Windows 3.1x

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Windows 3.1x
Windows 3.11 workspace.png
Screenshot dari Windows for Workgroups 3.11
Perusahaan / pengembangMicrosoft
Model sumberSumber tertutup
Rilis stabil terkini3.11 / 31 Desember 1993; 25 tahun lalu (1993-12-31)
LisensiPerangkat lunak komersial
Didahului olehWindows 3.0 (1990)
Digantikan olehWindows 95 (1995)

Windows 3.1 x (kode Janus)[1][2][3] adalah sebuah seri dari 16-bit lingkungan operasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi. Seri ini dimulai dengan Windows 3.1, yang pertama kali dijual pada bulan April tahun 1992 sebagai penerus Windows 3.0. Versi berikutnya yang dirilis antara tahun 1992 dan 1994 sampai seri digantikan oleh Windows 95. Selama umur, Windows 3.1 memperkenalkan beberapa perangkat tambahan untuk tetap MS-DOSberbasis platform, termasuk meningkatkan stabilitas sistem, dukungan diperluas untuk multimedia, TrueType font, dan workgroup jaringan.

Windows 3.1 pada awalnya dirilis pada tanggal 6 April 1992; dukungan resmi untuk Windows 3.1 yang berakhir pada tanggal 31 desember 2001, dan lisensi OEM untuk Windows for Workgroups 3.11 pada sistem embedded terus menjadi tersedia sampai November 1, 2008.[4]

Edisi[sunting | sunting sumber]

Windows 3.1[sunting | sunting sumber]

Windows 3.1 (awalnya bernama Janus), dirilis pada tanggal 6 April 1992, memperkenalkan TrueType font sistem (dan satu set sangat terbaca font), yang secara efektif membuat Windows yang layak desktop publishing platform untuk pertama kalinya. Fungsi serupa telah tersedia untuk Windows 3.0 melalui Adobe Type Manager (ATM) sistem font dari Adobe.

Windows 3.1 dirancang untuk memiliki kompatibilitas dengan Windows yang lebih tua platform. Seperti dengan Windows 3.0, versi 3.1 memiliki File Manager dan Manajer Program, tapi tidak seperti versi sebelumnya, Windows 3.1 tidak dapat berjalan dalam modus real. Itu termasuk kapal penyapu ranjau sebagai pengganti Reversi (meskipun Reversi masih termasuk dalam beberapa salinan).

Windows 3.1 Multimedia PC (Versi Beta, yang dirilis November 1992 – nama kode Bombay) termasuk media viewer, dan kemampuan untuk memainkan file video. Itu ditargetkan baru Multimedia PC standar dan termasuk suara dan integrasi video dengan dukungan CD-ROM.

Perbaikan dari Windows 3.0[sunting | sunting sumber]

Windows 3.1 turun modus real mendukung dan diperlukan minimal 286 PC dengan 1 MB RAM untuk menjalankan. Efek dari ini adalah untuk meningkatkan stabilitas sistem atas kecelakaan yang rawan Windows 3.0. Beberapa fitur yang lebih tua telah dihapus, seperti CGA dukungan grafis (meskipun Windows 3.0 CGA driver masih bekerja pada 3.1) dan kompatibilitas dengan real-mode Windows 2.x aplikasi.

Truetype font dukungan telah ditambahkan, memberikan scalable font untuk aplikasi Windows, tanpa harus resor untuk menggunakan pihak ketiga font teknologi seperti Adobe Type Manager. Windows 3.1 termasuk berikut font: Arial, Courier New, Times New Roman, regular, bold, italic, dan bold-italic versi, serta Simbol (koleksi scalable simbol-simbol). Truetype font bisa disesuaikan dengan ukuran dan diputar, tergantung pada aplikasi yang memanggil.[5]

Di 386 Enhanced Mode windowed aplikasi DOS memperoleh kemampuan bagi pengguna untuk memanipulasi menu dan benda-benda lain dalam program ini menggunakan Windows pointer mouse, asalkan aplikasi DOS didukung tikus. Beberapa aplikasi DOS, seperti keterlambatan rilis dari Microsoft Word, bisa mengakses Windows Clipboard. Windows sendiri driver tidak bekerja secara langsung dengan aplikasi DOS; hardware seperti tikus yang dibutuhkan seorang driver DOS untuk dimuat sebelum memulai Windows.

