Zona Operasi Kaki Pegunungan Alpen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Zona Operasi Kaki Pegunungan Alpen

Operationszone Alpenvorland
1943–1945
Bendera Kaki Pegunungan Alpen
Bendera
{{{coat_alt}}}
Lambang
Zona Operasional Kaki Gunung Alpen ("OZAV")
Zona Operasional Kaki Gunung Alpen ("OZAV")
Ibu kotaBozen
PemerintahanKomisariat
High Commissioner 
• 1943–1945
Franz Hofer
Sejarah 
• Didirikan
1943
• Dibubarkan
1945
Didahului oleh
Digantikan oleh
Kerajaan Italia
Kerajaan Italia
Sekarang bagian dari Italia

Zona Operasi Kaki Pegunungan Alpen (bahasa Jerman: Operationszone Alpenvorland (OZAV); bahasa Italia: Zona d'operazione Prealpi) adalah sebuah distrik di daerah sub-Alpine yang dibuat oleh Jerman Nazi di wilayah Italia selama Perang Dunia Kedua.[1]

Asal dan geografi[sunting | sunting sumber]

OZAV didirikan pada 10 September 1943 oleh pendudukan Jerman Wehrmacht, sebagai tanggapan terhadap Sekutu yang melakukan gencatan senjata dengan Italia yang diproklamirkan dua hari sebelumnya setelah invasi Sekutu ke Italia. Daerah ini terdiri dari provinsi Belluno, Bolzano dan Trento. Sedangkan Zona Operasional Pesisir Adriatik yang didirikan pada hari yang sama meliputi provinsi Udine, Görz, Trieste, Pula, Rijeka, Teluk Kvarner dan Ljubljana. Kedua zona operasi ini secara resmi milik Republik Sosial Italia (RSI), yang mengatur wilayah-wilayah Italia dari Salò di Danau Garda dan belum diduduki oleh pihak Sekutu.  

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ After the German surrender, Bozen was put under military occupation by the United Nations and given back to Italy only in 1947 when it had become a Republic.