Zane Lowe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Zane Lowe
Lowe di RockNess 2012
Nama lahirAlexander Zane Reed Lowe
Lahir07 Agustus 1973 (umur 50)
Auckland, Selandia Baru
AcaraThe Zane Lowe Show
Stasiun
Gaya
  • DJ
  • produser rekaman
  • pembawa acara televisi
Anak2

Alexander Zane Reed Lowe (lahir 7 Agustus 1973) adalah DJ radio, DJ live, produser rekaman dan presenter televisi asal Selandia Baru. Setelah awal karirnya dalam penciptaan musik, produksi dan DJ, ia pindah ke Inggris pada tahun 1997. Ia menjadi terkenal melalui presentasi di XFM dan MTV Europe (MTV Two), mengembangkan karir DJ dengan membuka set untuk band dan akhirnya mendapatkan slot di radio prime-time di BBC Radio 1 dari 2003–2015, dengan judul 'Zane Lowe's World Record', menayangkan musik terbaik dan terhangat di Inggris.

Pada tahun 2015, ia dipilih oleh Apple untuk menjadi Direktur Kreatif stasiun musik baru mereka yang berskala dunia, Apple Music 1.

Awal karier[sunting | sunting sumber]

Lahir di Auckland,[1] Lowe bersekolah di Auckland Grammar School dan menjadi presenter di stasiun musik lokal Max TV.[2] Zane adalah anggota Urban Disturbance, grup hip hop awal tahun 90an yang memiliki lagu hit "No Flint No Flame"[3] dan juga anggota Breaks Co-Op, bersama Andy Lovegrove dan Hamish Clark. Lowe dan Clark membentuk Breaks Co-Op di Auckland, merilis album elektronik Roofers pada tahun 1997 sebelum mereka berdua meninggalkan Selandia Baru untuk bepergian dan mengejar minat lain. Keduanya akhirnya mengembangkan karir mereka di Inggris.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kiwi-born DJ home for first stadium gig. The New Zealand Herald. 27 February 2011. Retrieved 9 September 2011.
  2. ^ "Zane Lowe biography". jhooakley.com. 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 May 2012. Diakses tanggal 21 June 2017 – via Wayback Machine. 
  3. ^ "Urban Disturbance - AudioCulture". www.audioculture.co.nz. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]