CSI: Crime Scene Investigation

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

CSI: Crime Scene Investigation
Berkas:CSI-LV.main.jpg
GenreDrama TV polisi-misteri
PemeranWilliam Petersen
Marg Helgenberger
Gary Dourdan
George Eads
Jorja Fox
Eric Szmanda
Robert David Hall
Louise Lombard
Paul Guilfoyle
Wallace Langham
Lagu pembukaThe Who: "Who Are You"
Jmlh. musim15
Jmlh. episode337

CSI: Crime Scene Investigation (Nama Lainnya: CSI Las Vegas) adalah serial drama televisi CBS Amerika yang memenangkan penghargaan Penghargaan Emmy. Menceritakan tentang tim forensik Las Vegas, dan cara-cara mereka menguak sebuah misteri, kematian-kematian yang tak wajar, dan kejahatan-kejahatan lainnya.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter utama[sunting | sunting sumber]

  • Dr. Gilbert Arthur "Gil" Grissom, Ph.D.(William Petersen):adalah Supervisor dari unit malam CSI Las Vegas, ia juga adalah seorang forensik ahli entomologi. Lahir tanggal 17-Agustus-1956. Teman-temannya mengenalnya sebagai ilmuwan yang amat cermat dan teliti, ia juga agak sedikit egois. Grissom dibesarkan sebagai seorang Katolik, namun di episode "Double-Cross" ia mengaku bahwa ia sudah bukan warga Katolik yang taat lagi. Grissom belajar dari ibunya yang tuli bagaimana berkomunikasi dengan bahasa isyarat dan bahasa bibir. Grissom juga kadang-kadang mengalami tuli mendadak (seperti ibunya) tetapi dia sudah menjalankan operasi. Hubungannya dengan salah satu rekan kerjanya, Sara Sidle, telah diperjelas kepada para pemirsa dalam episode "Way To Go", dan kepada rekan-rekan kerjanya dalam serial dalam episode "Living Doll", ketika Sara diculik. Dia melamar Sara dalam Season 8 di episode "The Case of The Cross-Dressing Carp", di mana lamaran tersebut diterima. Kehidupan Grissom merupakan kisah nyata dari kehidupan seorang ahli Kriminologi Daniel Holstein.
  • Catherine Willows (Marg Helgenberger): Penganalisis cipratan darah. Dia merupakan orang kedua yang berkuasa setelah Grissom pada unit malam, Catherine-lah yang menggantikan Grissom bila Grissom pergi ke luar kota ataupun berhalangan. Ia biasa berselisih dengan Grissom atau Ecklie jika ia merasa kewibawaannya terganggu. Ia selalu mencari cara agar dapat menghabiskan waktu bersama anak perempuannya, Lindsey. Mantan suaminya, Eddie, dan ayah kandungnya, Sam, kedua-duanya dibunuh dalam serial ini. Sebelum menjalani kehidupan sebagai CSI, Catherine berprofesia sebagai penari eksotik di klab. Kehidupan Catherine merupakan kisah nyata dari kehidupan CSI Yolanda McCleary.
  • Warrick Brown (Gary Dourdan): Penganalisis Audio-Visual. Warrick adalah satu-satunya dari seluruh anggota yang lahir dan tumbuh di Las Vegas. Di awal serial, Warrick digambarkan kecanduan dalam hal judi. Bahkan di episode pertama, CSI baru yaitu Holly Gribbs tewas tertembak ketika dia sedang berjudi. Ia hampir kehilangan pekerjaan karena seharusnya Warrick berada di samping Holly pada saat itu. Dorongan dan persahabatan Grissom membuatnya mulai meninggalkan perilaku buruknya itu. Tampaknya Warrick menjalani hidupnya yang terdahulu dengan menempuh beban berat, jarang tersenyum, dan selalu rindu pada kampung halamannya. Warrick menggunakan kemahirannya sebagai penjudi profesional dalam memecahkan beberapa kasus. Warrick menikah di Season 6, tetapi bercerai di Season 8.
