Yan Baihu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Yan Baihu
Hanzi tradisional: 嚴白虎
Hanzi sederhana: 严白虎

Yan Baihu adalah pemimpin bandit yang aktif di wilayah Wu pada akhir masa Dinasti Han.

Biografi[sunting | sunting sumber]

"Baihu" bukan nama asli Yan, tetapi julukan yang diberikan kepadanya karena kekuatan fisik atau warna kulitnya; maka namanya sebaiknya diterjemahkan menjadi "Yan Harimau Putih".[1] Menurut Records of Three Kingdoms karya Chen Shou, Yan memiliki pengaruh yang besar di antara suku Shanyue dan pejabat-pejabat Han di wilayah Wu. Ketika Liu Yao diangkat sebagai Gubernur Provinsi Yang, Yan didekati dan disogok oleh Liu untuk mendukungnya melawan Yuan Shu, yang memiliki angkatan bersenjata yang besar di lembah Sungai Huai.

Setelah Liu Yao dikalahkan oleh sekutu dan bawahan Yuan Shu, Sun Ce, Yan berhasil mendirikan kembali atau bahkan menambah jumlah tentaranya menjadi puluhan ribu, yang terdiri dari elit Shanyue dan bandit, untuk mempersiapkan pertempuran melawan Sun Ce. Selain menjadi kepala perserikatan antara bandit dengan penjabat lokal, Yan juga bersekutu dengan Wang Lang, yang memiliki banyak persediaan makanan untuk tentara Yan.

Akan tetapi, Sun Ce berhasil mengecoh Wang Lang dan merebut basis persediaannya; tanpa persediaan, Yan dan Wang Lang dikalahkan oleh Sun. Yan kemudian melarikan diri ke perbukitan, dan terus mendorong suku Shanyue untuk melawan kekuasaan Sun Ce.

Dalam fiksi[sunting | sunting sumber]

Dalam novel historis Romance of the Three Kingdoms, Yan diserang oleh Sun Ce dan kemudian melarikan diri dan memohon bantuan dari Wang Lang. Namun, saat meminta bantuan dari Wang Lang, angkatan bersenjatanya dikalahkan oleh Ling Cao dan putranya, Ling Tong. Saat Yan mundur, Dong Xi mengejarnya dan membunuhnya. Dong Xi kemudian memasukkan kepala Yan ke dalam sebuah kotak dan mengirimnya ke Sun Ce.

Dalam sejarah, kemungkinan Yan dikalahkan oleh Ling Cao, namun ia berhasil bertahan hidup, dan paling tidak masih hidup hingga Sun Ce dibunuh.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "...Xu Gong was defeated and took refuge with White Tiger Yan, and Zhu Zhi took over the office of Grand Administrator..." de Crespigny, Rafe (2004) Generals of the South: the foundation and early history of the Three Kingdoms state of Wu. Canberra: Australian National University. Edisi Internet.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • de Crespigny, Rafe (2004) Generals of the South: the foundation and early history of the Three Kingdoms state of Wu. Canberra: Australian National University. Internet Edition.