Yulia Gurska

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Yulia Gurska
Informasi latar belakang
Nama lahirYulia Gurska
Lahir28 April 1995 (umur 26)
Vinnytsia, Ukraina
AsalVinnytsia, Ukraina
GenrePop
PekerjaanPenyanyi
Tahun aktif2001 - sekarang

Yulia Gurska (lahir 28 April 1995), adalah seorang penyanyi berkebangsaan Ukraina yang merupakan partisipan Kontes Lagu Eurovision Junior tahun 2010. Ia berhasil menjuarai Seleksi Nasional dan berhak mewakili Ukraina dalam penyelenggaraan kontes tersebut.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Yulia adalah seorang siswa Kelas Bahasa di Vinnytsia Technical Lyceum (Lyceum Teknik Vinnytsia) di Ukraina, sekolah yang merupakan pemenang Olimpiade Bahasa Inggris Tingkat Kota Vinnytsia. Ia adalah partisipan aktif dari penampilan teater di kelas literari. Meskipun ia (sebetulnya) bukan merupakan tokoh kultur di sana, tetapi ia mempunyai banyak musik favorit. Hobinya adalah membaca, membuat origami, dan berenang, termasuk musik. Ia juga menyukai hewan, dan pada kenyataannya ia mempunyai hewan peliharaan. Hewan peliharaannya bernama Martha, si anjing Pudel beserta Alevtina si tikus

Karier[sunting | sunting sumber]

Yulia memulai karier menyanyinya pada usia yang sangat muda, yaitu 6 tahun. Saat ia berusia 7 tahun, ibunya memasukannya ke sekolah musik. Sejak umur 9 tahun, ia telah berlatih di studio musik pop dan jazz di Vinnytsia Regional Teacher's Culture Center (Sentra Kultur Guru Regional Vinnytsia). Sebagai seorang penyanyi tunggal dalam studio tersebut, di bawah asuhan gurunya, Marina Maltseva, Yulia mulai memenangi lomba menyanyi ataupun kontes lagu, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Seleksi Nasional jelang Kontes Lagu Eurovision Junior pun diikutinya. Pada akhirnya, Yulia memenangi seleksi nasional tersebut dan berhak untuk mewakili Ukraina di babak inti kontes. Lagu yang dibawakannya adalah "Miy Litak" (Pesawatku), dikarangnya sendiri bersama dengan Andrii Mausich. Ia mendapatkan urutan tampil kelima setelah wakil Serbia Sonja Škorić dan sebelum wakil Swedia Josefine Ridell. Akan tetapi, penampilannya masih belum maksimal sehingga Yulia menempati posisi terakhir (yaitu posisi ke-14), dengan raihan 28 poin.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Andranik Aleksanyan
dengan "Try Topoli, Try Surmy"
Ukraina di Kontes Lagu Eurovision Junior
2010
Diteruskan oleh:
Belum ditentukan