Ikon yang bisa menyeret dan menjatuhkan untuk pertama kalinya, selain memiliki lebih rinci penampilan. File bisa diseret ke ikon Print Manager dan file yang akan dicetak oleh printer saat ini, dengan asumsi itu terkait dengan sebuah aplikasi yang mampu mencetak, seperti pengolah kata. Selain itu, file yang bisa diseret keluar dari File Manager dan turun ke ikon aplikasi atau jendela untuk pengolahan.[6]

Sementara Windows 3.0 terbatas untuk 16 MB memori maksimum, Windows 3.1 dapat mengakses teoritis 4 GB di 386 Enhanced Mode. (Sebenarnya praktis langit-langit adalah 256 MB.[7]) Namun, tidak ada satu proses yang dapat menggunakan lebih dari 16 MB. File Manager adalah meningkat secara signifikan dari Windows 3.0. Multimedia dukungan disempurnakan lebih dari apa yang tersedia di Windows 3.0 with Multimedia Ekstensi dan tersedia untuk semua pengguna Windows 3.1.

Windows 3.1 tersedia melalui 720 KB, 1.2 MB, 1.44 MB floppy distro. Itu juga merupakan versi pertama Windows yang akan didistribusikan pada CD-ROM — meskipun hal ini lebih umum untuk Windows for Workgroups 3.11, yang biasanya datang dengan MS-DOS 6.22 pada satu CD. Ukuran terpasang pada hard disk adalah antara 10 MB dan 15 MB.

32-bit disk access (386 Enhanced Mode only) membawa peningkatan kinerja dengan menggunakan 32-bit protected mode driver, bukan dari 16-bit fungsi BIOS (yang memerlukan Windows untuk sementara keluar dari protected mode).

Windows 3.1 kalender menggunakan .cal ekstensi nama file.[8]

Windows 3.1 juga memperkenalkan Windows Registry, terpusat database yang dapat menyimpan informasi konfigurasi dan pengaturan untuk berbagai sistem operasi komponen dan aplikasi.

Windows 3.1 adalah versi pertama dari Windows yang juga bisa meluncurkan program Windows melalui Command.com saat menjalankan Windows.

Windows 3.1 untuk Eropa Tengah dan Timur[sunting | sunting sumber]

Sebuah versi khusus bernama Windows 3.1 untuk Eropa Tengah dan Timur dirilis yang memungkinkan penggunaan Huruf dan font dengan tanda diakritik khas Timur Tengah dan bahasa Eropa. Microsoft memperkenalkan sendiri halaman kode (Windows-1250) dan didukung penggunaannya dalam pelanggaran dari banyak negara' standar ISO (misalnya, pejabat polandia codepage adalah ISO-8859-2, yang diabaikan oleh Microsoft, tetapi didukung oleh versi kontemporer Internet Explorer). Demikian pula, Microsoft juga merilis Windows 3.1 J dengan dukungan untuk Jepang, yang dikirim 1,46 juta eksemplar pada tahun pertama di pasar (1993) di Jepang.[9]

Modular Windows[sunting | sunting sumber]

Modular Windows adalah versi khusus dari Windows 3.1, yang dirancang untuk berjalan pada Tandy Video Information System.

Windows 3.11[sunting | sunting sumber]

Windows 3.11 dirilis pada tanggal 8 November 1993. Tidak menambahkan banyak fitur perbaikan dari Windows 3.1, selain beberapa sangat dibutuhkan LAN dan jaringan usaha perbaikan, terutama yang terkandung dramatis perbaikan bug, tetapi dianggap sebagai peningkatan yang signifikan karena perbaikan-perbaikan, memberikan kontribusi untuk sistem operasi popularitas. Microsoft menggantikan semua versi eceran Windows 3.1 dengan Windows 3.11 dan ditawarkan sebagai upgrade gratis untuk siapa saja yang saat ini dimiliki Windows 3.1.[10]

Windows 3.2[sunting | sunting sumber]

Pada November 22, 1993, Microsoft merilis Cina Sederhana versi Windows untuk pasar Cina. Setahun kemudian, update dirilis, yang mengidentifikasi dirinya sebagai Windows 3.2. Dengan demikian, Windows 3.2 adalah versi terbaru dari versi Cina dari Windows 3.1.[11] pembaruan ini terbatas untuk versi bahasa ini, karena hanya tetap masalah yang berkaitan dengan input kompleks sistem untuk bahasa Cina.

Windows 3.2 umumnya dijual oleh produsen komputer dengan sepuluh disk versi MS-DOS yang juga telah Disederhanakan karakter Cina di dasar output dan beberapa diterjemahkan utilitas.

Windows for Workgroups[sunting | sunting sumber]

Windows for Workgroups adalah ekstensi yang memungkinkan pengguna untuk berbagi sumber daya mereka dan untuk meminta orang lain tanpa terpusat otentikasi server. Itu digunakan SMB protocol over NetBIOS.

