Yayasan Santi Rama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Yayasan Santi Rama atau dikenal dengan Santi Rama (disingkat SR) merupakan sebuah yayasan yang bergerak di bidang Pendidikan dalam format Sekolah Luar Biasa khusus Tunarungu (SLB B) yang berlokasi di Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta, tepatnya di Jalan Rumah Sakit Fatmawati, Kelurahan Cipete Selatan, Kecamatan Cilandak.

Saat ini Santi Rama mengelola pendidikan mulai dari PAUD, SDLB, SMPLB hingga SMALB.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1970-an pelayanan pendidikan tunarungu di Indonesia sangat ketinggalan selama kurun waktu dibandingkan dengan negara yang sudah maju, maka Ny. JS. Nasution yang merupakan ketua BPKKS/BKKKS saat itu beserta pengurus lainnya bekerja sama dengan Prof. dr. Hendarto Hendarmin (dokter THT) menggagas untuk membentuk Badan Pembina Santi Rama (BPSR), suatu badan yang menangani proyek uji coba terhadap pelayanan intervensi dini dan rehabilitasi anak tunarungu, dan Santi Rama merupakan pionir atau satu-satunya yang ada di Indonesia saat itu.

Bermula dari suatu kegiatan unit pelayanan dini dengan kelompok kecil, kemudian diperluas dengan jenjang-jenjang pendidikan lanjutan. Tanggal 7 September 1970 melalui SK. BPKKS No. 342/2/BPKKS/70. Badan Pembina Santi Rama diresmikan dan sejak tanggal 14 Februari 1976 Badan Pembina Santi Rama berubah menjadi Yayasan Santi Rama melalui Akta Notaris Kartini Mulyadi, SH [1].

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Daftar Prestasi dari Santi Rama adalah sebagai berikut:

Tahun Nama Acara Nama Utusan Tingkat Hasil Yang Didapat Lokasi Penyelenggara
2014 Global IT Challenge for Youth with Disabilities. Clara Gheta Aktalisa, Ferdiansyah U. dan Sanita Sanjaya Internasional Peringkat ketiga (Juara III) Busan, Korea Selatan
2014 Jakarta Taekwondo Festival SDLB Santi Rama DKI Jakarta Fight Class: Peringkat pertama dan kedua, Jutsu Class: Peringkat kedua Jakarta

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

http://www.santirama.sch.id/index.php/yayasan