Xu Chen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Catatan medali
Mewakili  Tiongkok
Bulu tangkis
Olimpiade
Perak London 2012 Ganda Campuran
Kejuaraan Dunia
Perak Guangzhou 2013 Ganda Campuran
Perunggu Paris 2010 Ganda Putra
Perunggu London 2011 Ganda Campuran
Asian Games
Emas Guangzhou 2010 Beregu Putra
Piala Thomas
Emas Kuala Lumpur 2010 Beregu Putra
Piala Sudirman
Emas Kuala Lumpur 2013 Beregu Campuran
Emas Qingdao 2011 Beregu Campuran

Xu Chen (lahir di Jiangsu, China, 29 November 1984; umur 33 tahun) adalah pemain bulu tangkis ganda China yang berpasangan dengan Ma Jin dalam nomor ganda campuran. Xu merupakan pemain yang kini menempati peringkat 3 dunia nomor ganda campuran. Telah banyak prestasi yang berhasil ia raih, misalnya medali perak Olimpiade, medali perak Kejuaraan Dunia, serta masih banyak lagi prestasi-prestasi yang ia raih di kancah internasional.

Selain di nomor individu, Xu Chen juga telah beberapa kali mengantarkan negaranya meraih gelar bulu tangkis beregu tertinggi, yaitu Piala Sudirman. Ia bersama negaranya telah meraih gelar juara Piala Sudirman sebanyak dua kali, tepatnya tahun 2011 dan 2013.

Pada Piala Sudirman 2013, dari 4 laga yang ia lakoni saat membela China, ia meraih 3 kemenangan melawan 3 wakil ganda campuran dari 3 negara berbeda, Indonesia (Muhammad Rijal & Debby Susanto)(penyisihan grup ; China 5-0 Indonesia) , Denmark (Semifinal ; China 3-1 Denmark) , dan Korea Selatan (Final ; China 3-0 Korea Selatan).

Satu-satunya kekalahan yang ia (dan Ma Jin) derita adalah ketika melawan pasangan Indonesia lainnya, Tontowi Ahmad & Liliyana Natsir di babak Perempatfinal. Dengan susunan pemain yang berbeda, Tim Indonesia berhasil membuat perbedaan skor dari babak penyisihan grup. Indonesia mampu mencuri 2 poin dari sang juara bertahan China (Perempatfinal ; China 3-2 Indonesia).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]