Ahasyweros II

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Xerxes II)
Ahasyweros II
𐎧𐏁𐎹𐎠𐎼𐏁𐎠
Koin Akhemeniyah yang dicetak di Sardis, kemungkinan diperintahkan oleh Xerxes II
Raja Diraja Iran
Firaun Mesir
Berkuasa424 SM (45 hari)
PendahuluArtahsasta I
PenerusSogdyana
Darius II
PesaingSogdyana
Darius II
Informasi pribadi
KematianParsa
WangsaAkhemeniyah
AyahArtahsasta I
IbuDamaspia
AgamaZoroastrianisme

Ahasyweros II atau Xerxes II (/ˈzɜːrksz/; bahasa Persia Kuno: 𐎧𐏁𐎹𐎠𐎼𐏁𐎠 Xšayaṛša (pelafalan; bahasa Ibrani: אֲחַשְׁוֵרוֹשׁ, Modern ʼAḥašvērōš Tiberias ʼĂḥašwērôš), "penguasa atas para pahlawan"; bahasa Yunani Kuno: Ξέρξης Xérxēs, [ksérksɛːs]; wafat 424 SM) adalah Raja Diraja (Kaisar) Iran dan Fir'aun Mesir dari Dinasti Akhemeniyah, berkuasa selama 45 hari pada 424 SM. Dia mewarisi takhta setelah kematian ayahnya, Artahsasta I. Meski demikian, kedua saudara tirinya, Sogdyana dan Darius II, juga mengklaim takhta untuk mereka sendiri. Xerxes kemudian dibunuh atas perintah Sogdyana.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Xerxes dilaporkan satu-satunya putra Artahsasta I dengan Damaspia, dan diketahui pernah menjabat sebagai putra mahkota. Sumber sejarah dari kehidupannya yang tidak begitu jelas utamanya hanya bertumpu pada tulisan-tulisan dari Ktesias.

Prasasti terakhir yang menyebutkan Artahsasta I masih hidup diperkirakan berasal dari tahun 424 SM. Sepeninggalnya, takhta Iran diperebutkan ketiga putranya, yaitu Ahasyweros II sendiri, Sogdyana yang merupakan putra Artahsasta I dari selirnya Alogine dari Babil, dan Darius II yang merupakan putra Artahsasta I dari selirnya Kosmartidene dari Babil.[1]

Ahasyweros II tampaknya hanya diakui sebagai penguasa di wilayah Persia dan hanya memerintah selama empat puluh lima hari. Dia dilaporkan dibunuh saat mabuk oleh Farnakyas dan Menostanes atas perintah Sogdyana. Sogdyana rupanya mendapat dukungan dari kawasan Elam. Sogdyana sendiri juga terbunuh beberapa bulan kemudian. Setelahnya, Darius II menjadi penguasa tunggal Kekaisaran Iran dan memerintah hingga 404 SM.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ S. Zawadzki, "The Circumstances of Darius II's Accession" in Jaarbericht Ex Oriente Lux 34 (1995-1996) 45-49
Ahasyweros II
Lahir:  ?? Meninggal: 424 SM
Didahului oleh:
Artahsasta I
Raja Diraja Persia
Firaun Mesir

424 SM
juga diklaim oleh Sogdyana dan Darius II
Diteruskan oleh:
Sogdyana
Darius II