WinRAR

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
WinRAR
WinRAR 3.71
Tipefile archiver (en) dan aplikasi
Versi pertama22 April 1995
Versi stabil
7.00 (28 Februari 2024)
GenrePengarsip berkas
LisensiPerangkat lunak tak bebas, Shareware
Bahasa
Daftar bahasa

Arab, Armenia, Azeri, Basque, Belarus, Bulgaria, Burma, Katalan, Tionghoa Sederhana, Tionghoa Tradisional, Kroasia, Ceska, Denmark, Belanda, Inggris, Esti, Suomi, Prancis, Galisia, Georgia, Jerman, Yunani, Ibrani, Hungaria, Indonesia, Italia, Jepang, Korea, Lituavi, Mongol, Norwegia, Persia, Polski, Portugis, Portugis Brasil, Rumania, Rusia, Serbia Kiril, Slowakia, Slovenia, Spanyol, Spanyol Kolombia, Swedia, Thai, Turki, Ukraina, Uzbek, Vietnam

Karakteristik teknis
Sistem operasiWindows 95, 98, Me, 2000, XP, Vista, Mac OS X, FreeBSD, Linux (Wine dibutuhkan untuk GUI), OS/2, Android (Tersedia di Play Store Secara Freeware)
PlatformWindows
Bahasa pemrogramanC++
Format berkas
Informasi pengembang
PengembangEugene Roshal (pengembang), Alexander Roshal (distributor)[1]
Informasi tambahan
Situs webUtama: rarlab.com
Kedua: win-rar.com
Twitter: WinRAR_RARLAB
Sunting di Wikidata Sunting di Wikidata • Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

WinRAR adalah sebuah perangkat lunak shareware pengarsipan dan kompresi yang dibuat oleh Eugene Roshal. WinRAR dapat mengarsipkan berkas-berkas menjadi format RAR atau ZIP. Pocket RAR, sebuah versi untuk Pocket PC, tersedia secara shareware.

WinRar merupakan sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk mengkompres atau memperkecil ukuran file dan file tersebut akan berubah format menjadi rar. WinRar saat ini bisa digunakan di sistem operasi 32 bit maupun 64 bit dan sudah banyak sistem operasi yang mendukung WinRar seperti Windows, MacOS, Linux, FreeBSD, dan DOS.[3]

Fitur[sunting | sunting sumber]

WinRAR dapat mengkompresi/memadatkan berkas hingga 40% dari ukuran semula, misalnya berkas A berukuran 100 MB lalu dikompresi menggunakan WinRAR ukurannya dapat menjadi hanya 40 MB, sehingga lebih menghemat ruang dalam media penyimpanan.

Lisensi[sunting | sunting sumber]

Perangkat lunak ini didistribusikan sebagai shareware dan siapa saja dapat menggunakannya secara bebas selama 40 hari (masa percobaan).[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://groups.google.com/group/fido7.rar.support/msg/8205725b02a2be76?pli=1
  2. ^ "RAR download page". rarlab.com. RARLAB. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-06-09. Diakses tanggal 2020-06-10. 
  3. ^ wanrar https://os.telkomuniversity.ac.id/inilah-beberapa-fungsi-dari-winrar/. Diakses tanggal 2023-8-24.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  4. ^ http://www.rarlab.com/license.htm

Pranala luar[sunting | sunting sumber]