Windows for Workgroups 3.1[sunting | sunting sumber]

Windows for Workgroups 3.1 (awalnya bernama Winball dan kemudian Sparta), dirilis pada november 1992,[12] adalah versi diperpanjang dari Windows 3.1 yang memiliki native jaringan dukungan. Ia datang dengan SMB file sharing dukungan melalui NetBIOS berbasis NETBEUI dan/atau IPX jaringan transportasi protokol dan memperkenalkan Hearts permainan kartu dan VSHARE.386, VxD versi .SHARE.EXE ( terminate-and-stay-resident program).

Windows for Workgroups 3.11[sunting | sunting sumber]

Windows for Workgroups 3.11 (awalnya bernama Snowball) dirilis pada tanggal 11 agustus 1993,[13] dan dikirim pada bulan November 1993.[14] Hal ini didukung akses file 32-bit, penuh 32-bit network pengalih, dan VCACHE.386 file cache, ruang di antara mereka. WFW 3.11 turun mode standar dukungan dan membutuhkan 386 mesin untuk menjalankan.

Sebuah Winsock paket yang diperlukan untuk mendukung TCP/IP networking pada Windows 3.x. Biasanya paket pihak ketiga yang digunakan, tetapi pada bulan agustus 1994, Microsoft merilis paket add-on (kode Wolverine) yang disediakan TCP/IP mendukung di Windows for Workgroups 3.11. Wolverine adalah 32-bit stack (dapat diakses dari Windows 16-bit aplikasi melalui WinSock Dunk), yang memberikan kinerja yang unggul untuk sebagian besar pihak ketiga TCP/IP Windows tumpukan yang tersedia. Namun, itu hanya kompatibel dengan Windows for Workgroups 3.11, dan tidak memiliki dukungan untuk dial-up. Wolverine stack adalah versi awal dari TCP/IP stack yang nantinya akan kapal dengan Windows 95, dan disediakan dini testbed untuk 16-32-bit lapisan kompatibilitas yang sangat penting untuk Windows 95 sukses.

Berikut rilis MS-DOS 6.22 pada tahun 1994, WFW 3.11 digantikan Windows 3.1 untuk OEM instalasi pada Pc baru karena peningkatan kapasitas dan stabilitas yang lebih besar.

Add-on[sunting | sunting sumber]

Video untuk Windows[sunting | sunting sumber]

Video untuk Windows pertama kali diperkenalkan pada November 1992 sebagai reaksi terhadap Apple Computer QuickTime teknologi yang menambahkan video digital untuk Macintosh. Biaya sekitar $200,[15] perangkat lunak yang disertakan pengeditan dan pengkodean program untuk digunakan dengan video input papan. Versi runtime untuk melihat video hanya itu juga tersedia. Awalnya dirilis sebagai add-on gratis untuk Windows 3.1 dan Windows 3.11, itu kemudian menjadi komponen integral dari Windows 95 dan yang lebih baru. Seperti QuickTime ada tiga komponen dalam Video untuk Windows. Teknologi yang diperkenalkan format file dirancang untuk menyimpan video digital, Audio Video Interleave (AVI). Teknologi ini menyediakan sebuah antarmuka pemrograman aplikasi yang memungkinkan Windows pengembang perangkat lunak untuk menambahkan kemampuan untuk bermain atau memanipulasi video digital untuk aplikasi mereka sendiri. Terakhir, termasuk suite perangkat lunak untuk bermain dan memanipulasi video digital.

Windows untuk Pen Computing[sunting | sunting sumber]

Windows untuk Pen Computing adalah sebuah seri dari Microsoftyang diproduksi add-ons untuk Microsoft Windows versi di pertengahan 1990-an dengan alat tambahan untuk tablet Pc. Windows untuk Pen Computing (juga dikenal sebagai Pena Windows dan W4PC) dikembangkan sebagai Microsoft pen computing tanggapan untuk PenPoint OS dengan PERGI Corporation.[16] Windows untuk Pen Computing telah dianggap usang oleh Tablet PC support untuk Windows XP Tablet PC Edition pada tahun 2002.

Win32s[sunting | sunting sumber]

Windows 3.1 x diberikan terbatas kompatibilitas dengan lalu-baru 32-bit Windows API yang digunakan oleh Windows NT dengan yang lain add-on paket, Win32s. Ada rumor bahwa Microsoft tidak ingin meningkatkan setiap mainstream Windows 3.1 x versi untuk sesuatu seperti "Windows 3.2" karena itu bisa menjadi bingung dengan Win32 API atau mengalihkan perhatian konsumen dari upgrade ke "real 32-bit OS" seperti masa mendatang Windows 95, meskipun Windows NT 3.1 dan 3.5 berdua sistem operasi 32-bit yang tampak mirip dalam penampilan. Sebuah permainan yang disebut FreeCell adalah termasuk untuk pengujian baru Win32s fungsi.

