Yonatan Netanyahu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Yonatan Netanyahu
Berkas:Yoni-candid.jpg
Nama lain Jonathan Netanyahu
Julukan Yoni
Lahir 13 Maret 1946
New York City, Amerika Serikat
Meninggal 4 Juli 1976(1976-07-04) (umur 30)
Entebbe, Uganda
Pengabdian  Israel
Lama dinas 1964–1976
Pangkat Lieutenant Colonel
Kesatuan Sayeret Matkal
Perang/pertempuran
Penghargaan Medal of Distinguished Service

Yonatan "Yoni" Netanyahu (bahasa Ibrani: יונתן נתניהו; lahir di New York City, Amerika Serikat , 13 Maret 1946 – meninggal di Entebbe, Uganda , 4 Juli 1976 pada umur 30 tahun) adalah seorang perwira Israel Defense Forces (IDF) yang memimpin unit komando elit Sayeret Matkal dalam Operation Entebbe, suatu operasi pembebasan sandera yang ditahan di Bandar udara Entebbe di Uganda pada tahun 1976. Misi itu berakhir dengan sukses, di mana 102 dari 106 sandera berhasil diselamatkan, tetapi Netanyahu gugur dalam aksi itu— satu-satunya kematian di pihak IDF selama operasi tersebut.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Putra tertua profesor Israel Benzion Netanyahu, Yonatan dilahirkan di New York City dan masa mudanya terutama di Amerika Serikat, sampai sekolah menengah atas. Setelah bertugas di IDF selama Perang Enam Hari tahun 1967, ia sempat kuliah sebentar di Harvard University sebelum pindah ke Hebrew University, Yerusalem pada tahun 1968; segera setelah itu ia meninggalkan bangku kuliah dan kembali ke IDF. Ia bergabung dalam Sayeret Matkal pada awal tahun 1970-an dan diberi penghargaan Medal of Distinguished Service karena kepahlawanannya dalam Perang Yom Kippur tahun 1973. Setelah kematiannya Operasi Entebbe diganti namanya menjadi "Operasi Yonatan" untuk menghormatinya.

Adik Yonatan, Benjamin Netanyahu, menjabat Perdana Menteri Israel sejak tahun 2009, dan juga pernah menjadi Perdana Menteri antara tahun 1996 dan 1999. Baik Benjamin dan saudara laki-laki ketiga, Iddo Netanyahu, pernah bertugas dalam Sayeret Matkal.

Referensi[sunting | sunting sumber]