  • Nicholas "Nick" Stokes (George Eads): Penganalisis rambut dan serat-serat. Nick adalah orang yang mudah bergaul dan terbuka. Ia berasal dari Texas, tetapi lahir di Tennesse. Nick biasanya mudah merasa empati dan simpati terhadap korban dan juga lebih emosional menghadapi suatu kasus dibandingkan dengan teman-temannya. Ia juga dapat berbicara Spanyol dan biasanya menangani kasus yang berhubungan dengan Amerika Latin lebih personal. Nick juga biasanya lebih emosional menghadapi kasus yang berhubungan dengan anak-anak, sebab dia pernah mengalami masa kecil yang buruk
  • Sara Sidle (Seasons 1-8) (Jorja Fox):Penganalisis barang material. Sara menjunjung pendidikannya di Universitas Harvard. Sara sebelumnya bekerja di San Fransisco bagian koroner dan laboratorium kriminal, ia datang menggantikan CSI Holly Gribbs setelah membantu memecahkan kasus kematiannya. Dia selalu mencurahkan perhatiannya kepada pekerjaannya dan selalu berjuang untuk menegakkan keadilan, baik untuk korban maupun pelaku. Ayah Sara adalah seorang pemabuk dan biasanya selalu menyiksa Sara dan ibunya, sampai suatu hari ibunya menikam ayahnya dengan pisau hingga tewas; hal ini menyebabkan Sara selalu kesulitan ketika berhadapan dengan kasus yang berhubungan dengan ibu dan anak. Sara bertunangan dengan rekan kerjanya, Grissom yang ditunjukkan di episode "The Case of The Cross-Dressing Carp". Di episode "Goodbye and Good Luck", Sara pergi meninggalkan seluruh tim untuk menyelidiki sebuah kasus yang menyangkut dengan pembunuhan oleh anak kecil, ia tak pergi dengan berpamitan pada seluruh anggota tim ataupun Grissom, melainkan meninggalkan catatan yang mengatakan bahwa ia harus menghadapi masa lalunya kembali.
  • Gregory "Greg" Sanders (Season 3- ; Ditampilkan Season 1-2) (Eric Szmanda):Dia adalah anggota CSI pekerja-lapangan yang terbaru. Dia mulai menjadi CSI pekerja-lapangan di episode "Who Shot Sherlock?", tetapi sekarang anggota yang paling baru adalah Ronnie Lake. Dia amat mengidolakan Grissom, dan ia juga naksir kepada Sara, terlihat dari sikap 'gila'-nya. Dia juga amat lugu terhadap pekerjaan forensik-lapangannya, meskipun dia memiliki banyak pengetahuan tentang DNA dan pelacakan jejak-jejak. Dari kecil, Greg adalah seorang anak yang luar biasa pintar, dan tumbuh menjadi pria yang bertingkah laku aneh. Dia suka mendengar musik jenis heavy metal seperti Marilyn Manson saat bekerja, sepertinya hal ini dapat meningkatkan konsentrasi kerjanya, walaupun hal tersebut amat mengganggu Grissom. Greg juga pernah mengalami ketertarikan dengan beberapa wanita baik di luar maupun dalam Lab, bahkan ia pernah bertarung dengan David Hodges memperebutkan seorang teknisi DNA, Mia Dickerson.
  • Dr. Albert "Al" Robbins (Season 3- ; Ditampilkan Season 1-2) (Robert David Hall): Kepala dari Lab Koroner. Telah menikah dan memiliki tiga orang anak, ia dekat dengan Grissom, karena hanya Grissom-lah yang tampaknya paling mengerti dirinya, dan sebaliknya. Memiliki 2 kaki prostetik, diakibatkan karena kecelakaan.
