Wang Lang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Wang Lang
王朗
Situ (司徒)
Masa jabatan
Januari atau Februari 227 (Januari atau Februari 227) – Desember 228 (Desember 228)
Penguasa monarkiCao Rui
PendahuluHua Xin
PenggantiDong Zhao
Sikong (司空)
Masa jabatan
11 Desember 220 (11 Desember 220) – Januari atau Februari 227 (Januari atau Februari 227)
Penguasa monarkiCao Pi
PenggantiChen Qun
Sekretaris Agung (御史大夫)
(di kerajaan vasal Cao Pi)
Masa jabatan
6 April 220 (6 April 220) – 11 Desember 220 (11 Desember 220)
Penguasa monarkiKaisar Xian dari Han
KanselirCao Pi
Hakim Agung (大理)
(di kerajaan vasal Cao Cao)
Masa jabatan
? (?) – ? (?)
Penguasa monarkiKaisar Xian dari Han
KanselirCao Cao
Menteri Agama (奉常)
(di kerajaan vasal Cao Cao)
Masa jabatan
? (?) – ? (?)
Penguasa monarkiKaisar Xian dari Han
KanselirCao Cao
Menteri Pengurus (少府)
(di kerajaan vasal Cao Cao)
Masa jabatan
? (?) – ? (?)
Penguasa monarkiKaisar Xian dari Han
KanselirCao Cao
Administrator Kuaiji
(會稽太守)
Masa jabatan
192 (192) – 196 (196)
Penguasa monarkiKaisar Xian dari Han
PenggantiSun Ce
Informasi pribadi
LahirTidak diketahui
County Tancheng, Shandong
Meninggal duniaDesember 228[a]
Anak
  • Wang Su
  • dua putra lainnya dan seorang putri
PekerjaanPejabat
Nama kehormatanJingxing (景興)
Nama asliWang Yan (王嚴)
Nama anumertaMarkis Cheng (成侯)
Gelar bangsawanMarkis Lanling
(蘭陵侯)

Wang Lang (Loudspeaker.svgpengucapan ) (†November 228),[a][2] nama kehormatan Jingxing, merupakan seorang panglima perang resmi dan kecil yang hidup pada masa Dinasti Han Timur Tiongkok. Dia kemudian bertugas di negara bagian Cao Wei selama Tiga Negara. Melalui pernikahan cucunya dengan Sima Zhao, dia adalah kakek buyut dari Sima Yan, kaisar pendiri Dinasti Jin.

Kehidupan awal dan karier[sunting | sunting sumber]

Wang Lang berasal dari County Tan (郯縣), Komanderoi Donghai (東海郡), yang kini County Tancheng, Shandong. Nama aslinya yang diberikan adalah "Yan" (嚴) tetapi ia mengubahnya menjadi "Lang" (朗) nanti.[3] Dia memulai kariernya sebagai Gentleman(郎中) karena kemampuan akademiknya. Ketika gurunya Yang Ci (楊賜) dia meninggalkan jabatannya dan kembali ke daerah asalnya. Kemudian, ia melayani Tao Qian, Gubernur Provinsi Xu. Selama waktu itu, dia menyarankan Tao Qian untuk membentuk aliansi umum dengan Dong Zhuo, panglima perang yang menguasai pemerintah pusat Han. Tao Qian kemudian mengirim utusan ke pemerintah pusat Han di Chang'an untuk berjanji setia kepada pemerintah Dong Zhuo, dan sebagai imbalannya menerima penunjukan "Jenderal yang Menenangkan Selatan". Pemerintah pusat Han juga menunjuk Wang Lang sebagai Administrator Komanderi Kuaiji.

