Lompat ke isi

Zidane Iqbal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Zidane Iqbal

Zidane Aamar Iqbal (bahasa Arab: زيدان عمار إقبال, bahasa Urdu: زیدان عامر اقبال; lahir 27 April 2003) adalah seorang pesepak bola Irak kelahiran Manchester, Inggris. Ia lahir dari ayah berkebangsaan Pakistan dan ibu berkebangsaan Irak. Pada 27 April 2003, Iqbal telah menunjukkan bakat sepak bola sejak usia empat tahun dan bergabung dengan akademi Manchester United saat berusia sembilan tahun. Performa impresifnya di kelompok usia muda membuat manajemen Manchester United mengontraknya secara profesional pada April 2021.

Iqbal menjadi pemain keturunan Inggris-Asia Selatan pertama yang bermain untuk klub Manchester United dalam ajang Liga Champions 2021/2022. Dengan garis keturunan dan tempat kelahirannya, Zidane Iqbal memiliki opsi untuk memilih membela tiga negara: Inggris, Irak, dan Pakistan. Namun, Iqbal memilih untuk membela Irak setelah mendapatkan paspor pada Mei 2021. Debutnya bersama timnas Irak terjadi di kelompok U-23 pada ajang Piala WAFF 2021.

Meskipun mendapat panggilan untuk membela Irak U-20 pada Piala Arab U-20 2021, Iqbal tidak dapat memenuhinya karena dilarang oleh klubnya akibat kondisi pandemi Covid-19. Debutnya di level senior terjadi pada kualifikasi Piala Dunia FIFA 2022 zona Asia, kala ia turut bermain dalam pertandingan melawan Iran dan Lebanon.[1]

Referensi

[sunting | sunting sumber]