Suku Tlapanec

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Yopi)


Tlapanec
Me'phaa
Daerah dengan populasi signifikan
Meksiko (Guerrero, Oaxaca, Morelos)
Bahasa
Tlapanec, Spanyol
Agama
Katolik, Protestan, animisme
Kelompok etnik terkait
Subtiaba

Suku Tlapanec/ˈtlæpənɛk/ adalah penduduk asli di negara bagian Guerrero di Meksiko. Mereka menuturkan bahasa Me'phaa yang merupakan bagian dari rumpun bahasa Oto-Manguea. Saat ini suku Tlapanec berjumlah sekitar 98.000 jiwa.

Pada masa pra-Columbus, mereka tinggal di wilayah pegunungan terpencil di sepanjang kawasan Costa Chica di Guerrero di sebelah tenggara Acapulco. Wilayah mereka disebut Yopitzinco oleh bangsa Aztek. Suku ini juga disebut Yopi oleh bangsa Aztek. Yopitzinco tidak pernah ditaklukan oleh bangsa Aztek. Kota utamanya adalah Tlapan dan nama Tlapanec dalam bahasa Nahuatl berarti "penghuni Tlapan".

Agama[sunting | sunting sumber]

Suku Tlapanec menjelaskan fenomena-fenomena alam lewat mitologi, seperti mitos penciptaan matahari (Akha'), bulan (Gon') dan dewa api (Akuun mbatsuun'). Mereka semua lahir di tepi sungai dan dibesarkan oleh Akuun ñee, dewi temazcal dan pelindung dualitas panas/dingin.

Unsur penting lainnya dalam budaya mereka adalah nagualisme. Saat bayi baru saja lahir, konon pada saat yang sama terlahir seekor hewan, dan hewan itu merupakan nahual anak tersebut. Tidak ada orang yang tahu nahual anak tersebut kecuali si anak itu sendiri, karena nahual hanya akan menunjukkan dirinya di dalam mimpi anak tersebut.

Referensi[sunting | sunting sumber]