Zona Pengembangan Dalian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Zona Pengembangan Dalian

Zona Pengembangan Dalian (KaiFaQu Hanzi: 大连开发区; Pinyin: Dàlián kāifā qū) terletak di Distrik Jinzhou, Dalian, Provinsi Liaoning, Tiongkok. Ditetapkan sebagai Zona Pengembangan Ekonomi dan Teknologi yang pertama secara nasional pada tahun 1984.

Riwayat[sunting | sunting sumber]

Kaifaqu (开发区, Zona pengembangan) diresmikan pada September 1984, sebelumnya dinamakan Zona Pengembangan Ekonomi dan Teknologi Dalian (Hanzi: 大连经济技术开发区; Pinyin: Dàlián jīngjì jìshù kāifā qū) atau Zona Pengembangan Dalian. Nama Kaifaqu telah digunakan selama beberapa tahun, karena menjangkau wilayah yang jauh lebih luas termasuk Zona Perdagangan Bebas Dalian (Hanzi: 大连保税区; Pinyin: Dàlián bǎoshuìqū) di selatan dan Pelabuhan DD (Pelabuhan D Ganda) (Hanzi: 双D港; Pinyin: Shuāng D gǎng) di sebelah timur. Selain itu, nama Kaifaqu juga mencerminkan peningkatan kemakmuran ekonomi. Sekarang Kaifaqu telah menjadi sebuah kota yang berkembang pesat, dengan wilayah seluas 338 km² dan populasi 360.000 jiwa, yang terdiri dari 31 kelompok etnis antara lain: Han, Man, Hui, Chaoxian (Korea), Mongolia dan lainnya. Pada tanggal 9 April 2010, guna sepenuhnya menunjukkan manfaat dan vitalitas pembangunan serta lebih mempercepat proses urbanisasi Dalian, Komite dan Pemerintah Kota Dalian memutuskan untuk menggabungkan Distrik Jinzhou dengan Zona Pengembangan Ekonomi dan Teknis Dalian (termasuk Zona Pemrosesan Ekspor dan Pantai Kerikil, sebuah tempat wisata dan liburan peringkat 5A) serta mendirikan Distrik Baru Jinzhou.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Jinzhou New District - General Situation". 2012-06-21. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-04. Diakses tanggal 6 January 2015.