 2016-02-18. 

Koordinat: 41°06′N 29°03′E / 41.100°N 29.050°E / 41.100; 29.050