Yamishibai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Yamishibai
GenreFolklor, Horor, Supernatural
Seri anime
Yami Shibai
SutradaraTomoya Takashima
ProduserNaoko Kunisada
Nobuyuki Hosoya
SkenarioHiromu Kumamoto
Musiknico
StudioILCA
Saluran
asli
TV Tokyo, AT-X
Tayang 14 Juli 2013 September 13 2013
Episode13
Seri anime
Yami Shibai II
SutradaraTakashi Shimizu
Noboru Iguchi
SkenarioShōichirō Masumoto
Saluran
asli
TV Tokyo
Tayang 6 Juli 2014 28 September 2014
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Yamishibai (闇芝居, Permainan Gelap), juga dikenal sebagai Teater Kegelapan, adalah sebuah film animasi Jepang tahun 2013. Seri pertama disutradarai oleh Tomoya Takashima, dengan naskahnya ditulis oleh Hiromu Kumamoto dan diproduksi oleh ILCA. Setiap episode dianimasikan dengan gaya bercerita ’’kamishibai’’. Setiap serial diatur menjadi cerita dengan setiap episode hanya berdurasi beberapa menit. Setiap episode menampilkan legenda urban dan misteri Jepang yang berbeda. Serial pertama ditayangkan di TV Tokyo pada 14 Juli 2013 dan taynag sebanyak 13 episode sampai 29 September 2013. Serial kedua mulai mengudara dari 6 Juli 2014. Serial kedua ini disutradarai bersama oleh Takashi Shimizu dan Noboru Iguchi, dengan cerita ditulis oleh Shōichirō Masumoto.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Setiap minggunya jam 5 sore, seorang pria tua dengan topeng kuning muncul di taman bermain anak-anak dan menceritakan kepada mereka kisah horor dari cerita mistis dan cerita rakyat Jepang. Si pria menceritakan kisahnya di belakang sepedanya menggunakan metode kamishibai (紙芝居, Kertas drama) tradisional dan menampilkan legenda yang baru tiap minggunya.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Seri ini meniru seni bercerita kamishibai tradisional. Seri pertama diproduksi oleh ILCA dan disutradarai oleh Tomoya Takashima dengan naskahnya ditulis oleh Hiromu Kumamoto dan dinarasikan oleh Kanji Tsuda [1]. Seri ini dianimasikan dengan meniru gaya bercerita tradisional Jepang bernama kamishibai. Seri kedua disutradarai oleh Takashi Shimizu dan Noboru Iguchi sementara Shōichirō Masumoto menulis naskahnya[2]. Berikut daftar produsen seri.

Jabatan Seri 1 Seri 2
Kepala Direktur Tomoya Nakashima Takashi Shimizu

Noboru Iguchi

Naskah Hiromu Kumamato Shōichirō Masumoto
Perencanaan Norio Yamakawa (TV Tokyo)

Takuya Iwasaki

Produser Naoko Kunisada

Nobuyuki Hosoya (TV Tokyo)

Produksi produser Toshio Akashi
Animasi Midori Iwashita
Asisten produksi Kunpei Yanagikawa
Musik pembuka nico
Produksi aplikasi Yuichi Ueda

Pelepasan[sunting | sunting sumber]

Ketiga belas episode seri pertama ditayangkan mulai 14 Juli 2013 di TV Tokyo selama jam 26.15 (02.15 Waktu Standar Jepang)[3]. Seri ini kemudian ditayangkan di AT-X.[4]. Crunchyroll juga menayangkan kedua seri secara online dengan terjemahan Bahasa Inggris[5][6]. Pada 4 April 2014, All-Entertainment Co., Ltd. melepaskan seri pertama dalam satu DVD di Jepang. Seri kedua mulai mengudara pada musim panas 2014.

Media[sunting | sunting sumber]

Musik[sunting | sunting sumber]

Seri pertama Yamishibai menggunakan satu bagian musik tema: Musik penutup. Musik dikomposisi oleh nico. Untuk semua episode, musik penutupnya adalah ”Kaikai Emaki” (怪々絵巻, Gulungan gambar misterius) yang diaransemen oleh Teniwoha dan AVTechNO! menggunakan penggabung nyanyian Vocaloid: Hatsune Miku[7]. Lagu penutup ini dipublikasikan sebagai sebuah trek lagu dalam Vocarock Collection 5 CD pada 25 Desember 2013 oleh Farm Records.[8][9]

Media lainnya[sunting | sunting sumber]

Sebuah permainan untuk telepon cerdas berjudul “Yamishibai” dirilis oleh ILCA, Inc. untuk iTunes dan Google Play. Aplikasi ini dibuat oleh Yuichi Ueda dan mengizinkan orang-orang mengeksplorasi cerita rakyat di seluruh kota. Beberapa produk seperti T-shirt, tas, dan cangkir kopi diluncurkan untuk merespon seri ini.

Resepsi[sunting | sunting sumber]

Episode pertama digambarkan sebagai penarik umum dengan pengalaman anggota Studio ILCA.[10] Hal itu juga dibandingkan dengan membaca buku ketimbang menonton anime dengan gaya animasi dengan gerakan karakter yang minimal. Di sisi lain, kritikan jatuh terhadap seri yang seolah hanya menarik mereka yang tertarik dengan Mitologi Jepang [10]. Seri pertama menerima reaksi yang berbeda seiring berakhirnya tayangan.[11]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 闇芝居|スタッフ・キャスト (dalam bahasa Jepang). TV Tokyo. Diakses tanggal 3 Maret 2014. 
  2. ^ "Grudge & Zaborgar Directors Make 2nd Yamishibai Anime Season". Anime News Network. 4 ebruari 2014. Diakses tanggal 7 Februari 2014. 
  3. ^ "Yami Shibai Horror TV Anime Shorts to Premiere in Juli". Anime News Network. Juli 4, 2013. Diakses tanggal Juli 27, 2013. 
  4. ^ "闇芝居 番組 AT-X ワンランク上のアニメ専門チャンネル" (dalam bahasa Japanese). AT-X. Diakses tanggal September 26, 2013. 
  5. ^ "Crunchyroll Adds "SILVER SPOON", "The World God Only Knows: Goddesses" and "WATAMOTE" Anime to Streaming Lineup". Crunchyroll. Juli 6, 2013. Diakses tanggal September 25, 2013. 
  6. ^ "Crunchyroll to Stream "Yamishibai: Japanese Ghost Stories 2" and "BARAKAMON" Anime". Crunchyroll. Juli 4, 2014. Diakses tanggal Juli 6, 2014. 
  7. ^ "気味の悪い深夜アニメ『闇芝居』放送決定 テレ東が放つ大人向け作品 - Ameba News [アメーバニュース]" (dalam bahasa Japanese). ameba.jp. Juli 6, 2013. Diakses tanggal December 22, 2013. 
  8. ^ "闇芝居|CD" (dalam bahasa Japanese). TV Tokyo. Diakses tanggal April 7, 2014. 
  9. ^ "VOCAROCK collection feat. 初音ミク 公式サイト" (dalam bahasa Japanese). Farm Records. Diakses tanggal Maret 3, 2014. 
  10. ^ a b Cerjak, Kory (Juli 14, 2013). "Yamishibai Episode #01 Anime Review". The Fandom Post. Diakses tanggal Maret 4, 2014. 
  11. ^ Beveridge, Chris (Juli 14, 2013). "'Yamishibai Japanese Ghost Stories' Anime Gets Second Season". The Fandom Post. Diakses tanggal Maret 4, 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]