Lompat ke isi

Yoko Taro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Yoko Taro
Yoko mengenakan topeng ikoniknya pada tahun 2018
Nama asal横尾 太郎
Lahir6 Juni 1970 (umur 54)
Nagoya, Aichi, Jepang
Kebangsaan Jepang
AlmamaterKobe Design University
PekerjaanPerancang permainan video, penulis
Tahun aktif1994–sekarang
Karya terkenal
GelarPresiden dan CEO Bukkoro
Suami/istriYoko Yukiko[1]
Situs webbukkoro.com
IMDB: nm1576477 Twitter: yokotaro Musicbrainz: df4abdd2-8fc5-408d-8c03-79c875f86eb8 Edit nilai pada Wikidata

Yoko Taro (横尾 太郎, Yokoo Tarō, lahir 6 Juni 1970) adalah video game sutradara dan penulis skenario asal Jepang. Memulai karirnya di perusahaan game Cavia yang sekarang sudah tidak ada lagi, karyanya yang paling terkenal adalah di seri permainan video peran aksi, Drakengard dan sempalan-nya, Nier dan Nier: Automata. Yoko lahir di Nagoya, Aichi, dan belajar di Kobe Design University pada tahun 1990-an. Meskipun awalnya dia tidak berniat mengejar karir di bidang video game, setelah bekerja di Namco dan Sony, dia bergabung dengan Cavia dan menjadi sutradara dan penulis skenario untuk game Drakengard yang pertama. Dia telah bekerja secara ekstensif pada setiap game dalam seri ini (kecuali Drakengard 2), dan pada judul seluler, setelah menjadi pekerja lepas setelah Cavia diserap ke dalam AQ Interactive.

Kritikus telah memperhatikan desain permainan dan gaya penulisan Yoko yang tidak konvensional. Salah satu aspek utama dari karyanya adalah mengeksplorasi aspek-aspek yang lebih gelap dari manusia, seperti mengapa mereka terdorong untuk membunuh satu sama lain, meskipun ia biasanya tidak memiliki pendapat yang sama tentang sifat-sifat gelap dari ceritanya. Teknik penulisannya, yang digambarkan sebagai "penulisan naskah mundur", melibatkan penjabaran akhir cerita terlebih dahulu dan membangun narasi mundur dari titik tersebut. Karena rasa jijiknya difoto, ia biasanya memakai topeng saat memberikan wawancara atau presentasi permainan.

Kehidupan awal dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Yoko Taro lahir di Nagoya, Aichi, pada tanggal 6 Juni 1970.[2] Orang tua Taro sering absen dari rumah karena pekerjaan mereka, sehingga ia lebih banyak dibesarkan oleh neneknya, yang meninggalkan kesan kuat pada dirinya.[3] Semasa mudanya, dia mendengar tentang sebuah kejadian yang akan mempengaruhi pekerjaannya selanjutnya sebagai penulis skenario: ketika seorang kenalannya berada di jalan perbelanjaan bersama sekelompok temannya, salah satu dari mereka yang sedang berjalan di sepanjang atap gedung yang tinggi terpeleset dan meninggal karena kecelakaan. jatuh. Adegan yang didengar Yoko awalnya "mengerikan", tapi mengandung unsur lucu juga.[4] Ia belajar di Kobe Design University dan lulus pada bulan Maret 1994.[2][5] Ia menikah dengan Yukiko Yoko, seorang ilustrator yang mengerjakan serial Taiko no Tatsujin dan juga mengerjakan Drakengard 3.[1][2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Sato (June 28, 2015). "Nier Creator Taro Yoko Started His Own Company". Siliconera. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 29, 2015. Diakses tanggal June 29, 2015. 
  2. ^ a b c "BUKKORO / ABOUT". Bukkoro.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 26, 2014. Diakses tanggal July 26, 2014. 
  3. ^ Yoko, Taro (April 2, 2013). "【日記】おばあちゃんが死んだ。". Diary of Taro Yoko (blog). Diakses tanggal July 26, 2014. 
  4. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama 4Gyoko
  5. ^ "Yoko, Taro / GDC 2014 Session Scheduler". Game Developers Conference Website. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 24, 2014. Diakses tanggal July 25, 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]