Sebagai seorang panglima perang[sunting | sunting sumber]

Selama masa jabatannya sebagai Administrator Komanderi Kuaiji, Wang Lang membentuk aliansi rahasia dengan suku Shanyue. Ketika panglima perang Sun Ce memulai Kampanye Jiangdong, Wang Lang membiayai pemimpin Shanyue Yan Baihu untuk melawan Sun Ce, tetapi Yan Baihu dan pemimpin klan Shanyue lainnya kalah dari Sun Ce. Pada saat itu, Liu Yao, panglima perang lain di wilayah Jiangdong, juga kalah dari Sun Ce dalam pertempuran. Yan Baihu telah menjadi kepala konfederasi longgar yang terdiri dari bandit dan pejabat lokal, termasuk Wang Lang, dan dia kembali mengumpulkan tentara berjumlah puluhan ribu. Meskipun ditentang oleh penasehatnya, Yu Fan, Wang Lang langsung bergabung dengan Yan Baihu dalam operasi militer melawan pasukan Sun Ce, tetapi mereka dikalahkan. Dia kemudian melarikan diri ke Dongye (東冶). Di sana, ia mendapat dukungan dari Kepala Houguan (侯官長) dan berusaha untuk membangun kembali kekuatannya.[4] Dia juga menerima dukungan dari Zhang Ya (張雅), seorang pemimpin pemberontak yang memiliki tentara yang agak kuat. Mereka berhasil membunuh Han Yan (韓晏), Komandan Wilayah Selatan (南部都尉) yang ditunjuk oleh Sun Ce. Namun, mereka akhirnya dikalahkan oleh He Qi, seorang jenderal di bawah Sun Ce.

Wang Lang mencoba pergi lebih jauh ke selatan Provinsi Jiao untuk memulihkan diri, tetapi ditangkap dan dikalahkan oleh Sun Ce.[5] Dia kemudian melakukan pidato yang sangat rendah hati untuk menenangkan Sun Ce, yang kemudian menerima penyerahannya.

Bekerja di Wei[sunting | sunting sumber]

Segera setelah itu, Wang Lang memasuki masa pensiun yang dipaksakan sendiri dari kehidupan publik, tetapi dihubungi oleh mata-mata Cao Cao dan diminta untuk bergabung dengan Cao Cao di ibu kota kekaisaran baru, Xuchang, di mana pemerintah pusat Han bermarkas. Meskipun awalnya ia ragu-ragu, ia menjadi yakin setelah membaca sepucuk surat dari sahabat lamanya, Kong Rong, yang menyarankannya untuk pergi ke Xuchang. Dengan demikian, ia melakukan perjalanan ke utara dan mencapai Xuchang sekitar setahun kemudian. Cao Cao sangat menghargai bakat Wang Lang dan menunjuknya sebagai penasihat. Wang Lang kemudian bertugas dalam penunjukan kunci di kerajaan bawahan Cao Cao, Wei setelah yang terakhir melayani sebagai raja vasal oleh Kaisar Xian, kaisar terakhir Dinasti Han.[6] Pada tahun 220, setelah kematian Cao Cao, Cao Pi merebut takhta dari Kaisar Xian dan mendirikan negara Cao Wei untuk menggantikan dinasti Han. Setelah menjadi kaisar, Cao Pi menunjuk Wang Lang sebagai Sikong dan menempatkannya sebagai Markis Distrik Leping. Selama pemerintahan Cao Pi, Wang Lang membuat beberapa saran mengenai masalah militer dan sipil, yang sebagian diterima Cao Pi.

Pada tahun 227, ketika Cao Rui naik takhta, ia mempromosikan Wang Lang dari seorang markis distrik ke markis county dengan gelar "Markis Lanling", dengan markisat dari 2.000 rumah tangga yang kena pajak. (Wang Lang sebelumnya memiliki 1.500 rumah tangga di markisinya selama pemerintahan Cao Pi.)

Suatu kali, Wang Lang pergi ke Ye (di Handan saat ini, Hebei) untuk mengunjungi makam Permaisuri Wenzhao dan melihat penduduknya kekurangan bahan; jadi, dia menulis surat kepada Kaisar Cao Rui untuk mengurangi skala pembangunan istana mewah dan kuil leluhurnya. Meskipun Cao Rui secara terbuka menyambut saran Wang Lang, dia kemudian memindahkan Wang Lang ke posisi Situ sehingga Wang Lang tidak bisa lagi memantau pembangunan istana dan kuil leluhurnya.