  • Detective Sofia Curtis (Season 7- ; Ditampilkan Season 5-6) (Louise Lombard): Seorang CSI yang bergabung dengan tim Grissom dipertengahan Season 5, berdasarkan keputusan Asisten direktur Laboratorium Kriminal, Conrad Ecklie. Ia langsung menyatakan pengunduran diri karena telah dipecat dari jabatannya yaitu Supervisor Unit Pagi. Di Season 6, Sofia mengganti pekerjaannya dari CSI menjadi detektif. Dan setiap memecahkan sebuah kasus, ia selalu berpikir jauh, ia menjelaskan pada Grissom bahwa itu cara paling ampuh agar ia dapat konsentrasi, memperhatikan, mengerti, dan mengingat segalanya. Di Season 8 terjadi keanehan pada daftar pemain, pada episode pertama Season 8, ia disebutkan sebagai bintang tamu spesial,dan di episode ketiganya ia didaftarkan sebagai pemeran utama. Ironisnya ia tidak tampil pada episode tersebut.
  • Det. Capt. James "Jim" Brass (Paul Guilfoyle): Kapten Detektif bagian pembunuhan. Sebernarnya, Brass merupakan kepala dari Unit CSI Las Vegas, sampai dia pindah ke Kepolisian Divisi pembunuhan di episode kedua. Brass asli dari New Jersey. Dia melanjutkan bekerja dengan para CSI, walaupun menemui masalah di Season 2, yaitu berhadapan dengan anak perempuannya, Ellie yang merupakan seorang pecandu narkoba dan pelacur di Los Angeles. Dan terbukti juga di Season 2 bahwa Brass bukanlah ayah kandung Ellie. Sekarang, setelah naik jabatan menjadi Kapten Divisi Pembunuhan, ia bekerja lebih dekat dengan para CSI. Dia yang paling banyak menginterogasi dan bertanya. Karena sifat sarkastik-nya, biasanya membuat pertanyaan-pertanyaannya menjadi lebih konyol.
  • David Hodges (Season 8- ; Ditampilkan Season 3-7) (Wallace Langham): Teknisi Lab yang merupakan pegawai yang dipindahkan dari Laboratorium Kriminal Los Angeles ke Las Vegas. Penampilan Hodges adalah yang paling konyol dari semuanya, meskipun rekan-rekan kerjanya dalam serial menganggapnya menjengkelkan dan mengganggu. Ia selalu mencari muka di hadapan Grissom, yang kadang mengakui keahlian Hodges, sekalipun agak enggan. Ia naksir Mia Dickerson, seorang teknisi Lab juga. Hodges malahan pernah mengumpulkan seluruh teknisi Lab lainnya (tanpa izin Grissom, tentunya)untuk mncoba menguak kasus Pembunuh Miniatur yang belum terkuak, dan pada akhirnya ia sendiri berhasil menemukan satu kunci yang dapat membuka kasus tersebut, dan Grissom juga mengakui kehebatannya dengan perasaan yang tak begitu senang.

Musim pertama[sunting | sunting sumber]

Daftar episode[sunting | sunting sumber]

Judul Penulis Sutradara Tayang perdana Episode
"Pilot" Anthony E.Zuiker Danny Cannon 6 Oktober 2000 1
Ketika seorang pria ditemukan tewas di sebuah bak mandi, Grissom mencurigainya sebagai pembunuhan. Nick dan Warrick saling bertaruh dan bertanding siapa di antara mereka yang berhasil memecahkan kasus ke seratus dan menjadi CSI level 3. Nick menginvestigasi kasus seorang pria yang dirampok oleh seorang pelacur. Warrick dan Catherine menyelidiki kematian seorang pria yang ditembak saat mendobrak rumah tempat ia tinggal. Setelah Warrick melanggar aturan dalam mendapatkan surat perintah untuk kasus tersebut, ia terpaksa untuk menemani seorang CSI baru, Holly Gribbs. Setelah Warrick meninggalkannya di tempat kejadian sendirian untuk pergi berjudi, Holly pun tertembak.
