Zakharia (raja Israel)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Zakharia, karya Guillaume Rouillé dalam Promptuarii Iconum Insigniorum

Zakharia (bahasa Inggris: Zechariah dieja Zachariah dalam terjemahan Raja James (King James Version); Zacharias dalam terjemahan Douay-Rheims; bahasa Ibrani: זכריה, artinya "diingat oleh YAH"; bahasa Latin: Zacharias) adalah raja Kerajaan Israel Utara menurut Alkitab Ibrani dan Perjanjian Lama di Alkitab Kristen. Ayahnya adalah raja Yerobeam II. Ia memerintah 6 bulan di Samaria. Salum bin Yabesh mengikat persepakatan melawan dia, membunuh dia di Yibleam, kemudian menjadi raja menggantikan dia.[1]

Dalam masa pemerintahannya, dicatat hal-hal berikut:

  • Kelakuannya dianggap jahat di mata TUHAN, seperti nenek moyangnya. Ia tidak menjauh dari dosa-dosa Yerobeam bin Nebat, yang mengakibatkan orang Israel berdosa pula.
  • Dengan kematian dan akhir kekuasaan keluarganya, terjadilah firman TUHAN yang diucapkan-Nya kepada Yehu (raja Israel):
"Anak-anakmu sampai kepada keturunan yang keempat akan duduk di atas takhta Israel!".[2]

Catatan Alkitab[sunting | sunting sumber]

2 Raja-raja 15:8-13

Dalam tahun ketiga puluh delapan zaman Azarya, raja Yehuda, Zakharia, anak Yerobeam, menjadi raja atas Israel di Samaria. Ia memerintah enam bulan lamanya.
Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN seperti yang telah dilakukan oleh nenek moyangnya. Ia tidak menjauh dari dosa-dosa Yerobeam bin Nebat, yang mengakibatkan orang Israel berdosa pula.
Salum bin Yabesh mengikat persepakatan melawan dia, membunuh dia di Yibleam, kemudian menjadi raja menggantikan dia.
Selebihnya dari riwayat Zakharia, sesungguhnya semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Israel.[1]
Bukankah begini firman TUHAN yang diucapkan-Nya kepada Yehu: "Anak-anakmu sampai kepada keturunan yang keempat akan duduk di atas takhta Israel!" Dan terjadilah demikian.[2]
Salum bin Yabesh menjadi raja dalam tahun yang ketiga puluh sembilan zaman Uzia, raja Yehuda. Ia memerintah sebulan lamanya di Samaria.[3]

Perhitungan waktu[sunting | sunting sumber]

Zakharia menjadi raja pada tahun ke-38[4] dan meninggal pada tahun ke-39[3] pemerintahan raja Azarya (Uzia) dari Kerajaan Yehuda.

William F. Albright menulis tahun pemerintahannya 746-745 SM, sementara Edwin R. Thiele menulis 753-752 SM.[5][6]

Zakharia (raja Israel)
Cabang kadet ?
memerintah sejaman dengan Raja Yehuda: Azarya (=Uzia)
Wafat: 752 SM
Gelar pemerintahan
Didahului oleh:
Yerobeam II
Raja Israel
753 - 752 SM
Diteruskan oleh:
Salum

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b 2 Raja-raja 15:8-11 (TB) - Sabda.org.
  2. ^ a b 2 Raja-raja 15:12 (TB) - Sabda.org.
  3. ^ a b 2 Raja-raja 15:13 (TB) - Sabda.org.
  4. ^ 2 Raja-raja 15:8
  5. ^ Thiele, Edwin R., The Mysterious Numbers of the Hebrew Kings, (1st ed.; New York: Macmillan, 1951; 2d ed.; Grand Rapids: Eerdmans, 1965; 3rd ed.; Grand Rapids: Zondervan/Kregel, 1983). ISBN 0-8254-3825-X, 9780825438257
  6. ^ McFall, Leslie, Translation Guide to the Chronological Data in Kings and Chronicles (PDF), hlm. 12, diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2010-07-19 .