Yolande dari Dreux (1263-1322)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Yolande dari Dreux
Yolande dari Dreux
Yolande dari Dreux
Comtesse Montfort
Tenure 1311–1322
Pendahulu Béatrice
Pengganti Jean de Montfort
Permaisuri Skotlandia
Tenure 1285–1286
Lahir 1263
Wafat 2 Agustus 1322
Ayah Robert IV dari Dreux
Ibu Béatrice dari Montfort
Pasangan Alexander III dari Skotlandia
Arzhur II dari Bretagne
Anak
Yann Moñforzh

Yolande dari Dreux (1263 – 2 August 1322) merupakan Comtesse Montfort dengan haknya sendiri. Melalui pernikahan pertamanya dengan Alexander III dari Skotlandia, Yolande menjadi Permaisuri Kerajaan Skotlandia. Melalui pernikahan keduanya dengan Arzhur II, ia menjadi permaisuri Bretagne. Ia adalah putri Robert IV, Comte Dreux, dan Béatrice, Comtesse Montfort.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Lambang (Wangsa Dreux)

Yolande adalah anggota keluarga Wangsa Kapetia dan memiliki hubungan dekat dengan keluarga bangsawan yang terkenal lainnya. Ayahandanya adalah keturunan dari Raja Louis VI dari Perancis, neneknya dari pihak ayahandanya, Marie de Bourbon adalah sepupu Gwijde dari Dampierre, Comte Flandria, dan ibundanya, Béatrice adalah putri tunggal Comte Jean I dan istrinya Jeanne dari Chateaudun. Yolande menggantikan ibundanya sebagai Comtesse Montfort Suo jure.

Yolande adalah istri kedua Alexander III, Raja Skotlandia, yang menikahinya untuk memiliki keturunan. Pernikahan Yolande dengan Alexander diikuti dengan kematian anak terakhirnya yang masih hidup dari pernikahannya dengan Margaret, putri Henry III dari Inggris, seorang putra yang juga bernama Alexander. Selain memberi ahli waris untuk Kerajaan Skotlandia, pernikahan Alexander dengan Yolande mewakili sebuah langkah untuk menjauhkan Alexander dari tetangganya Edward I dari Inggris, dan untuk mempertegas kemerdekaan Skotlandia dari Inggris. Yolande memiliki hubungan dengan suaminya Alexander III melalui leluhur yang sama di dalam wangsa kerajaan Perancis Coucy dan Dreux. Pernikahan itu dirayakan pada tanggal 15 Oktober 1285 di Biara Jedburgh.

Alexander meninggal pada tanggal 18 Maret atau 19 Maret 1286, setelah terjatuh dari kudanya, ketika ia mengendarainya dari istananya di Edinburgh untuk bergabung dengan Yolande di Kinghorn. Di duga pada saat ini Ratu telah mengandung seorang ahli waris kerajaan. Pengawal Skotlandia terpilih oleh parlemen yang diadakan di Scone, Perth dan Kinross pada tanggal 2 April atau 28 April 1286 untuk memerintah kerajaan sambil menunggu kelahiran anak. Tidak jelas apa yang terjadi padanya, diduga ia mengalami keguguran. Namun pada satu catatan Pengawal yang berkumpul di Clackmannan pada hari perayaan Santa Katarina yang jatuh pada tanggal 25 November 1286 — untuk menyaksikan kelahiran, namun anak itu masih belum lahir.[a]

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Pernikahan kedua Yolande dengan Arzhur II, pada tahun 1292 sampai kematiannya pada tahun 1312. Yolande dan Arzhur memiliki setidaknya enam orang anak:

Arzhur meninggal pada tahun 1312 dan digantikan oleh putranya Yann III, yang lahir dari pernikahan pertamanya dan bukan putranya yang lahir dari Yolande yang juga dinamakan Yann, pada tanggal 2 Agustus 1322. Wilayahnya di Montfort diserahkan kepada putranya, Yann, yang nantinya akan membela tuntutannya atas wilayah adipati ayahandanya Perang Suksesi Bretagne.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ It is also possible she had a phantom pregnancy, and according to one dubious English account she was faking pregnancy. See Peter Traquair Freedom's Sword.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Duncan, A.A.M., The Kingship of the Scots 842–1292: Succession and Independence. Edinburgh University Press, Edinburgh, 2002. ISBN 0-7486-1626-8
  • Macdougall, Norman, "L'Écosse à la fin du XIIIe sieclè: un royaume menacé" in James Laidlaw (ed.) The Auld Alliance: France and Scotland over 700 Years. Edinburgh University, Edinburgh, 1999. ISBN 0-9534945-0-0
Yolande dari Dreux (1263-1322)
Lahir: 1263 Wafat: 2 Agustus 1322
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Béatrice
Comtesse Montfort
1311–1322
bersama dengan Arzhur II (1311–1312)
Diteruskan oleh:
Yann Moñforzh
Gelar penyandang kekuasaan
Lowong
Terakhir dijabat oleh
Margaret dari Inggris
Permaisuri Skotlandia
1285–1286
Lowong
Selanjutnya dijabat oleh
Elizabeth de Burgh
Lowong
Terakhir dijabat oleh
Blanche
Permaisuri Bretagne
1305–1312
Diteruskan oleh:
Isabel