WinG[sunting | sunting sumber]

Untuk menarik produsen game untuk pindah dari DOS ke Windows, Microsoft memberikan upaya pertama pada kecepatan tinggi grafis dan animasi, kemampuan untuk Windows 3.1 x, diperkenalkan pada bulan September 1994. Windows' GDI kemampuan awalnya dirancang dengan gambar statis dalam pikiran, yang memungkinkan hanya untuk menulis saja grafis panggilan. WinG yang disediakan perangkat-independen antarmuka grafis dan printer perangkat keras, dan memungkinkan program untuk memiliki kemampuan membaca dan menulis ke WinGDC (Perangkat konteks WinG).[17]

Aplikasi[sunting | sunting sumber]

Windows 3.1 x diperkenalkan kemungkinan-kemungkinan baru untuk aplikasi, terutama aplikasi multimedia. Selama era ini, Microsoft mengembangkan rentang baru dari perangkat lunak yang diimplementasikan pada lingkungan operasi, yang disebut Microsoft Home, Microsoft Bob menjadi salah satu program.

Seperti versi pertama dari Windows untuk menikmati utama keberhasilan komersial dan dukungan perangkat lunak, Windows 3.1 dan WFW 3.11 cepat diganti DOS sebagai platform untuk aplikasi perangkat lunak pada PC yang kompatibel. Perangkat lunak Multimedia (terutama game) menjamur, meskipun banyak permainan terus berjalan di DOS sampai Windows 95.

Manajer Program[sunting | sunting sumber]

Manajer Program dimasukkan dalam semua versi Windows dari versi 3.0 sampai Windows XP Service Pack 1. Non-operable ikon library bernama progman.exe disertakan dalam Windows XP Service Pack 2, dan file yang telah dihapus sepenuhnya dari Windows Vista.

Internet Explorer[sunting | sunting sumber]

Internet Explorer 2 melalui Internet Explorer 5 yang dirilis untuk Windows 3.1.[18]

Promosi dan penerimaan[sunting | sunting sumber]

Microsoft memulai kampanye iklan televisi untuk pertama kalinya pada tanggal 1 Maret 1992. Iklan, yang dikembangkan oleh Ogilvy & Mather, yang dirancang untuk memperkenalkan pemirsa yang lebih luas untuk Windows.[19] Windows 3.1 dikapalkan di seluruh dunia pada tanggal 6 April 1992, dan mencapai tiga juta penjualan dua bulan kemudian.[20] tahun dari Windows 3.1 rilis berhasil untuk Microsoft, yang dinobatkan sebagai "Perusahaan Paling Inovatif yang Beroperasi di AS" oleh Majalah Fortune, sementara Windows menjadi yang paling banyak digunakan GUI operasi berbasis lingkungan.[21]

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Kompatibilitas DR-DOS[sunting | sunting sumber]

Installer untuk rilis beta yang digunakan kode yang memeriksa apakah itu berjalan pada Microsoft berlisensi DOS atau yang lain sistem operasi DOS (seperti DR-DOS). Kode berlari beberapa tes fungsional yang berhasil pada MS-DOS dan IBM PC DOS, tetapi mengakibatkan dukungan teknis pesan pada bersaing sistem operasi. Jika sistem itu tidak MS-DOS, installer akan gagal. Penelitian Digital, yang dimiliki DR-DOS, merilis sebuah patch dalam beberapa minggu untuk memungkinkan installer untuk melanjutkan. Microsoft tamu dengan kebutuhan khusus, tetapi tidak menghapus, ini pesan peringatan untuk rilis final dari Windows 3.1. Ketika Caldera membeli DR-DOS dari Novell, mereka membawa gugatan terhadap Microsoft melalui badan AARD pertanian kode, yang kemudian menetap.[22][23]

Warisan[sunting | sunting sumber]

Windows 3.x digantikan oleh rilis Windows 95 pada bulan agustus 1995. Microsoft secara resmi menjatuhkan dukungan untuk semua versi 16-bit dari Windows pada tanggal 31 desember 2001.

Windows 3.1 menemukan ceruk pasar sebagai sistem operasi tertanam setelah menjadi usang dalam dunia PC. Pada November 2008, baik Virgin Atlantic dan Qantas digunakan untuk beberapa sistem hiburan pada jarak jauh jet. Hal ini juga melihat terus digunakan sebagai OS tertanam di ritel cash tills.[24] Hal ini juga digunakan sebagai sekunder aplikasi DOSBox untuk mengaktifkan emulasi permainan Win16 pada Windows 64-bit.

