Yeolnyeo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Yeolnyeo (Hangul열녀; Hanja烈女), juga disebut sebagai Yeolbu (Hangul열부; Hanja烈婦), didefinisikan sebagai 'wanita berbudi luhur' selama dinasti Joseon Korea.[1]

Di Joseon, penekanan ditempatkan pada studi Konfusianisme. Perempuan dididik untuk berbakti kepada orang tua dan mertuanya, setia kepada suaminya dan mematuhi anak laki-lakinya setelah kematian suaminya.[2] Gyeongguk Daejeon, sebuah kode hukum yang diselesaikan pada awal Joseon, menetapkan "larangan menikah kembali bagi para janda".[3] Janda yang menikah lagi bisa dihukum mati.

Kesucian dan kesetiaan seorang wanita kepada pasangannya dianggap sangat penting sehingga pemerintah memberikan penghargaan yang disebut yeolnyeo kepada mereka yang menjalani kehidupan teladan dengan tetap setia kepada mendiang suaminya. Awalnya dimaksudkan untuk memberi contoh yang baik, penghargaan tersebut menciptakan situasi yang semakin buruk di Joseon akhir, di mana para janda akan bunuh diri agar diakui sebagai 'wanita berbudi luhur', sebuah gelar yang membawa kehormatan bagi kedua belah pihak keluarga. Ini mencapai titik di mana seorang wanita yang bertunangan akan bunuh diri jika calon suaminya meninggal sebelum upacara pernikahan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "열녀". Encyclopedia of Korean Culture. 
  2. ^ muchadoboutlove (2014-06-14). "Women of the Joseon Dynasty (Part 1)". the talking cupboard (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-03-27. 
  3. ^ "Asian Women - The Research Institute of Asian Women". e-asianwomen.org. Diakses tanggal 2021-03-27.