"Cool Change" Anthony E. Zuiker Michael W. Watkins 13 Oktober 2000 2
Akibat penembakan Holly, Brass diturunkan jabatannya ke unit pembunuhan dan sebagai pengganti dirinya, Grissom memegang jabatan sebagai supervisor Unit Malam. Catherine memaksa Grissom agar dirinya dapat menginvestigasi kematian Holly. Grissom memanggil seorang CSI dari San Fransisco, Sara Sidle untuk menyelidiki keberadaan Warrick saat Holly tertembak. Grissom dan Nick menginvestigasi kematian seorang pemenang 40 juta dollar, yang diduga bunuh diri dengan cara terjun dari atap gedung.
"Crate n' Burial" Ann Donahue Danny Cannon 20 Oktober 2000 3
Catherine dan Warrick ditugaskan untuk menyelidiki tabrak lari yang memakan korban seorang anak perempuan, Renda Harris. Bukti yang mereka dapat hanyalah cat dari mobil yang menempel pada skuter anak tersebut. Sementara itu, seorang wanita bernama Laura Garas dikubur hidup-hidup dan meminta tolong. Sebuah pesan yang berisi tebusan dengan alat perekam ditemukan dengan bunyi sebagai berikut, "Bawa uang sebesar 200 juta dollar ke Charleston and Third dalam tiga jam, jika tidak istrmu akan mati. Mencegahku untuk mengambil uangnya, istrimu juga akan mati."
"Pledging Mr. Johnson" Josh Berman & Anthony E. Zuiker Richard J. Lewis 27 Oktober 2000 4
Sebuah kaki wanita ditemukan di Danau Mead, yang menuntun Grissom dan Catherine ke kasus perselingkuhan. Sementara itu, Sara dan Nick menyelidiki kasus gantung diri seorang siswa baru di organisasi persaudaraan, dan mereka pun akhirnya menyadari bahwa ada sesuatu yang salah pada saat pengucapan sumpah organisasi.
"Friends and Lovers" Andrew Lipsitz Lou Antonio 3 November 2000 5
Grissom dan Warrick menginvestigasi kasus ditemukannya mayat seorang pemuda di tengah padang gurun, di mana pemuda tersebut tewas ketakutan akibat dikejar oleh sesuatu. Catherine dan Nick menginvestigasi sebuah kematian mengerikan dari seorang pemimpin fakultas Katolik. Dan Sara, menyelidiki bagaimana seorang wanita yang telah dikubur seminggu yang lalu, ditemukan di tempat pembuangan sampah.
"Who Are You?" Carol Mendelsohn & Josh Berman Danny Cannon 10 November 2000 6
Grissom dan Nick menginvestigasi kerangka seorang wanita yang ditemukan terkubur di bawah sbuah rumah, terkubur di dalam semen. Catherine, berusaha untuk membebaskan mantan suaminya, Eddie dari tuntutan pemerkosaan. Sara dan Warrick, sibuk mencari sebuah peluru yang hilang dari sebuah kasus penembakan yang dilakukan seorang polisi, yang bisa saja membebaskan ataupun menjerumuskan polisi tersebut ke dalam penjara
"Blood Drops" Ann Donahue & Tish McCarthy Kenneth Fink 17 November 2000 7
4 orang anggota keluarga dibantai habis-habisan, dan yang tersisa hanya 2 orang anak perempuannya saja. Pertama kali, Grisssom dan tim-nya menganggap bahwa hal ini merupakan perbuatan dari orang lain akibat stress, tetapi bukti-bukti menunjukan hal sebaliknya
"Anonymous" Eli Talbert & Anthony E.Zuiker Danny Cannon 24 November 2000 8
Kasus pembunuhan di bak mandi terulang kembali, hal ini membuat Grissom menyadari bahwa ia sedang berhadapan dengan seorang pembunuh yang memiliki pengetahuan Forensik yang luas. Sementara Nick dan Warrick menginvestigasi kasus sebuah mobil milik turis yang jatuh ke jurang.