Kehidupan akhir dan kematian[sunting | sunting sumber]

Setelah Wang Lang keberatan dengan proyek pembangunan istana Cao Rui, dia memperhatikan bahwa Cao Rui memiliki harem kekaisaran kecil dan menulis kepada Cao Rui yang menyatakan bahwa seorang kaisar harus memiliki lebih banyak selir untuk melanjutkan garis keturunan kekaisaran dengan lebih banyak keturunan. Kali ini, Cao Rui dengan sepenuh hati setuju dengan Wang Lang dan mulai memperluas ukuran harem kekaisarannya. Nasihat Wang memiliki pengaruh yang sangat besar: Sembilan tahun setelah kematian Wang Lang, Cao Rui bahkan memerintahkan para wanita menikah yang cantik, semuanya secara resmi disita kecuali suami mereka dapat menebusnya, dan bahwa mereka akan menikah dengan para prajurit - kecuali bahwa yang paling cantik di antara mereka akan menjadi selirnya. Meskipun ada protes dari beberapa pejabat, keputusan ini rupanya dilakukan, banyak untuk penderitaan rakyatnya.[butuh rujukan]

Wang Lang kemudian fokus pada karya akademik dan telah menerbitkan beberapa buku yang diterima dengan baik pada saat itu. Dia meninggal pada tahun 228 dan diberi gelar anumerta "Marquis Cheng" (成侯), secara harfiah berarti "pendirian markis".[b] Ia digantikan oleh putranya Wang Su, yang terus melayani sebagai seorang pejabat di Wei.

Dalam Kisah Tiga Negara[sunting | sunting sumber]

Dalam novel historis abad ke-14, Kisah Tiga Negara, Wang Lang meninggal pada usia 76 tahun 228. Meskipun usianya, ia memimpin sekelompok tentara dan mendirikan kemah untuk bertempur dengan Zhuge Liang. Dalam novel tersebut, Cao Zhen dikalahkan oleh Zhuge Liang. Cao Zhen meminta bawahannya untuk membantu, dan Wang Lang memutuskan untuk mencoba dan membujuknya untuk menyerah (meskipun Guo Huai merasa skeptis bahwa itu akan berhasil) dan melibatkan Zhuge Liang dalam sebuah debat, tetapi kalah. Zhuge Liang di antara yang lain memakinya sebagai anjing dan pengkhianat, dari keterkejutannya dia jatuh dari kudanya dan tewas di tempat. Tidak ada catatan tentang ini dalam sejarah, dan sebagai gantinya, dikatakan bahwa dia hanya mengirim surat kepada Zhuge Liang yang menyarankan agar dia menyerah. Surat itu diabaikan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Cao Rui's biography in the Sanguozhi recorded that Wang Lang died in the 11th month of the 2nd year of the Taihe era of Cao Rui's reign.[1] This month corresponds to 14 December 228 to 12 January 229 in the Gregorian calendar.
  2. ^ A person who helped to establish a regime or gave comfort to the civilians could be given the posthumous name "Cheng." Wang Lang qualified for the first provision due to his contributions to the establishment of the Cao Wei regime. The rules of assigning posthumous names are detailed in the Lost Book of Zhou.[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ([太和二年]十一月,司徒王朗薨。) Sanguozhi vol. 3.
  2. ^ ().
  3. ^ (魏略曰:朗本名嚴,后改為朗。) Weilue annotation in Sanguozhi vol. 13.
  4. ^ (時王朗奔東冶,侯官長商升為朗起兵。) Sanguozhi vol. 60.
  5. ^ ((王郎)欲走交州,為兵所逼,遂詣軍降。) Xiandi Chunqiu annotation in Sanguozhi vol. 13.
  6. ^ (魏國初建,以軍祭酒領魏郡太守,遷少府、奉常、大理。) Sanguozhi vol. 13.
  7. ^ (安民立政曰成。) Yizhoushu.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]