Wolfer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Wolfer atau Wolfger (meninggal antara tahun 1158 dan 1161) adalah seorang ksatria Jerman yang kemungkinan berasal dari Kadipaten Swabia, yang, bersama saudaranya Héder, menetap di Kerajaan Hungaria dan menjadi anggota kaum bangsawan Hungaria. Wolfer juga merupakan salah satu pendiri klan Héder yang bergengsi dan leluhur dari keluarga Kőszegi yang kuat dan terkenal, yang memerintah seluruh Transdanubia di puncak kekuasaannya.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Menurut Illuminated Chronicle, Wolfer dan Héder merupakan bagian dari Counts of Hainburg. Markus Kált secara tidak benar - sengaja atau tidak sengaja - merujuk Wolfer sebagai Pangeran Géza (sekitar 972–997), ayah Saint Stephen, Raja Hungaria pertama. Faktanya, Wolfer dan Héder tiba di Hungaria selama tahun-tahun pertama pemerintahan dari Géza II dari Hungaria (sebelum 1146, ketika Héder disebut sebagai ispán).[2] Tempat asal dari Wolfer dan Héder masih diperdebatkan. Simon dari Kéza dalam karyanya Gesta Hunnorum et Hungarorum menulis bahwa Wolfer dan Héder berasal dari "Vildonia" dengan empat puluh prajurit lapis baja, mengacu pada kastil Burgruine Wildon di Styria.[3] Namun, kastil itu sendiri dibangun setelah 1157 sehingga kebenarannya dipertanyakan. Johannes de Thurocz mengatakan dalam karyanya Chronica Hungarorum bahwa kedua ksatria tersebut berasal dari "Alemannia" Hainburg, atau sekarang Kadipaten Swabia. Sekiranya, versi Markus Kált lebih dekat dengan kebenaran, dikarenakan ada kesatria bernama Wolfger von Erlach di paruh pertama abad ke-12 di Hainburg.

Di kemudian hari, nama klan Héder diambi dari nama Héder dan bukan diambil dari nama kakak laki-lakinya. Sejarawan János Karácsonyi berpendapat bahwa Héder "lebih berbakat daripada Wolfer atau hidup sangat lama setelah kematian kakaknya".[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kiss & Zágorhidi Czigány 2012, hlm. 177.
  2. ^ The Hungarian Illuminated Chronicle (ch. 39), p. 101.
  3. ^ Simon of Kéza: The Deeds of the Hungarians (ch. 80.), pp. 164, 165.
  4. ^ Karácsonyi 1901, hlm. 144.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Karácsonyi, János (1901). A magyar nemzetségek a XIV. század közepéig. II. kötet [The Hungarian genera until the middle of the 14th century, Vol. 2] (dalam bahasa Hungaria). Hungarian Academy of Sciences. 
  • Kiss, Gábor; Zágorhidi Czigány, Balázs (2012). "A Héder nemzetség korai birtokai Vas vármegyében és a küszéni bencés apátság [The Foundation of the Benedictine Abbey in Küszén and the Early Possessions of the Héder Family in Vas County]". Dalam Illés, Pál Attila; Juhász-Laczik, Albin. Örökség és küldetés. Bencések Magyarországon (Rendtörténeti konferenciák 7/1) (dalam bahasa Hungaria). Magyar Egyháztörténeti Enciklopédia Munkaközösség (METEM). hlm. 172–180. ISBN 978-963-9662-60-5. 
  • Simon of Kéza: The Deeds of the Hungarians (Di edit dan diterjemahkan oleh László Veszprémy dan Frank Schaer dengan kajian oleh Jenő Szűcs) (1999). CEU Press. ISBN 963-9116-31-9.
  • The Hungarian Illuminated Chronicle: Chronica de Gestis Hungarorum (Di edit oleh Dezső Dercsényi) (1970). Corvina, Taplinger Publishing. ISBN 0-8008-4015-1.