"Unfriendly Skies" Andrew Lipsitz, Carol Mendelsohn, & Anthony E.Zuiker Michael Saphiro 8 Desember 2000 9
Grissom beserta tim-nya, menginvestigasi pembunuhan seorang penumpang pesawat kelas 1 tujuan Las Vegas. Akan tetapi, mereka amat dikejar waktu, sebab dalam 12 jam kasus tersebut akan diambil alih oleh F.B.I.Yang memperparah lagi, seluruh penumpang pesawat tak dapat diajak kerjasama dengan baik, yang membuat mereka mencurigai seluruh penumpang pesawat.
"Sex, Lies, and Larvae" Ann Donahue & Josh Berman Thomas J.Wright 15 Desember 2000 10
Grissom dan Sara menginvestigasi kasus ditemukannya sebuah mayat wanita yang telah dikerubungi oleh serangga. Grissom menggunakan bukti-bukti entomologik ini untuk memecahkan kasus tersebut. Sayangnya, tersangka utamamereka - sang suami - sedang berada di luar kota. Dan Sara cemas, jangan-jangan sang suami menghindar dari pembunhan tersebut. Catherine dan Warrick mencari tahu siapa sang pencuri lukisan. Dan Nick, menginvestigasi hilangnya seorang wanita, setelah ditemukan mobil wanita tersebut di stasiun bus.
"I-15 Murders" Carol Mendelsohn Oz Scott 12 Januari 2001 11
Seorang wanita diculik ketika ia sedang berbelanja ke supermarket. Dan Grissom menemukan sebuah tulisan di pintu kamar mandi, yang mengatakan bahwa sang penculik telah membunuh lima orang wanita. Sementara Sara dan Warrick harus mengesampingkan persoalan pribadi, untuk menyelidiki kasus pembunuhan dan perampokan seorang pria, yang ditemukan oleh saudaranya sendiri. Nick, harus menyelamatkan temannya - sang pelacur, Kristy Hopkins - lagi dari perkelahian dengan seorang penjaga hotel.
"Fahrenheit 932" Jacqueline Zambrano Danny Cannon 1 Februari 2001 12
Grissom, Sara, dan Warrick mencoba untuk membebaskan seorang pria yang tertuduh melakukan pembakaran dan membunuh keluarganya. Dari hal ini, mereka mengetahui bahwa sang Supervisor Unit Pagi, Conrad Ecklie telah melakukan kesalahan. Sementara Nick dan Catherine menyelidiki penembakan seorang pria remaja yang ditembak dalam keadaan duduk di kursi depan mobilnya.
"Boom" Ann Donahue, Josh Berman, & Carol Mendelsohn Kenneth Fink 8 Februari 2001 13
Grissom, Sara, dan Warrick menginvestigasi kasus meledaknya sebuah bom di sebuah kantor dan menewaskan sang penjaga keamanan. Tersangka utamanya adalah penjaga keamanan yang lainnya yang ternyata memiliki keterampilan dalam merakit sebuah bom, dan juga merupakan penggemar Grissom. Setelah Nick menghabiskan waktu semalaman dengan Kristy, keesokan harinya Kristy ditemukan terbunuh di rumahnya sendiri. Sidik jari dan DNA Nick ditemukan di tempat kejadian, sehingga Ecklie amat mencurigai Nick. Catherine berusaha membantu Nick agar Nick tidak kehilangan pekerjaannya.
"To Have and To Hold" Andrew Lipsitz & Ann Donahue Lou Antonio 15 Februari 2001 14
Tulang-tulang manusia ditemukan tersebar di padang gurun. Grissom, Catherine, dan Nick menyatukannya kembali. Sementara, Sara dan Warrick menginvestigasi kematian seorang penari erotis pria yang pada malam sebelumnya tampil di pesta lajang.
