Yonatan Ratosh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Yonatan Ratosh

Uriel Shelach (Ibrani: אוריאל שלח) (18 November 1908 – 25 Maret 1981), lebih dikenal dengan nama pena Yonatan Ratosh (Ibrani: יונתן רטוש), adalah seorang penyair Israel dan pendiri gerakan Kanaanisme.

Ia lahir dengan nama Uriel Heilperin (Ibrani: אוריאל הלפרין) di Warsawa, Polandia, dari keluarga pendukung gerakan Zionisme. Ayahnya Yechiel adalah seorang pendidik dan penganjur bahasa Ibrani, yang membesarkan Uriel dan saudara-saudaranya dalam bahasa tersebut. Pada tahun 1921, keluarga mereka berimigrasi ke daerah Mandat Palestina. Uriel mengubah nama belakangnya dari Heilperin menjadi Halperin, lalu menjadi Shelakh. Ia kemudian menggunakan nama samaran Yonatan Ratosh dalam puisi dan tulisan politisnya.[1] Ia kuliah di Universitas Ibrani Yerusalem dan Sorbonne, dan menerbitkan puisi pertamanya pada tahun 1926. Pada pertengahan 1930-an, ia menjadi redaktur koran gerakan Revisionis, serta aktif dalam organisasi sayap kanan bawah tanah.[2]

Ratosh pernah menerima Hadiah Perdana Menteri.[2] Anaknya Saharon Shelah adalah seorang ahli matematika, yang memenangkan Penghargaan Israel. Anak lainnya Hamman Shelah, tewas bersama istri dan anak perempuannya dalam pembantaian Ras Burqa. Salah seorang saudaranya ialah ahli bahasa Uzi Ornan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • The Modern Hebrew Poem Itself (2003) - ISBN 0-8143-2485-1
  • Homeland or Holy Land?: The "Canaanite" Critique of Israel, oleh James S. Diamond
  • The New Hebrew Nation, oleh Yaacov Shavit
  • Jewish State or Israeli Nation?, oleh Boas Evron