Pada 9 juli 2008, ia mengumumkan bahwa Windows for Workgroups 3.11 untuk perangkat embedded channel tidak akan lagi tersedia untuk OEM distribusi pada November 1, 2008.[25]

Pada juli 14, 2013, kernel Linux versi 3.11 secara resmi bernama "Linux For Workgroups" sebagai lidah-di-pipi referensi untuk "Windows for Workgroups 3.11".[26]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dandumont, Pierre (October 7, 2009). "LNDCDJ : Janus / Windows 3.1". Tom's Hardware (dalam bahasa French). Diakses tanggal July 13, 2014. 
  2. ^ "Microsoft Windows 3.1". Old Computer Museum. Diakses tanggal July 13, 2014. 
  3. ^ Grabham, Dan (October 16, 2009). "Windows retrospective: boot screens through the ages". TechRadar. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 19, 2009. Diakses tanggal July 13, 2014. 
  4. ^ Fiveash, Kelly (November 5, 2008). "Microsoft retires Windows 3.11 on 18th birthday". theregister.co.uk. 
  5. ^ Edson, Kate (March 1993). "Windows 3.1 and TrueType Fonts". PC Update, the magazine of Melbourne PC User Group, Australia. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 11, 2002. Diakses tanggal 24 October 2014. 
  6. ^ Livingston, Brian (1993). More Windows 3.1 Secrets. San Mateo, CA: UDG Books Worldwide. ISBN 1-56884-019-5. 
  7. ^ "Windows 3.1 Memory Limits". Support. Microsoft. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 18, 2015. 
  8. ^ Microsoft Windows 3.1 Programmer's Reference. Volume 4: Resources. Microsoft Corporation. 1992. ISBN 1-55615-494-1. 
  9. ^ Virginia Kouyoumdjian (August 1994). "DOS/V, Windows, Prices, and the Future..." Computing Japan. Diakses tanggal September 4, 2009. 
  10. ^ "Windows 3.11". WinWorld. Syngress MCSA/MCSE Managing and Maintaining a Windows Server 2003 Environment, Page 6. Diakses tanggal 11 March 2015. 
  11. ^ "Microsoft Windows Simplified Chinese 3.2 Upgrade Is Available". microsoft.com. Microsoft. October 30, 2003. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 8, 2006. 
  12. ^ "Windows for Workgroups Version History". Support. Microsoft. November 14, 2003. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 7, 2006. Diakses tanggal September 23, 2010. 
  13. ^ "Windows 3.1". GUIdebook. Diakses tanggal September 4, 2009. 
  14. ^ "Windows history". PC Museum. June 17, 2002. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 16, 2002. Diakses tanggal September 4, 2009. 
  15. ^ PC Plus. Future Publishing. May 1993. hlm. 61. 
  16. ^ Eller, Marlin; Edstrom, Jennifer (1998). Barbarians Led by Bill Gates. Owl Books. 
  17. ^ Hecker, Chris (1 June 1997). "A Whirlwind Tour of WinG". Gamasutra. Gamasutra. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 February 2008. Diakses tanggal 17 November 2014. 
  18. ^ "Old Version of Internet Explorer for Windows 3.1". OldApps.com. Diakses tanggal 17 September 2014. 
  19. ^ "Microsoft History 1992". Microsoft. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 17, 1996. Diakses tanggal September 4, 2009.  Internet Archive
  20. ^ Gill Dunsford (February 23, 2007). "Feature: Brand Microsoft". Sales Promotion. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 8, 2007. Diakses tanggal September 4, 2009. 
  21. ^ "Microsoft History 1993". Microsoft. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 17, 1996. Diakses tanggal September 4, 2009.  Internet Archive
  22. ^ Dan Goodin (April 28, 1999). "Microsoft emails focus on DR-DOS threat". CNET News. Diakses tanggal September 4, 2009. 
  23. ^ Graham Lea (January 13, 2000). "Caldera vs Microsoft – the settlement". BBC News. Diakses tanggal September 4, 2009. 
  24. ^ Mark Ward (November 5, 2008). "The end of an era – Windows 3.x". BBC News. Diakses tanggal September 4, 2009. 
  25. ^ John Coyne (July 9, 2008). "It's the End for 3.11!!". Microsoft. Diakses tanggal September 4, 2009. 
  26. ^ Linus Torvalds (July 14, 2013). "Linux 3.11 Kernel Commit". 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]