"Too Tough Too Die" Elizabeth Devine Richard J. Lewis 1 Maret 2001 16
Grissom, Sara, dan Nick menginvestigasi sebuah kasus yang memakan korban seorang wanita yang telah diculik dari tempat parkir, diperkosa, lalu ditinggalkan begitu saja dan hampir meninggal. Sara terlalu emosional dalam menghadapi kasus tersebut. Sementara Catherine dan Warrick mengambil kasus seorang CSI Unit Pagi yang telah keluar, kasus tersebut berkaitan dengan perselisihan antara tetangga, yang malah membawa mereka ke kasus pembunuhan.
"Face Lift" Josh Berman Lou Antonio 8 Maret 2001 17
Grissom, Nick, dan Catherine menginvestigasi sebuah kasus pencurian sekaligus pembunuhan; di mana ditemukan sebuah sidik jari seorang anak perempuan yang telah menghilang 21 tahun yang lalu. Sara dan Warrick menyelidiki bagaimana seorang wanita dapat terbakar saat sedang duduk di kursinya sendiri.
"$35K O.B.O." Eli Talbert Roy H.Wagner 29 Maret 2001 18
Seorang saksi mata melihat pembunuhan ganda di tengah hujan, yang juga merupakan perampokan mobil. Setelah mobil tersebut ditemukan di tempat kejadian yang berbeda, kasus tersebut makin menjadi sulit. Sementara Catherine menginvestigasi jatuhnya sebuah gedung apartemen yang menewaskan 3 orang tua.
"Gentle, Gentle" Ann Donahue Danny Cannon 12 April 2001 19
Seluruh anggota tim menginvestigasi penculikan seorang bayi dari sebuah keluarga kaya, di mana sang penculik meninggalkan sebuah surat. Yang membuat mereka curiga adalah, bahwa dalam surat tersebut tidak dimintai tebusan. Dan seluruh bukti yang ada pun membuktikan bahwa keluarga tersebut menyembunyikan sesuatu.
"Sounds of Silence" Andrew Lipsitz & Josh Berman Peter Markle 19 April 2001 20
Sara dan Warrick menginvestigasi kasus tabrak lari seorang pemuda, yang ternyata pemuda tersebut tuli. Sehingga mereka harus berhadapan dengan Kepala dari sekolah khusus untuk tuna rungu, di mana mereka akan mengetahui rahasia Grissom. Catherine dan Nick menginvestigasi penembakan di sebuah Cafe, yang menewaskan 5 orang.
"Justice is Served" Jerry Stahl Thomas J.Wright 26 April 2001 21
Grissom, Nick, dan Warrick menginvestigasi kematian seorang pejogging, yang diterkam oleh seekor anjing. Dan yang lebbih mengejutakn lagi, hati orang tersebut telah dipindahkan setelah dia mati. Dan dari cara memindahkannya, terlihat bahwa yang memindahkannya memiliki keahlian membedah. Semetara Sara dan Catherine menginvestigasi kematian seorang anak perempuan berumur 6 tahun di karnaval. Di mana, Catherine terlibat secara emosional di dalamnya.
"Evaluation Day" Anthony E. Zuiker Kenneth Fink 10 Mei 2001 22
Hari di mana Grissom harus mengevaluasi seluruh anggota timnya, Grissom dan Catherine menginvestigasi sebuah kepala yang ditemukan di sebuah mobil yang dicuri. Sara dan Nick menginvestigasi sebuah tubuh manusia di tengah padang gurun, tanpa kepala. Warrick harus berurusan dengan James - "Teman Kecilnya" - karena hanya dia yang merupakan saksi mata dari pembunuhan di penjara remaja.
"The Strip Strangler" Ann Donahue Danny Cannon 17 Maret 2001 23
Sang pembunuh serial di Las Vegas kembali lagi; karena ia tak meninggalkan bukti sama sekali, sang Sherrif akhirnya membawa F.B.I. untuk menyelidiki. Hal ini membuat Grissom marah, apalagi saat mereka menggunakan Sara sebagai umpan untuk memancing pembunuh tersebut.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]